Mana Lebih Baik, Jalan Kaki Sendirian atau Bersama Kelompak?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita berjalan kaki. Freepik.com

Ilustrasi wanita berjalan kaki. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kita kerap mendengar untuk menjaga konsistensi olahraga bisa lewat dukungan teman latihan. Dengan adanya teman atau kelompok latihan, orang cenderung tetap berpegang pada rutinitas ketimbang saat melakukannya sendirian. Apakah hal itu juga berdampak baik pada jalan kaki? Mari kita telusuri beberapa pertimbangan ahli.

Manfaat Jalan Kaki bersama Kelompok atau Pasangan

Berdasarkan psikologi, jalan kaki dengan pasangan dapat memiliki beberapa efek positif. Pertama dan terutama adalah keamanan. Sejumlah orang merasa lebih aman ketika mereka memiliki seseorang untuk menemani saat jalan kaki.

Berjalan kaki dengan pasangan atau teman juga salah satu cara untuk terhubung, membuat persahabatan diterima bagi mereka yang ingin membangun kembali ikatan atau menikmati waktu berkualitas bersama.

Selain itu, olahraga tidak mudah, jadi jika Anda memiliki teman dan terlibat dalam percakapan, Anda jauh dari kata bosan. Latihan mungkin terasa lebih mudah, dan waktu berlalu lebih cepat.

Manfaat Jalan Kaki Sendirian

Menurut ahli gizi selebriti asal India Rujuta Diwekar, untuk mendapatkan manfaat maksimal dari jalan kaki, Anda harus fokus dengan cara yang tepat untuk berjalan. Berjalan santai saat mengobrol mungkin tidak menghasilkan hasil yang cukup. Dia menyebutkan berjalan seperti itu lebih mengarah ke aktivitas fisik, bukan olahraga.

Juga, untuk mendapatkan hasil maksimal dari latihan apa pun, perhatian adalah faktor kunci. Jalan kaki sendirian adalah salah satu cara untuk fokus pada latihan dan mencapai manfaat maksimal.

Selain itu, berjalan dianggap sebagai tindakan meditatif saat fokus. Berjalan dalam kelompok atau dengan pasangan dapat mengurangi manfaat yang dapat ditawarkan latihan.

Juga, saat berjalan dengan orang lain, orang sering harus menyesuaikan diri dengan laju orang lain yang dapat memengaruhi suhu dan kecepatan Anda.

Jalan Kaki Sendirian vs Jalan Kaki bersama Pasangan atau Teman

Lantas mana lebih baik, jalan kaki sendirian atau bersama pasangan atau teman? Cara terbaik untuk menikmati manfaat jalan kaki adalah dengan fokus dan perhatian. Jika Anda memiliki teman berjalan kaki, upayakan mencari teman yang sesuai dengan kecepatan Anda agar sama-sama bisa memetik manfaat secara optimal.

Namun, penting untuk diingat bahwa ketika berjalan dengan kecepatan tinggi, mengobrol menjadi sulit, dan orang-orang sering secara tidak sadar melambat saat berbicara. Bagi mereka yang berniat mendapatkan manfaat kesehatan dari jalan kaki perlu selalu ingat bahwa langkah berjalan yang tepat yang nyaman, bukan yang membuat Anda ngos-ngosan.

Pilihan Editor: Mana yang Lebih Baik untuk Kesehatan Anda: Jalan Kaki atau Lari?

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."