5 Negara Paling Damai di Dunia, Memperingati World Tourism Day 2024

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
kota reykjavik Islandia (Pixabay.com)

kota reykjavik Islandia (Pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - World Tourism Day diperingati setiap 27 September setiap tahunnya. World Tourism Day 2024 dipusatkan di Tblisi, Georgia, dan mengusung tema perdamaian. UN Tourism ingin menyoroti peran pariwisata sebagai katalis untuk mendorong perdamaian dan pemahaman antara negara.

Zurab Pololikashvili, Sekretaris Jenderal Pariwisata PBB mengatakan pariwisata global memiliki peran untuk perdamaian, di tengah perang dan ketidakamanan saat ini. "Pariwisata mempunyai posisi yang tepat untuk melakukan hal tersebut. Sektor kami adalah sektor yang paling banyak menampung manusia. Setiap perjalanan mengarah pada koneksi. Pariwisata menyatukan dan mendekatkan dunia. Pariwisata membangun kepercayaan dan rasa hormat," ujarnya.

Untuk memperingati World Tourism Day, berikut ini negara-negara terdamai yang diurutkan berdasarkan Indeks Perdamaian Global 2024. Negara-negara ini bisa menjadi destinasi liburan berikutnya.

1. Islandia

Sejak tahu 2008, Islandia selalu menduduki posisi teratas dalam Indeks Perdamaian Global. Salah satu negara berpenduduk paling sedikit di Eropa, negara kepulauan Nordik ini menawarkan pemandangan dramatis dan hutan belantara yang melimpah dan belum tersentuh.

Dari gunung berapi dan gletser hingga pantai berpasir hitam dan ladang lava, keindahan Islandia akan memanjakan indera penglihatan. Kalau traveling ke Islandia saat waktu terbaik dari September hingga Maret, mungkin bisa melihat aurora yang menakjubkan. 

2. Irlandia

Langit malam Pulau Stewart, Southland New Zealand. Foto: Sandra Whipp 15

Irlandia menempati peringkat kedua dalam Indeks Perdamaian Global. Penuh dengan situs ikonik seperti Cliffs of Moher, Emerald Isle, Galway, Rock of Cashel, dan Taman Nasional Killarney, negara ini bisa menjadi daftar destinasi liburan berikutnya.

Terutama bagi penggemar Game Of Thrones, karena banyak adegan diambil di Irlandia Utara, termasuk Pegunungan Morne, Pelabuhan Ballintoy, Taman Hutan Tollymore, dan Dark Hedges.  

3. Austria

Austria adalah negeri ajaib musim dingin yang menawarkan banyak aktivitas seperti ski, tur lintas alam, freeriding, tobogganing, dan banyak lagi untuk wisatawan.

Berada di peringkat ketiga dalam Indeks Perdamaian Global, yang membedakan negara ini adalah semangat menyambut masyarakatnya dan pendekatan hidup yang unik, yang juga dikenal sebagai "Lebensgefühl".

4. Selandia Baru

Di peringkat keempat dalam daftar Indeks Perdamaian Global, Selandia Baru adalah rumah bagi beberapa tujuan wisata ikonik seperti Milford Sound, Gletser Franz Josef, Hobbiton, dan banyak lagi.

Selain itu, negara ini memiliki reputasi untuk petualangan luar ruangan, termasuk selancar, ski, kayak, tramping, dan berlayar. Perpaduan budaya yang kaya, bentang alam yang mempesona, serta flora dan fauna yang unik menjadikannya destinasi yang wajib dikunjungi.

5. Singapura

Turis China berpose di Merlion Park, Singapura (7 Januari 2023). REUTERS/Caroline Chia

Negara yang berada di urutan kelima dalam daftar Indeks Perdamaian Global adalah Singapura. Negara ini mungkin merupakan pusat keuangan global, namun juga merupakan rumah bagi situs warisan dunia yang paling menakjubkan, bandara kelas dunia dengan pemandangan air terjun, mal mewah, dan tujuan wisata yang luar biasa.

Beberapa tempat yang wajib dikunjungi adalah Gardens by the Bay, Merlion Park, Kuil Relik Gigi Buddha, Singapore Botanic Gardens, dan pusat jajanan jajanan kaki lima yang lezat.  

Pilihan Editor: Mengulik Keindahan Danau Como di Italia

YUNIA PRATIWI | HINDUSTAN TIMES | EURONEWS

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."