Deepika Padukone Latihan Yoga Prenatal saat Hamil, Pulih Lebih Cepat

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Deepika Padukone/Foto; Instagram/Deepika Padukone

Deepika Padukone/Foto; Instagram/Deepika Padukone

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris, Deepika Padukone dan suaminya Ranveer Singh akhirnya kembali ke rumah setelah melahirkan bayi perempuan mereka pada tanggal 8 September. Dalam sebuah unggahan ucapan selamat yang dibagikan di Instagram, pelatih yoga Padukone, Anshuka Parwani, menyebutkan komitmennya untuk berlatih yoga prenatal selama sembilan bulan kehamilannya.

“Memandu Anda melalui setiap napas, peregangan, dan asana saat Anda mempersiapkan bab khusus ini merupakan suatu kehormatan yang luar biasa. Komitmen, kepositifan, dan kepercayaan Anda dalam proses ini benar-benar bersinar, dan saya sangat bangga telah menjadi bagian dari perjalanan ini. DP Hari ini, hati saya penuh saat saya merayakan Anda dan bayi Anda yang cantik, sehat, dan bahagia,” tulisnya dalam keterangan yang menyentuh hati.

Yoga dikenal luas karena berbagai manfaatnya, dan selama kehamilan, yoga diyakini menawarkan berbagai keuntungan fisik dan mental. Pendekatan holistik ini dipandang sebagai cara untuk meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan, mempersiapkan tubuh untuk melahirkan, dan mendukung pemulihan pascapersalinan yang lebih lancar.

Manfaat fisik jangka panjang dari berlatih yoga prenatal

Seiring dengan semakin banyaknya calon ibu yang ingin mengintegrasikan yoga prenatal ke dalam rutinitas mereka, memahami manfaat jangka panjangnya menjadi penting. Dr. Kshitiz Murdia, CEO dan salah satu pendiri Indira IVF mengatakan yoga prenatal menawarkan banyak manfaat fisik yang berkontribusi pada pemulihan pascapersalinan yang lebih cepat. 

Yoga prenatal meningkatkan fleksibilitas, memperkuat otot inti, dan memperbaiki postur tubuh, mempersiapkan tubuh untuk melahirkan dan seterusnya. Menurut sebuah studi oleh Page Press Journal, latihan rutin dapat mengurangi durasi persalinan, dengan rata-rata praktisi menghabiskan 2,65 jam dibandingkan dengan 4,01 jam untuk non-praktisi.”

Peregangan ringan dan latihan pengaturan napas meningkatkan sirkulasi yang lebih baik, memfasilitasi penyembuhan yang lebih cepat setelah melahirkan. Selain itu, yoga prenatal memperkuat otot dasar panggul, yang sangat penting untuk pemulihan. Secara keseluruhan, manfaat fisik yoga prenatal menciptakan fondasi untuk pengalaman melahirkan yang lebih lancar dan pemulihan pascapersalinan yang lebih cepat, ungkapnya.

Maria, pakar dan pelatih yoga prenatal di HIYC Dharamkot, Himachal Pradesh, menambahkan, “Yoga prenatal menekankan penyelarasan postur, yang tidak hanya membantu mengurangi nyeri punggung dan ketidaknyamanan selama kehamilan, tetapi juga meningkatkan mekanika tubuh yang lebih baik. Selain itu, pose yoga yang mendorong gerakan lembut dan peregangan membantu meningkatkan sirkulasi darah, yang dapat mengurangi pembengkakan dan ketidaknyamanan.”

Ia melanjutkan, “Sirkulasi yang lebih baik juga mendukung penyembuhan yang lebih cepat setelah melahirkan dengan memastikan bahwa oksigen dan nutrisi dikirim secara efisien ke jaringan, membantu perbaikan dan pemulihan sel.”

Selain itu, yoga prenatal sering kali menggabungkan latihan yang menargetkan otot dasar panggul — kelompok penting yang menopang rahim, kandung kemih, dan usus. Memperkuat otot-otot ini dapat membuat perbedaan yang signifikan selama persalinan dan melahirkan, membantu mengelola dorongan dengan lebih efektif dan mengurangi risiko masalah pascapersalinan seperti inkontinensia. 

“Dasar panggul yang terkondisi dengan baik juga dikaitkan dengan pemulihan yang lebih cepat, karena membantu tubuh mendapatkan kembali kendali dan berfungsi lebih cepat setelah melahirkan,” sebut Maria.

Manajemen stres dan kesehatan mental selama masa pascapersalinan

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."