Perjalanan Karier Avril Lavigne yang Berulang Tahun ke-40

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Avril Lavigne. Foto: Instagram/@avrillavigne

Avril Lavigne. Foto: Instagram/@avrillavigne

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Penyanyi punk rock Avril Lavigne kini menapaki usia 40 tahun. Dia dikenal sebagai biduan dan penulis lagu asal Kanada yang lahir di Ontario, Kanada pada 27 September 1984. Dia dihormati di dunia musik rock.

Avril terkenal sebagai penyanyi rock yang sukses sejak remaja. Ia mendapat julukan "Punk Princess", tersebab aliran yang dibawakannya plus pakaian punk dan rambutnya yang berwarna-warni. 

Dilansir dari Britannica, sejak umur dua tahun, Avril telah menunjukkan bakat bernyanyi. Saat memasuki usia remaja, Lavigne yang dibesarkan di Napanee, Ontario, mulai tampil di acara lokal di kotanya. Sejak itu, produser mulai memperhatikan Avril karena kemampuan bernyanyi yang dimilikinya.

Ia pernah memenangi kontes di hadapan 20 ribu penonton dan pernah memenangi kontes untuk duet dengan ikon pop dan balada Kanada, Shania Twain. Dengan Izin orang tuanya, Lavigne pun pindah ke New York bersama kakaknya. 

Karier Bermusik Avril Lavigne

Album pertamanya, Let Go dirilis pada 2002 dan berhasil meraih tujuh kali penghargaan platinum. Popularitas dan ketenarannya berlanjut dengan album Under My Skin (2004), The Best Damn Thing (2007), Goodbye Lullaby (2011), dan Avril Lavigne (2013).

Avril Lavigne pernah menulis lagu Alice untuk film Alice and The Wonderland (2010). Selain itu, ia memiliki peran suara dalam film animasi Over the Hedge (2006) dan muncul di film-film seperti Fast Food Nation (2006) dan The Flock (2007).

Pada 2007, dua penulis lagu menggugat Lavigne terkait lagu hitnya "Girlfriend," yang diklaim telah dijiplak dari lagu mereka tahun 1979 berjudul "I Wanna Be Your Boyfriend." Kasus ini diselesaikan di luar pengadilan.

Lavigne didiagnosis mengalami penyakit Lyme yang parah pada tahun 2014 dan memutuskan untuk berhenti tampil serta rekaman demi pemulihan. Perjuangan kesehatannya menginspirasi album studio keenamnya, Head Above Water (2019), dan Love Sux dirilis pada 2022. 

Penghargaan

Menurut Grammy Awards, beberapa penghargaan yang pernah diterima Avril Lavigne, yaitu:

1. Nominasi Song Of The Year lagu I’m With You dalam 46th Annual Grammy Awards

2. Nominasi Best Female Pop Vocal Performance lagu I’m With You dalam 46th Annual Grammy Awards

3. Nominasi Best Female Rock Vocal Perfomance lagu Losing Grip dalam 46th Annual Grammy Awards

4. Nominasi Song Of The Year lagu Complicated dalam 45th Annual Grammy Award

5. Nominasi Best New Artist dalam 45th Annual Grammy Award

6. Nominasi Best Female Pop Vocal Performance dalam 45th Annual Grammy Award

7. Nominasi Best Pop Vocal Album dalam 45th Annual Grammy Award

8. Nominasi Best Female Rock Vocal Performance dalam 45th Annual Grammy Award 

Pilihan Editor: Gaya Fashion Avril Lavigne di Paris Fashion Week 2023, Bawa Sentuhan Pop-Punk yang Dramatis

ANNISATUL FATHONAH | NOVITA ANDRIAN

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."