Ketahui Skin Scent, Aroma Natural Wewangian yang Sesuai Kepribadian

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi perempuan menyemprotkan parfum . Foto: Freepik.com/Racool_studio

Ilustrasi perempuan menyemprotkan parfum . Foto: Freepik.com/Racool_studio

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaWewangian parfum adalah salah satu bentuk seni yang paling menawan dalam dunia kecantikan. Lebih dari sekadar menambah aroma pada tubuh, parfum dapat mencerminkan kepribadian, suasana hati, dan bahkan momen-momen spesial dalam hidup kita. Namun, memilih parfum yang tepat dan memaksimalkan daya tariknya memerlukan pemahaman lebih dari sekadar menyemprotkannya di pergelangan tangan.

Sebetulnya ada banyak sekali merk parfum yang jadi andalan para artis. Tapi mengandalkan merk saja tidak cukup, akan lebih baik jika anda mampu mengenali bahan utama dari merk tersebut agar cocok pada aroma kulit anda. Skin scent atau parfum beraroma kulit adalah parfum yang memiliki aroma mirip dengan aroma kulit manusia.

Entah Anda pernah mendengar tentang parfum Missing Person yang terkenal di TikTok, atau memeluk seseorang dan mencium aroma parfum mereka, kemungkinan Anda pernah menemukan aroma kulit selama setahun terakhir yang sangat tinggi. Popularitas sub-kategori wewangian tersebut telah meroket dalam beberapa bulan terakhir, salah satu alasannya karena parfum-parfum tersebut mudah dipakai. 

Keta Burke-Williams, pendiri Ourside, menyatakan bahwa seiring dengan meningkatnya tren minimalis dan keaslian dalam industri kecantikan dan mode, ada pergeseran yang juga terlihat dalam dunia wewangian. Dia juga menambahkan bahwa aroma kulit sangat cocok untuk digunakan di pakaian kantor karena sifatnya yang lembut dan halus. 

“Dengan meningkatnya minimalis dan keaslian dalam kecantikan dan mode, kami juga melihat adanya pergeseran dalam wewangian. Selain itu, aroma kulit sangat cocok untuk dipakai di kantor karena sifatnya yang halus” Katanya.

Seperti namanya, wewangian kulit dimaksudkan agar wanginya seperti kepribadian diri Anda. “Aroma kulit biasanya dikategorikan sebagai wewangian yang dirancang untuk berbau seperti perpanjangan dari kulit atau tubuh Anda,” kata Burke-Williams. “Biasanya mereka adalah aroma yang halus dan intim yang dipakai dekat dengan tubuh tanpa menonjolkan banyak hal, yang memberikan kesan efek 'Anda tetapi lebih baik'.” Walter Johnsen, wakil presiden Pengembangan Produk di InterParfums Inc, menambahkan bahwa aroma kulit hampir seperti menyatu dengan pemakainya, alih-alih menambah aroma alami. “Tujuannya untuk membuat aromanya terasa seperti bagian dari esensi tubuh alami pemakainya,” katanya. 

Catatan Wewangian yang Perlu Diperhatikan

Ilustrasi wanita menyemprotkan parfum di pergelangan tangan. Foto: Freepik.com/Lifestylememory

Seperti halnya wewangian atau aroma akuatik, aroma kulit biasanya memiliki karakteristik tertentu yang membuatnya layak dimasukkan ke dalam kategori ini. Kebanyakan parfum kulit mengandung molekul sintetis. Burke-Williams mengatakan, “Bahan utama dan komponen yang sering Anda temui dalam parfum kulit adalah Iso E Super, Ambroxan, Cashmeran, Hedione, musk, dan Cetalox,”. Berikut penjelasan dari bahan-bahan utama parfum kulit: 

Iso E super adalah salah satu aroma yang paling serbaguna yang digunakan dalam wewangian kulit dan berbau sedikit musky dengan sendirinya. Ambroxan adalah aroma amber sintetis yang merupakan molekul yang relatif tahan lama. Aromanya berbau kayu, lembut, dan musky. 

Cetalox dikembangkan pada tahun 50-an oleh Firmenich dan merupakan alternatif sintetis untuk ambergris. Aromanya seperti Ambroxan, manis, seperti amber dan musky.  Cashmeran secara bersamaan pedas namun lembut. Aromanya musky dengan sedikit aroma bunga dan kayu.  Hedione terkadang digunakan dalam jumlah kecil dalam aroma kulit untuk menambahkan aroma segar yang lembut.

Cara Menemukan Aroma Kulit yang Terbaik

Meskipun aroma kulit biasanya tidak memiliki sillage (jejak aroma) yang sekuat parfum tradisional lainnya, namun untuk menemukan aroma yang tepat tetap memerlukan waktu untuk uji coba. Johnsen menyatakan, bahwa menemukan aroma kulit adalah sebuah petualangan tersendiri yang melibatkan eksperimen dan penjelajahan.

Langkah pertama yang baik adalah meneliti beberapa aroma kulit populer saat ini dan memahami catatan yang membentuk wewangian tersebut. Beberapa pilihan yang bisa Anda coba dari beberapa merk parfum terkenal enak wanginya adalah Glossier's You, Missing Person oleh Phlur, Naked Beauty oleh Modern Magic, Cashmere Mist oleh Donna Karan, dan Moon Dust oleh Ourside. Kemudian, dapatkan ukuran sampel parfum untuk mulai mempelajari bagaimana setiap formula berinteraksi dengan kimia tubuh Anda yang unik.

Seperti kategori kecantikan lainnya, popularitas parfum tertentu cenderung datang dan pergi. Namun, menemukan aroma kulit yang tepat seperti halnya membangun lemari pakaian kapsul, Proses ini mungkin perlu beberapa kali percobaan, tetapi hasilnya akan sangat memuaskan.

Nah jadi begitu Sahabat Cantika! Seperti yang dijelaskan oleh para pakar, setiap orang memiliki kimia tubuh yang unik, dan menemukan aroma kulit yang tepat adalah tentang eksperimen dan penjelajahan. Jadi, jangan ragu untuk mencoba berbagai aroma, dan nikmati prosesnya. Ingat, wewangian kulit adalah cara untuk merayakan diri Anda dan menciptakan kesan yang tak terlupakan. Temukan aroma yang membuat Anda merasa percaya diri dan autentik, dan biarkan keharuman itu menjadi bagian dari cerita Anda.

Pilihan Editor: Hesti Purwadinata Ungkap Pengalamannya Bisnis Parfum: Lagi Seksi Banget

ZHAHIRA REKA FIRDANIA | INSTYLE 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."