Kreasi Resep Selai Apel Homemade yang Simpel dan Lezat

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Selai apel/Foto: Instagram/hyanggi cooks

Selai apel/Foto: Instagram/hyanggi cooks

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Selai apel memiliki rasa apel yang sangat manis dan kuat, dan juga terasa seperti rempah-rempah hangat yang ditambahkan dalam kreasi resep ini termasuk kayu manis, cengkeh, dan allspice. Jika Anda ingin menghilangkan cengkeh atau allspice, menggunakan salah satunya ditambah kayu manis juga tidak masalah. Atau, gunakan saja kayu manis, gunakan 1½ sendok teh rempah-rempah untuk mendapatkan selai apel beraroma kayu manis yang lebih sederhana.

Anda dapat menggunakan apel apa saja untuk membuat selai apel. Apel yang lebih lunak akan lebih cepat matang dan lebih mudah mencapai tekstur yang halus. Cobalah McIntosh, Fuji, atau Yellow Delicious. Jumlah gula yang ingin Anda tambahkan bergantung pada rasa manis atau asam apel. Saya sarankan untuk memulai dengan ½ cangkir, cicipi menjelang akhir, lalu sesuaikan jumlah gula dan rempah-rempah sesuai keinginan.

Ada dua cara untuk mengetahui apakah selai apel Anda telah matang hingga kekentalan yang diinginkan. Sesendok selai apel harus tetap berada di atas sendok, dan tidak menetes perlahan. Atau, letakkan sesendok selai apel di atas piring, dan cairan tidak boleh merembes keluar dari tepinya. Selai apel lezat di atas roti dan roti panggang apa pun. Roti labu atau roti zucchini juga merupakan pilihan yang bagus, yang menonjolkan keseluruhan nuansa musim gugur.

Anda juga dapat mencampurnya ke dalam oatmeal, bubur jagung, atau bubur sarapan lainnya. Selai ini dapat menjadi isian yang lezat untuk krep, dan juga dapat dicampur ke dalam keju cottage atau yogurt. Atau oleskan pada ayam panggang selama 15 menit terakhir pemanggangan untuk mendapatkan rasa manis musim gugur yang lezat. 

Mentega ini juga cocok dipadukan dengan keju; cobalah keju cheddar, manchego, atau keju keras tajam lainnya. "Mentega" yang lembut ini juga dapat digunakan untuk memanggang, sebagai pengganti minyak, dan menambahkan rasa manis alami pada resep. Anda mungkin ingin mengurangi jumlah gula yang diminta dalam resep, karena mentega apel sudah ditambahkan gula.

Selai apel dapat didinginkan hingga tiga minggu, tertutup rapat. Selai  ini juga dapat dibekukan hingga satu tahun. Baik Anda menggunakan wadah atau kantong kedap freezer, pastikan ada sedikit ruang bagi mentega apel untuk mengembang saat membeku, tetapi jangan terlalu banyak ruang tambahan sehingga udara terperangkap di dalam wadah. Jika Anda mengawetkan selai apel dalam air panas, selai ini dapat bertahan lebih lama.

Ilustrasi irisan apel. Freepik.com/Racool Studio

Resep Selai Apel 

Bahan-bahan:

Buah apel secukupnya  (seperti Try McIntosh, Fuji, atau Yellow Delicious)
½ cangkir air
1/2 hingga 1 cangkir gula
1 sendok teh bubuk kayu manis
¼ sendok teh bubuk cengkeh
¼ sendok teh bubuk allspice

Cara membuat: 

1. Cuci apel, lalu potong empat dan buang bijinya.

2. Masukkan apel dengan air ke dalam panci besar dan berat. Didihkan apel dengan api sedang-tinggi. Kecilkan api ke sedang dan didihkan apel, tanpa penutup, hingga sangat empuk dan mulai hancur, sekitar 25 menit (beberapa apel membutuhkan waktu lebih lama daripada yang lain). Aduk sesering mungkin.

3. Anda dapat menambahkan beberapa sendok makan air lagi jika perlu agar apel dapat hancur menjadi lembek tanpa menempel di panci atau gosong.

4. Angkat dari api dan tekan apel, bersama dengan sisa cairan di dalam panci, melalui penggiling makanan. Buang padatan secara berkala agar proses penghalusan lebih cepat.

5. Bilas panci dan masukkan kembali apel yang sudah dihaluskan ke dalam panci dengan api sedang. Tambahkan 1/2 cangkir gula, kayu manis, cengkeh, dan allspice. Aduk terus-menerus hingga campuran mengental dan berbau harum, sekitar 5 menit. Tambahkan ½ cangkir gula lagi sesuai kebutuhan untuk mencapai tingkat kemanisan yang diinginkan.

6. Tutup toples dan simpan dalam lemari es hingga tiga minggu.

Pilihan Editor: Kreasi Resep dan Langkah Pembuatan Ganache Cake yang Legit

HINDUSTAN TIMES 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."