Beda Miss Universe dengan 5 Kontes Kecantikan Lain

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Reaksi Miss Nikaragua Sheynnis Palacios setelah dinobatkan sebagai Miss Universe pada kontes Miss Universe ke-72 di San Salvador, El Salvador, 18 November 2023. REUTERS/Jose Cabezas

Reaksi Miss Nikaragua Sheynnis Palacios setelah dinobatkan sebagai Miss Universe pada kontes Miss Universe ke-72 di San Salvador, El Salvador, 18 November 2023. REUTERS/Jose Cabezas

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Clara Shafira Krebs terpilih menjadi Miss Universe Indonesia 2024. Clara akan menjadi wakil Indonesia dalam ajang Miss Universe 2024 di Meksiko pada November mendatang. Bicara soal kontes kecantikan di dunia, tidak hanya Miss Universe. Ada Miss World, Miss Grand International, Miss International hingga Miss Earth. Apa saja perbedaan di antara sederet kontes kecantikan tersebut? Yuk, kita intip.

1. Miss World

Miss World merupakan kontes kecantikan tertua di dunia yang diselenggarakan perdana pada 1951 oleh Eric Morley, mantan kapten Angkatan Darat selama perang dan wirausahawan hiburan. Kontes ini awalnya hanya direncanakan satu kali sebagai bagian dari Festival of Britain. Namun ketika tahun berikutnya diumumkan penyelenggaraan Miss Universe, Morley memutuskan untuk menjadikan Miss World sebagai acara tahunan.

Miss World 2023 Krystyna Pyszkova menyapa penonton saat hadir dalam ajang Miss Indonesia 2024 di Jakarta, Rabu, 29 Mei 2024. Miss Indonesia 2024 ini diikuti 38 kontestan dari seluruh daerah se-Indonesia dan pemenangnya akan dikirim untuk mengikuti ajang Miss World ke-72. ANTARA/Aditya Pradana Putra

Indonesia kali pertama ikut Miss World pada 1982, tapi baru mengirimkannya secara rutin sejak 2005. Wakil dari Indonesia adalah Miss Indonesia yang dipilih setiap tahun oleh Yayasan Miss Indonesia, diketuai oleh Liliana Tanoesoedibjo.

2. Miss Universe

Miss Universe diselenggarakan sejak 1952 oleh Pacific Knitting Mills, sebuah perusahaan pakaian yang berbasis di California. Namun, pada 1996 Miss Universe diambil alih oleh Donald Trump hingga 2015. Kemudian sejak 2022, lisensi kontes kecantikan ini dipegang oleh JKN Global Group, perusahaan asal Thailand.

Miss Universe 2022, R'Bonney Gabriel. Instagram.com/@missuniverse

Indonesia konsisten mengirimkan wakilnya sejak 2005, tapi kali pertama mengirimkan wakil pada 1974. Wakil Indonesia adalah pemenang dari pemilih Puteri Indonesia yang diselenggarakan oleh Yayasan Puteri Indonesia yang didirikan oleh Mooryati Soedibyo.

Namun sejak 2023, pemegang lisensi Miss Universe Indonesia menjadi PT Capella Swastika Karya yang dipimpin Poppy Capella. Tak sampai setahun, lisensi yang dimiliki perusahaan Poppy Capella itu dicabut karena tersandung kasus pelecehan. Kini, lisensi Miss Universe Indonesia berada di Zetrix.

3. Miss Earth

Miss Earth adalah kontes kecantikan dengan tema lingkungan dan para peserta juga memiliki tugas untuk mempromosikan lingkungan.  Kontes kecantikan yang mulai digelar pada 2001 ini berafiliasi dengan organisasi lingkungan macam  Greenpeace, World Wildlife Foundation, dan United Nations Environment Program.

4. Miss International

Miss International juga dikenal dengan nama Miss International Beauty dan pertama digelar pada 1960 dan dikelola oleh The International Culture Association yang berbasis di Tokyo, Jepang. Kontestannya diharapkan dapat bertugas sebagai "Duta Perdamaian dan Kecantikan", yang ditunjukkan melalui kelembutan, kebaikan, persahabatan, keindahan, kecerdasan, kemampuan untuk mengambil tindakan, dan kepekaan internasional.

Tujuan akhir dari Miss International adalah mempromosikan perdamaian dunia, itikad baik, dan pemahaman.

5. Miss Supranational

Chanique Rabe. Instagram

Miss Supranational diinsiasi oleh World Beauty Association. Miss Supranational kali pertama diadakan pada 2009 di Plock, Polandia dan diikuti oleh 36 peserta. Slogan yang diusung oleh Miss Supranational adalah “Inspirational, Aspirational” dan kompetisi ini mencari sosok role model yang tidak hanya menawan, tetapi juga memiliki jiwa aspiratif dan inspiratif.

6. Miss Grand International

Dibandingkan Miss Universe dan Miss World, Miss Grand International terbilang muda. Kontes kecantikan ini kali pertama diselenggarakan pada 2013. Kontes ini didirikan oleh Nawat Itsaragrisil dan Yuphiyao Thaivisut di bawah Miss Grand International Organization yang berbasis di Bangkok, Thailand.

Aurra Kharisma. Instagram/@aurrakharisma

Sejak awal penyelenggaraannya, Indonesia mengirimkan wakilnya di ajang Miss Grand International. Di tahun 2020, lisensi Miss Grand Indonesia berada di bawah naungan Yayasan Mega Bintang milik Ivan Gunawan. Sejak saat itu, Ivan memilih secara langsung memilih Miss Grand Indonesia yang akan berkompetisi di Miss Grand International.

Pilihan Editor: Organisasi Miss Universe Hapus Batas Usia Peserta, Ini Kata R'Bonney Gabriel

MILA NOVITA | YAYUK WIDIYARTI

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."