Rahasia Resep Bolu Pisang Lembut, Lebih Mudah dari yang Kamu Kira

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Resep bolu pisang panggang simpel/Foto: Instagram/Tyas Prabowo

Resep bolu pisang panggang simpel/Foto: Instagram/Tyas Prabowo

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Apakah ada yang lebih baik daripada aroma bolu pisang yang baru dipanggang yang tercium dari dapur, memenuhi rumah dengan aromanya yang lezat? Apa pun rasanya, sulit untuk menahan diri untuk tidak menggigitnya sebelum kue tersebut dingin dan diolesi lapisan gula.

Gigitan pertama selalu menyenangkan, tetapi terkadang kue cenderung mengering dalam beberapa hari—jika bertahan selama itu, tentu saja. Untuk mengatasi tekstur kering itu, ada tips unik yang dibagikan oleh anggota Allrecipes Cindy dalam resep bolu pisang buatannya. Dengan hampir lima bintang dari lebih dari 2.900 ulasan, triknya sederhana dan efektif.

Rahasia Membuat Resep Bolu Pisang 

Tips Cindy sangat mudah: Setelah dipanggang, ia menyarankan untuk langsung memasukkan kue ke dalam freezer selama 45 menit agar "kue menjadi sangat lembap." Apakah benar-benar semudah itu untuk menjaga kue tetap lembap setelah dipanggang? Singkatnya, ya!

"Menempatkan kue di dalam freezer tepat setelah dipanggang adalah trik untuk memberikan kelembapan tambahan pada kue karena kue yang dibungkus pada dasarnya menciptakan penghalang kelembapannya sendiri," kata Alon Gontowski, kepala koki pastry di Palmetto Marriott Resort and Spa di Gulf Coast, Florida. Penghalang kelembapan itu disebabkan oleh terperangkapnya panas dan uap di dalam kue, yang membuatnya tetap lembap setelah dikeluarkan dari freezer.

"Setelah mengeluarkan kue dari oven, saya membiarkannya selama sekitar 10 menit sebelum membawanya, membungkusnya dengan plastik, dan menaruhnya di dalam freezer selama 30 hingga 40 menit," imbuh Gontowski.

Setelah kue benar-benar dingin, saatnya untuk menghiasnya dan menikmatinya. Dan bagi mereka yang membuat kue pisang, Gontowski punya kiat lain untuk dibagikan: "Gunakan pisang yang sudah matang hingga terlalu matang untuk mendapatkan rasa yang lebih enak dan kue yang paling lembap," sarannya.

Cara Lain Menjaga Kue Tetap Lembap

Selain metode freezer, ada cara lain agar kue tidak mengering. Salah satu kiatnya adalah dengan melapisi kue dengan lapisan gula segera setelah dikeluarkan dari freezer. Semakin lama kue tidak diberi lapisan gula, semakin cepat kue akan mengering. Jadi, saat kue didinginkan di freezer, buat lapisan gula agar siap digunakan segera setelah kue matang.

Penyimpanan yang tepat juga penting. Jika Anda tidak memiliki wadah kedap udara, bungkus kue dengan plastik pembungkus diikuti dengan aluminium foil agar tetap segar dan lembap, potong demi potong.

Jika kue Anda mengering, itu bukan kiamat. Koki pastry merekomendasikan untuk mengolesi kue dengan sirup sederhana, merendamnya dalam susu, atau mengisinya dengan mousse, custard, selai, atau krim kocok. Dan jika semuanya gagal, selalu ada pilihan yang menyenangkan: Hancurkan kue dan gunakan sebagai topping untuk es krim sundae.

Pilihan Editor: 3 Kreasi Resep Smoothie Sehat untuk Diet, Pakai Apel dan Pisang

ALL RECIPES 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."