Selain Alpukat, Berikut Makanan yang Mendukung Kesehatan Hati

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi alpukat (Pixabay.com)

Ilustrasi alpukat (Pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Makanan yang dimakan bisa memengaruhi kesehatan tubuh termasuk hati. Menurut ahli gizi asal India Deepsikha Jain dalam unggahan di media sosialnya, alpukat, kunyit, sayuran berdaun hijau, dan kopi hitam bermanfaat untuk menjaga kesehatan hati. Namun konsumsi makanan ini juga harus dibarengi dengan mengendalikan karbohidrat dan memperbaiki kebiasaan gaya hidup.

Hal itu pun diamini dokter Bhavesh Patel, Konsultan Gastroenterolog, Rumah Sakit Umum Bhailal Amin yang mengatakan sayuran berdaun hijau sebagai makanan super untuk aktivitas sehari-hari dan kesehatan hati.

"Sama sekali tidak ada aturan tentang sayuran berdaun hijau. Dalam pola makan kuno kita, kita biasa makan banyak sayuran berdaun hijau. Makanan luar, yang kita konsumsi sebagai junk food, sebagian besar adalah karbohidrat yang perlu kita hindari," sarannya.

Sementara itu, dokter Patel mengatakan alpukat mengandung lemak sehat dan antioksidan yang juga menjadikannya makanan sehat untuk hati.

"Namun, kita harus berhati-hati untuk tidak mengonsumsi tiga hingga empat alpukat untuk meningkatkan kesehatan hati secara teratur. Alpukat dapat dimasukkan dalam makanan," ujarnya.

Terkait konsumsi kunyi, dokter Patel juga menyarankan untuk memasukkan kunyit sebagai bumbu dalam makanan dan membatasi tablet kunyit atau kapsul karena bisa menyebabkan kasus cedera hati.

"Konsumsi kunyit dalam jumlah sedang, yang kita gunakan dalam makanan sehari-hari kita, tidak apa-apa. Tidak ada data konkret yang mendukung kunyit sebagai suplemen untuk hati yang sehat,” ucap dokter Bhavesh Patel.

Dia juga menyebut kopi hitam bermanfaat untuk kesehatan hati karena kandungan flavonoid dan antioksidan. Jika seseorang memiliki masalah dengan kopi, pilih varian kopi tanpa kafein.

Pilihan Editor: Manfaat Intermittent Fasting untuk Kesehatan Hati

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."