6 Cara Menjaga Kelembapan Bibir, Tak Cuma Pakai Lip Balm

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi bibir kering dan pecah-pecah. Shutterstock.com

Ilustrasi bibir kering dan pecah-pecah. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Bibir rentan menjadi kering dan pecah-pecah karena tidak memiliki lapisan atas keratin dan pori-pori penghasil minyak yang dimiliki oleh kulit, menurut dokter kulit bersertifikat Serena Mraz. Karena faktor tersebut, bibir sangat rentan tidak hanya kerusakan dari matahari, tetapi juga dari angin, dingin, atau kondisi suhu panas.

Adapun tanda-tanda bibir kering antara lain kerutan di permukaan, pengelupasan, retak di sekitar sudut, warna  semakin dalam, dan sensitivitas meningkat saat mengonsumsi makanan asin atau pedas.

Nah, untuk mencegah hal itu terjadi, ada baiknya kita menjaga kelembapan bibir secara rutin. Mulai dari menghindari menjilat bibir hingga menggunakan produk yang diperkaya SPF. Berikut sejumlah rekomendasi dari dokter kulit.

1. Jangan Menjilat Bibir

Menjilat bibir adalah reaksi alami ketika bibir terasa mengering. Faktanya, menurut dokter kulit Jacquiline Habashy-Hakim, itu adalah kebiasaan yang perlu dihentikan. Mengapa demikian? Sebab tindakan tersebut membuat air liur menguap dengan cepat, sehingga membuat bibir lebih kering dari sebelumnya.

Selain itu, enzim dalam air liur dapat memecah kulit halus di bibir, yang menyebabkan iritasi dan pecah-pecah.

2. Hindari Produk yang Mengiritasi

Lihatlah kandungan produk bibir Anda dan produk perawatan kulit yang menyentuh bibir Anda untuk memastikan Anda tidak secara tidak sengaja menerapkan bahan-bahan yang mengiritasi.

“Hindari produk dengan bahan-bahan yang mengiritasi secara umum, seperti wewangian, mentol, kapur barus, kayu putih, dan lilin lebah,” kata dokter Habashy-Hakim mengingatkan.

3. Gunakan Lip Balm dengan SPF

Kandungan SPF pada lip balm bisa meminimalkan kekeringan bibir sekaligus meminimalkan potensi kanker kulit dan penuaan dini. “Menggunakan lip balm dengan SPF di siang hari, atau ketika di luar ruangan, bisa menjadi pelembap dan protektif terhadap kerusakan UV,” kata dokter Habashy-Hakim.

4. Lapisi Produk Bibir

Mirip dengan kulit lainnya, bibir mendapat manfaat dari pendekatan hibrida hidrasi (berbasis air) dan pelembap (berbasis minyak). Cari produk dengan keduanya, seperti lip balm obat Blistex, kemudian menerapkan produk oklusif di atasnya seperti Vaseline atau minyak bibir yang dapat membantu mengunci semuanya.

5. Re-apply Setiap Dua Jam

Produk bibir apa pun yang Anda gunakan, aplikasikan kembali atau reapply setiap dua jam. “Sering menggunakan kembali produk bibir sangat penting karena menjilati bibir dan aksi lainnya cenderung mengurangi produk,” kata dokter Mraz.

"Re-apply setidaknya setiap dua jam dan lebih sering untuk mereka yang memiliki kebiasaan menjilati bibir, atau setelah minum, makan, atau berciuman," ucapnya.

6. Perawatan secara Berkala

Seiring dengan produk perawatan bibir secara harian, pertimbangkan perawatan bibir mingguan atau dua mingguan untuk meningkatkan kelembapan. Ini biasanya diformulasikan dengan bahan hidrasi dan bergizi yang menjaga kerutan Anda dalam kondisi yang baik.

Pilihan Editor: Penyebab Bibir Kering saat Hamil beserta Cara Mengatasinya

REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."