Benarkah Pakai Krim Ruam Popok Bisa Bikin Kulit Wajah Selembut Bayi?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi kulit wajah/Foto: Freepik

Ilustrasi kulit wajah/Foto: Freepik

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jika Anda menghabiskan beberapa jam untuk membaca perawatan kulit di platform media sosial Anda, kemungkinan besar Anda sudah tahu apa itu face basting - tetapi bagi mereka yang tidak mengetahuinya, teknik perawatan kulit wajah ini mungkin menjadi kunci untuk mendapatkan kulit berseri yang sehat.

Salah satu face basting yang dimaksud ialah krim ruam popok, terdengar mungkin aneh  tetapi coba oleskan lapisan krim ke seluruh wajah Anda sebelum Anda tertidur di malam hari. Tren ini membuat beberapa kreator digital membicarakan hasil yang terlihat, menjanjikan kulit kenyal saat Anda membersihkannya keesokan paginya.

Dalam percakapan dengan Dr. Niti Gaur, Dokter Kulit Bersertifikat dan Pendiri Citrine Clinic, Gurgaon, apakah face basting benar-benar dapat membuka kunci kulit halus dan berseri impian Anda dan siapa saja yang harus berhati-hati untuk ikut-ikutan tren ini.

Menurut Dr. Gaur, face basting adalah tren perawatan kulit yang baru-baru ini populer. Ini melibatkan pengaplikasian lapisan tebal krim ruam popok berbahan dasar zinc oxide pada wajah semalaman.

Apa saja manfaatnya?

"Konsistensi krim yang kental membantu mengunci kelembapan dan mencegah Trans-epidermal Water Loss (TEWL). Sifat antiperadangan zinc oxide juga dapat membantu mengurangi kemerahan, iritasi, dan peradangan pada kulit, dalam kondisi seperti jerawat dan rosacea," kata Gaur.

"Krim ini juga memiliki sifat astringen ringan dan mengendalikan produksi minyak. Zinc oxide memiliki sifat penyembuhan luka. Jadi secara keseluruhan, ini membantu memperbaiki penghalang kulit dan menjaga hidrasi kulit," tambahnya.

Menurutnya, face basting paling cocok untuk mereka yang memiliki kulit kering, sensitif, atau radang, yang membutuhkan hidrasi intensif, terutama di bulan-bulan musim dingin. Krim ini juga berguna bagi pasien yang menjalani perawatan laser, sebagai krim pascaprosedur.

Seng oksida juga membantu mengurangi iritasi yang disebabkan oleh agen topikal seperti retinoid dan serum Vitamin C, tambahnya.

Siapa yang harus berhati-hati?

Gaur mengatakan bahwa teknik ini harus dihindari oleh mereka yang memiliki kulit berjerawat, karena konsistensi krim zinc oksida yang kental dapat menyumbat kelenjar minyak. Hal ini juga dapat menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang.

Pilihan Editor: Ketahui Manfaat Hyaluronic Acid untuk Kulit Wajah dan Cara Pemakaiannya

INDIAN EXPRESS

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."