7 Tips Staycation Seru dan Menyenangkan Bareng Keluarga saat Long Weekend

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Paket Flexible Staycation di ASTON Priority Simatupang Hotel & Conference Center

Paket Flexible Staycation di ASTON Priority Simatupang Hotel & Conference Center

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Libur long weekend bisa jadi waktu yang tepat untuk menikmati waktu bersama keluarga. Staycation atau liburan di dalam kota bisa jadi pilihan ideal bagi yang ingin beristirahat tanpa harus melakukan perjalanan jauh.

Berikut 7 tips untuk memastikan staycation bersama keluarga tetap seru dan menyenangkan di akhir pekan ini. 

1. Pilih Akomodasi yang Cocok untuk Keluarga

Kunci utama dari kelancaran staycation adalah memilih tempat yang nyaman dan cocok untuk seluruh anggota keluarga. Bisa dengan mempertimbangkan hotel atau vila yang memiliki fasilitas ramah keluarga, seperti kolam renang, taman bermain, dan kamar yang luas.

Beberapa hotel juga menyediakan kamar family suite atau connecting room untuk memberikan ruang yang lebih leluasa bagi anggota keluarga.

2. Manfaatkan Fasilitas Hotel atau Penginapan

Agar pengalaman staycation lebih maksimal, manfaatkan berbagai fasilitas yang telah disediakan oleh pihak akomodasi. Misalnya jika menginap di hotel, coba cek apakah mereka menawarkan kegiatan khusus untuk anak-anak, seperti kids club, spa keluarga, atau aktivitas di area outdoor.

Jangan lupa juga untuk mencoba fasilitas kolam renang, gym, atau sesi movie night di kamar.

3. Ciptakan Suasana Liburan di Kamar

Walau staycation dilakukan di dalam kota, masih ada hal-hal yang bisa dilakukan untuk menciptakan suasana libur yang menyenangkan. Bisa dengan membawa beberapa barang dari rumah, seperti game boards, aneka camilan, atau speaker portable.

Jangan lupa untuk mendekorasi kamar, misalnya dengan lampu hias untuk menambah kesan liburan. Dengan begitu, liburan keluarga akan terasa lebih seru meskipun hanya di dalam kamar. 

4. Susun Itinerary Ringan untuk Mengisi Waktu

Meski staycation, memiliki rencana kegiatan bisa membantu menjaga keseruan liburan. Susun itinerary ringan yang melibatkan seluruh keluarga, seperti sarapan bersama, berenang di pagi hari, berjalan santai di sekitar penginapan, atau movie marathon di kamar.

Jangan lupa untuk luangkan waktu bersantai dan menikmati fasilitas, tanpa harus terburu-buru.

5. Bawa Board Game atau Kartu untuk Hiburan Keluarga

Untuk mempererat ikatan antaranggota, board game, kartu, atau permainan seru lainnya adalah solusi terbaik untuk dimainkan bersama keluarga. Permainan seperti Monopoly, Uno, atau Ludo bisa menjadi pilihan dan cara untuk menjauhkan diri sejenak dari gadget.

6. Manfaatkan Waktu untuk Quality Time

Staycation adalah kesempatan sempurna untuk quality time bersama keluarga tanpa gangguan rutinitas sehari-hari. Anggota keluarga bisa saling bercerita, tertawa, dan menikmati momen-momen kecil yang sering terlewatkan di hari biasa. 

7. Eksplor Kuliner di Sekitar Lokasi Staycation

Selain menikmati fasilitas penginapan, tips staycation bersama keluarga adalah jelajah kuliner. Cari tahu restoran atau kafe terdekat yang bisa menjadi pilihan untuk makan siang atau makan malam.

Jika tidak ingin keluar, layanan pesan-antar ke hotel adalah alternatif yang bisa dipilih untuk menikmati makan bersama di kamar dengan suasana yang lebih santai.

Pilihan Editor: 6 Tips Penting Mempersiapkan Solo Traveling Buat Pemula

WILNA LIANA AZ ZAHRA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."