Mengulik Illipe Butter, Shea Butter Asli Tanah Borneo yang Melembapkan Kulit

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wajah wanita yang mulus bersih dan segar. shutterstock.com

Ilustrasi wajah wanita yang mulus bersih dan segar. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Gaya hidup masyarakat yang kini semakin aktif serta tingginya paparan polusi sehari-hari membawa perhatian lebih pada perawatan kulit tubuh yang turut terkena imbasnya. Berangkat dari sini, BASE, merek kecantikan vegan Indonesia memperkenalkan "Illipe & Apricot Brightening Body Scrub”, inovasi terbaru perawatan tubuh yang turut memberi dampak positif bagi kelestarian bumi dengan bahan utama illipe butter

Pembicaraan antara BASE dengan Forestwise yang berpusat di Kalimantan tentang penggunaan illipe butter telah berlangsung sejak Oktober 2022 dan bukan tanpa alasan. Illipe butter diperoleh dari pohon Shorea Stenoptera, atau pohon Tengkawang yang dianggap sakral oleh masyarakat Dayak dan terancam punah akibat deforestasi. Penggunaan illipe butter adalah salah satu jalan untuk melindungi pohon Shorea Stenoptera dan mencegah deforestasi lebih jauh. Bahkan illipe butter disebut-sebut shea butter-nya Indonesia. 

Dirk-Jan Oudshoorn, Co-Founder dan CEO dari Forestwise turut menjabarkan proses kerja yang telah dijalani oleh timnya dalam proses sourcing bahan illipe butter secara ethical dan tidak merusak ekosistem di sekitarnya. 

BASE memperkenalkan produk sustainable “Illipe & Apricot Brightening Body Scrub”di Jakarta, Selasa, 17 September 2024/Foto: Doc. BASE

“Untuk mengumpulkan buah Tengkawang, petani hanya mengambil yang jatuh ke tanah dan tidak lebih dari 80%, sehingga memastikan pohon Tengkawang tetap tumbuh subur dan tetap ada regenerasi. Kemudian buah Tengkawang yang dikumpulkan akan dicuci di sungai hutan, dijemur, sebelum kemudian diproses secara cold-pressed untuk memperoleh ekstrak yang murni. Tidak ada bahan chemical yang digunakan selama proses pengolahan illipe butter ini.” jelas Dirk-Jan.

Dalam proses pengolahan illipe butter, Forestwise menggandeng lebih dari 700 masyarakat adat Dayak du tanah Borneo yang tersebar di 27 desa, serta turut mensejahterakan lebih dari 740 keluarga lokal di Kalimantan. “Kami juga telah mencatat adanya peningkatan pemasukan tahunan sebesar 18% bagi para pekerja Tengkawang yang secara khusus membantu ekstraksi illipe butter.” ungkapnya.

Kolaborasi Bersama untuk Melestarikan Hutan di Kalimantan

BASE memperkenalkan produk sustainable “Illipe & Apricot Brightening Body Scrub”di Jakarta, Selasa, 17 September 2024/Foto: Doc. BASE

Memiliki komitmen yang sama untuk kelestarian bumi, BASE menggandeng Female Daily sebagai partner untuk menghadirkan Illipe & Apricot Brightening Body Scrub dengan kampanye bertajuk ‘Beauty in Balance’. Kampanye sekaligus bertujuan untuk menekankan kembali pentingnya memilih produk yang baik untuk kesehatan kulit, sekaligus turut berkontribusi dalam merestorasi alam.

 Ratih Permata Sari, Co-Founder dan Chief Product Officer dari BASE mengungkapkan “Kami berkomitmen untuk terus menghadirkan produk-produk inovatif yang sesuai dengan kebutuhan pasar dan tren di Indonesia, namun juga memperhatikan pemilihan bahan baku yang sustainably sourced seperti illipe butter. Makanya, kami senang sekali bisa bekerjasama dengan Female Daily dan Forestwise yang sama-sama berkeinginan untuk berkontribusi dalam melestarikan lingkungan.”.

Body Scrub Vegan yang Efektif Mencerahkan Kulit

BASE memperkenalkan produk sustainable “Illipe & Apricot Brightening Body Scrub”di Jakarta, Selasa, 17 September 2024/Foto: Doc. BASE

Selain memiliki dampak positif untuk lingkungan dan kesejahteraan masyarakat Kalimantan, illipe butter juga menyimpan banyak kegunaan. “Illipe menawarkan berbagai manfaat untuk melembutkan, melembapkan, sampai merawat kulit yang sangat kering, sebab ia dikenal kaya akan vitamin A dan vitamin E.” papar Ratih. Illipe & Apricot Brightening Body Scrub juga diperkaya dengan sederet kandungan vegan efektif lainnya, seperti Apricot Seed Powder yang bekerja sebagai eksfoliator alami, Almond Seed Oil untuk melembutkan kulit, hingga 6x bahan pencerah termasuk 4 persen niacinamide untuk mengangkat sel kulit mati, sehingga kulit tampak lebih halus dan cerah.

“Setiap kali kami ingin menciptakan dan berinovasi pada produk beauty baru, kami selalu memikirkan faktor pelestarian lingkungan. Kami terus mencari cara-cara baru untuk membuat produk terbaik dengan dampak yang paling kecil terhadap lingkungan sekitar. Kami sangat bersyukur dapat turut ambil bagian dalam sebuah gerakan yang bermanfaat bersama Female Daily, dan mendukung penuh upaya Female Daily dalam menjadi platform yang konsisten meningkatkan awareness para beauty enthusiast terkait sustainable beauty lewat campaign FD Sustainabeauty," tutup Ratih.

Pilihan Editor: Manfaat Shea Butter untuk Kulit dan Rambut serta Cara Pakai yang Tepat

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."