Mana Lebih Baik, Liquid Foundation atau Stick Foundation?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi perempuan pakai foundation. (Cheatsheet)

Ilustrasi perempuan pakai foundation. (Cheatsheet)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Saat memilih alas bedak atau foundation, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan termasuk formula. Di antara pilihan yang paling populer adalah liquid foundation dan stick foundation. Hal terpenting untuk diingat adalah bahwa nuansa produk adalah yang paling penting. Terganting pada jenis kulit, hasil akhir yang diinginkan, atau preferensi aplikasi, satu jenis foundation mungkin cocok dengan yang lain.

Definisi dan Manfaat Liquid Foundation

Kemungkinan Anda sudah terbiasa dengan alas bedak cair atau liquid foundation. Sebab sebagian besar formula foundation dalam bentuk cair. Menurut penata rias selebriti, Dahlia Warner liquid foundation memberikan cakupan yang lebih penuh sebagai alas riasan.

Adapun dari segi manfaat, liquid foundation populer karena mudah diaplikasikan dan dicampur, sehingga memudahkan rutinitas riasan harian Anda.

Liquid foundation bisa terlihat sangat alami pada kulit. Itulah sebabnya mengapa alas bedak ini cocok untuk jenis kulit apa pun.

Selain itu, liquid foundation sering menyediakan beberapa cakupan yang berbeda. Walhasil, sebagian besar formula dapat disesuaikan dengan kebutuhan spesifik Anda.

Tips Memilih Liquid Foundation

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih liquid foundation seperti tingkat cakupan (coverage), kebutuhan tabir surya, dan jenis kulit Anda.

"Jika Anda memiliki kulit kering, Anda mungkin lebih suka formula yang juga bertindak sebagai serum, memberikan manfaat seperti menghidrasi kulit dan menambahkan efek dewy," kata Warner dikutip dari Byrdie.

Dia juga merekomendasikan bahwa mereka yang memiliki kulit berminyak atau kombinasi memilih formula berbasis air.

Tips Memakai Liquid Foundation

Apakah Anda lebih suka menggunakan alat atau jari Anda, ada beberapa cara untuk menerapkan alas bedak cair untuk hasil akhir yang sempurna. Warner mengaku lebih suka menggunakan tangan saat mengaplikasikan liquid foundation.

"Saat menerapkan liquid foundation, salah satu pilihannya adalah menggunakan tangan bersih, tekanan lembut, dan padukan produk dari tengah wajah Anda.

"Pastikan untuk menepuknya di sepanjang rahang dan memadukannya ke leher Anda untuk hasil akhir yang mulus," ujarnya.

Jika Anda ingin menggunakan kuas atau spons, bisa juga. Langkah pertamanya mulailah dari tengah wajah di sekitar hidung, lalu pulas ke seluruh wajah sampai produk meresap sempurna.

Untuk cakupan tambahan, Warner merekomendasikan memakainspons.

"Jika Anda ingin lebih banyak cakupan, Anda dapat menggunakan spons basah untuk mengoleskan dan membangun cakupan di area yang Anda inginkan," katanya.

Definisi dan Manfaat Stick Foundation

Stick foundation merupakan alas bedak krim dalam bentuk stik. Apakah Anda menginginkan warna kulit halus atau cakupan penuh dengan manfaat tahan air, formula stick foundation menawarkan semuanya.

Dari segi manfaat, stick foundation memungkinkan Anda untuk menerapkan produk langsung dari tabung ke kulit tanpa berantakan.

Alas bedak ini juga dapat digunakan tuk menutupi noda atau bintik hitam di wajah tanpa riasan. Misal Anda bisa menerapkan stick foundation di bawah mata Anda dan menggunakannya sebagai concealer.

Karena sebagian besar formula stick foundation untuk cakupan penuh (full coverage), Anda dapat menikmati manfaat dari cakupan penuh tanpa perlu banyak mengaplikasikan kembali sepanjang hari.

Tips Memilih Stick Foundation

Langkah pertama dalam memilih formula stick foundation adalah mengetahui jenis cakupan yang Anda butuhkan. Cara terbaiknya adalah membaca tentang setiap formula dan menemukan mana yang paling sesuai dengan kulit Anda. Misalnya, jika Anda memiliki kulit berminyak, cari produk yang secara khusus diformulasikan untuk menangani kilau.

Warner juga menunjukkan bahwa stick foundation dapat digunakan untuk mengkontur wajah.

"Anda dapat menggunakan stick foundation dalam 2-3 warna yang berbeda untuk menciptakan tampilan kontur," ucapnya.

Teknik ini memberikan cakupan dan menambah dimensi pada kulit Anda.

Tips Memakai Stick Foundation

Warner merekomendasikan menggunakan kuas atau spons untuk mengaplikasikan stick foundation pada kulit. Anda dapat menerapkan alas bedak langsung ke wajah Anda di area di mana Anda ingin cakupan atau mengambilnya dengan kuas dan kemudian mengoleskannya ke kulit Anda.

Jika Anda menggunakan stick foundation cakupan penuh, oleskan sedikit lalu ratakan di wajah, perlahan-lahan tambahkan lebih banyak. Ini akan memberi Anda gambaran seberapa penuh cakupan itu dan akan membantu mencegah aplikasi yang berlebihan.

Liquid Foundation vs Stick Foundation

Kedua opsi umumnya dianggap mudah dicampur dan memiliki cakupan yang dapat dibentuk sesuai kebutuhan. Namun, liquid foundation mendukung tampilan glam yang lebih penuh dan dapat memberikan perawatan kulit yang ditargetkan.

Di sisi lain, stick foundation lebih mudah dioleskan saat bepergian, dapat digunakan sebagai perawatan spot atau untuk kontur, dan lebih ramah untuk sentuhan sepanjang hari.

So, pilih stick foundation atau liquid foundation tergantung preferensi riasan Anda sendiri.

Pilihan Editor: Cara Mengaplikasikan Foundation dengan Spons, Jari atau Kuas

BYRDIE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."