Kreasi Resep Pie Saus Tomat yang Kaya Vitamin C dan Likopen

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Tomat Pie/Foto: Instagram/Jenny Gladies

Tomat Pie/Foto: Instagram/Jenny Gladies

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tak hanya lezat dan bahan masakan serbaguna, buah tomat mengandung vitamin C. Satu buah tomat berukuran sedang dapat memenuhi 28 persen kebutuhan vitamin C harian.

Selain itu, tomat juga dapat meningkatkan tekstur kulit. Tubuh kita rentan terhadap stres oksidatif, juga dikenal sebagai ketidakseimbangan antioksidan, di situlah peran likopen yang dapat mengurangi efek samping fisik dan meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan. Nah, Sahabat Cantika bisa mencoba Pie Saus Tomat.

Resep Pie Saus Tomat

Saus Tomat Pie yang lezat ini merupakan sajian klasik khas Selatan yang dikonsep ulang, sangat cocok untuk segala acara sepanjang musim. Dengan lapisan tomat matang dan berair, basil segar, dan olesan tiga keju yang lembut, saus yang disukai banyak orang ini menghadirkan semua kenyamanan pie tomat tradisional langsung ke olesan makanan pembuka Anda.

Bahan-bahan:

3 tomat merah, dibuang bijinya
1 sendok teh garam 
1 (8 ons) bungkus krim keju, dilunakkan
1/2 cangkir mayones
1/2 cangkir bawang cincang (dari 1 bawang kecil [5 ons])
1/4 cangkir daun basil segar yang dipadatkan, dipotong tipis-tipis, ditambah lagi untuk hiasan
1/2 cangkir keju mozzarella rendah lemak parut
1/4 cangkir keju Parmesan parut segar
1 1/2 sendok teh saus pedas (seperti Tabasco)
1 sendok teh saus Worcestershire
1/2 sendok teh bubuk bawang
1/4 sendok teh lada hitam yang baru digiling
1 cangkir keju Cheddar tajam parut
Roti panggang crostini

Cara Membuat:

1. Kumpulkan semua bahan. Panaskan oven hingga 350 derajat F (175 derajat C). Lapisi wajan berukuran 10 inci dengan minyak semprot tipis-tipis; sisihkan.

2. Potong bagian atas dan bawah salah satu tomat; potong menjadi 6 irisan (tebal 1/4 inci); letakkan irisan di antara 2 lapis tisu dapur; sisihkan. Buang biji dan cincang tomat yang tersisa; taruh di saringan yang diletakkan di atas mangkuk sedang; taburi dengan 1/4 sendok teh garam, aduk perlahan untuk mendistribusikan garam. Diamkan selama 10 menit. Tepuk-tepuk tomat hingga kering dengan tisu dapur bersih; buang cairannya.

3. Tomat cincang ditaruh dalam saringan di atas mangkuk dengan tangan menepuk-nepukkan handuk pada tomat

4. Saat tomat didiamkan, aduk keju krim, mayones, bawang bombay, basil, keju mozzarella, keju Parmesan, saus pedas, saus Worcestershire, bubuk bawang bombay, lada hitam, 3/4 cangkir keju Cheddar, dan sisa 3/4 sendok teh garam dalam mangkuk sedang hingga tercampur rata; masukkan tomat cincang perlahan hingga merata.

5. Pindahkan campuran tomat ke wajan yang sudah disiapkan, ratakan hingga merata. Taburi dengan sisa 1/4 cangkir keju Cheddar secara merata dan taburi dengan irisan tomat.

6. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan hingga keju meleleh sepenuhnya dan pinggirannya menggelembung, 25 hingga 30 menit.

Waktu Persiapan:
15 menit
Waktu Memasak:
25 menit
Waktu Istirahat:
10 menit
Total Waktu:
50 menit
Porsi:
8 (ukuran porsi: 1/2 cangkir)

Pilihan Editor:  Cara Membuat Masker Tomat untuk Wajah, Bisa Dicampur Lemon

ALL RECIPES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."