5 Cara Wanita Karier Meraih Gaya Hidup Sehat dan Mengelola Stres dengan Baik

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Ilustrasi wanita-wanita bekerja. Shutterstock

Ilustrasi wanita-wanita bekerja. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Wanita karier memiliki risiko lebih tinggi untuk menyerah pada tekanan-tekanan ini karena mereka umumnya harus berjuang antara tugas-tugas fisik rumah tangga dan pekerjaan rutin mereka.

Wanita karier masa kini diharapkan untuk memprioritaskan atasan, kolega, pasangan, anak-anak, dan teman-teman mereka daripada diri mereka sendiri. 

Harapan-harapan ini memiliki efek berbahaya pada kesehatan wanita yang sering kali luput dari perhatian dan diabaikan. Wanita karier begitu sibuk mengurus semua orang dan segala sesuatu di sekitar mereka sehingga mereka tidak memiliki cukup waktu untuk memanjakan diri sendiri.

Di sinilah perubahan besar perlu dilakukan. Mengenali kebutuhan untuk mendedikasikan waktu, perhatian, dan kepedulian untuk diri sendiri, bukan karena atasan, tim, keluarga, atau teman membutuhkan Anda. Tapi, karena Anda layak mendapatkannya sama seperti orang lain, adalah langkah pertama dalam memberdayakan seorang wanita menuju posisi kekuatan sejati.

Berikut ini beberapa kiat bagi wanita pekerja untuk memanjakan kebutuhan dan keinginannya sendiri, tanpa rasa bersalah:

1. Sisihkan waktu untuk diri sendiri

Pastikan untuk meluangkan waktu dari jadwal sibuk pekerjaan dan mengurus keluarga dan luangkan waktu untuk aktivitas atau tugas apa pun yang Anda sukai sendiri. Ini juga bisa berarti bermeditasi, bersantai, atau tidak melakukan apa pun setidaknya selama satu jam setiap hari.

2. Berhenti meminta maaf

Jangan minta maaf karena gagal melampaui harapan atasan, keluarga, atau teman Anda. Tidak ada manusia super, dan Anda tidak boleh mengenakan jubah itu setiap saat.

3. Prioritaskan diri Anda

Jangan remehkan pentingnya memprioritaskan kesehatan Anda sendiri. Memberikan perhatian juga bisa melelahkan. Cobalah untuk memberikan perhatian dan kepedulian yang lembut terhadap kesehatan Anda sendiri.

4. Katakan tidak lebih sering

Ini akan memberi Anda lebih banyak waktu untuk diri sendiri. Batasi upaya untuk menjadi 'manusia super' seperti yang diharapkan dan tetapkan jadwal yang realistis.

5. Carilah kebahagiaan

Temukan waktu untuk kesenangan dan kegembiraan. Lakukan sesuatu setiap hari yang mungkin tidak perlu izin dari siapa pun.

Nah, Sahabat Cantika, itulah 5 cara yang bisa dilakukan wanita karier untuk memiliki gaya hidup sehat dan mengelola stres dengan baik. Semoga informasi ini bermanfaat!

Pilihan Editor: Selain Menjaga Kesehatan, Ini Manfaat Olahraga Bersama Keluarga

PINKVILLA 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."