Profil dan Perjalanan Karier Raisa, Konser Tunggal jadi Salah Satu Pencapaian

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Raisa Andriana/Foto: Instagram/Wardhana Chandra

Raisa Andriana/Foto: Instagram/Wardhana Chandra

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Nama Raisa mulai dikenal publik setelah merilis lagu berjudul Serba Salah pada 2010. Singel tersebut pecah di pasaran dan menjadi anhem romantika penikmat musik tanah air. Perempuan kelahiran 6 Juni 1990 ini merupakan anak dari pasangan Allan N Rachman dan Ria Marianty. 

Bakat menyanyi Raisa muncul sejak usia dini. Musikalitas Raisa banyak terinspirasi dari musisi kenamaan Amerika Serikat  seperti Brian McKnight, Alicia Keys, dan Joss Stone. 

Lama berteman dengan Asta Andoko (gitaris RAN) membukakan pintu untuknya masuk dapur rekaman. Dibantu Rama Handyanto (pemain bass Soulvibe) dan Ario Seto (mantan pemain keyboard Soulvibe) yang bergabung dengan Asta sebagai produsernya, Raisa mengambil jalan solo. Kerja sama ini mencetak tiga lagu hit; Serba Salah, Apalah (Arti Menunggu), dan Coult It Be.

Maret 2011, Universal Musik Indonesia memperkenalkan Raisa sebagai artis barunya. Ia secara resmi merilis singel perdana Serba Salah. Dua bulan berikutnya, Raisa meluncurkan album berjudul Raisa (Self Title), yang berisi sembilan lagu. Salah satu hitnya adalah lagu Apalah Arti Menunggu.

Seiring berjalannya waktu, kredibilitasnya kian diakui. Tercatat, ia berhasil menyabet sejumlah penghargaan, salah satunya dari ajang internasional MNET Asian Music Awards (MAMA) yang mendaulatnya sebagai Best Asian Artist di tahun 2014.

Setelah merilis dua album, Raisa memutuskan untuk mandiri dengan mendirikan label musik Juni Records. Meniti karier sebagai seorang penyanyi, dengan label barunya Raisa melebarkan sayap sebagai produser. 

Konser Tunggal dan Film Dokumenter

Kemudian, di tahun kelimanya berkarier di industri musik Indonesia, Raisa menggelar konser tunggal bertajuk Pemeran Utama: Live in Concert pada 24 Mei 2015, di Istora Senayan, Jakarta. Tema "Pemeran Utama" diambil dari lagu di album kedua Raisa, Heart to Heart (2013).  Konser tersebut ditonton sebanyak 5000 penonton. Kesuksesan konser pertama membuat promotor Juni Concert melanjutkan konser keduanya di DBL Arena, Surabaya pada 15 November 2015 yang disaksikan sebanyak 2000 penonton.

Setahun setelahnya Raisa merilis Album studio ketiganya, Handmade dirilis dua bulan setelahnya pada 20 April 2016 dalam format digital. Judul Handmade kata Raisa dipilih karena album tersebut seperti buatan tangan sendiri, sebab ini pertama kalinya ia merilis album studio dari label yang didirikannya dan ia produksi sendiri bersama timnya. 

Selanjutnya bertepatan dengan hari ulang tahun yang ke-31 pada 6 Juni 2021, Raisa mengumumkan judul album studio keempatnya berjudul It’s Personal . Ririlisan ini terdiri dari tiga singel yang sudah dirilis pada 2021 dan dua lagu baru yang dikemas dalam bentuk album mini yang dirilis di platform digital musik.

Salah satu pencapaian besar dari Istri Hamish Daud ini adalah kesuksesan konser tunggalnya pada 25 Februari 2023 yang sekaligus menjadi konser tunggal penyanyi perempuan pertama di Indonesia berskala stadion. Konser tersebut ditonton sebanyak 42 ribu penonton.

Terbaru, memperingati hari ulang tahunnya pada 6 Juni 2024 laliu Raisa  merilis film dokumenter berjudul Harta Tahta Raisa yang bercerita tentang kehidupan Raisa sebagai seorang musisi dan juga menceritakan kehidupan pribadinya yang jarang tersorot kamera.

Pilihan Editor: 

NI KADEK TRISNA CINTYA DEWI |DWI ARJANTO

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."