5 Penyebab Anak Tidak Patuh Terhadap Orang Tua

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi ibu dan anak. foto: Freepik.com/Racool_studio

Ilustrasi ibu dan anak. foto: Freepik.com/Racool_studio

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Apakah akhir-akhir ini anak Anda menjadi tidak patuh, bahkan memberontak? Ada banyak faktor yang menyebabkan anak tidak patuh terhadap orang tua. Perilaku ini dapat menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua untuk diatasi karena dapat menimbulkan konflik yang tidak perlu dalam hubungan, bahkan menyebabkan keretakan hubungan. Meski demikian, bukan berarti tidak bisa diatasi.

Maka dari itu, perlu mengetahui apa saja penyebab anak tidak patuh terhadap orang sebagai langkah awal mencari solusi terbaik.

1. Rasa Ingin Tahu

Rasa ingin tahu tentang berbagai hal merupakan pendorong utama anak-anak tidak patuh. Anak-anak secara alami ingin tahu tentang sesuatu yang dilarang untuk mereka sentuh atau nikmati. Rasa ingin tahu alami mereka sering kali membuat mereka menjelajahi tindakan atau benda terlarang. Walhasil, tindakan tersebut dapat berkembang menjadi kebiasaan jika batasan yang tepat tidak ditegakkan.

2. Penuh Tekanan di Rumah

Kondisi rumah yang penuh tekanan juga berperan penting dalam mengubah perilaku anak. Ketegangan yang tidak pernah berakhir seperti konflik antarsaudara, pertengkaran orang tua, atau perselisihan dengan anggota keluarga besar menciptakan lingkungan yang negatif bagi anak. Menurut penelitian, anak-anak dari orang tua yang berpisah lebih rentan terhadap ketidakpatuhan dibandingkan dengan mereka yang tinggal dengan kedua orang tua.

3. Stres dan Depresi

Faktor ini dapat berperan penting dalam mengubah perilaku anak di sekitar Anda. Perundungan di sekolah dan konflik dengan teman sebaya dapat menyebabkan anak merasa stres dan tertekan, sehingga memantik perilaku mereka tidak menaati orang tua.

Selain itu, anak-anak yang menghadapi pelecehan seksual juga cenderung menolak arahan orang tua.

4. Pengaruh Buruk

Segala bentuk pengaruh buruk dari teman sebaya dapat mengubah perilaku anak. Anak-anak sering meniru tindakan teman atau saudara kandung yang tidak sopan. Pengaruh tersebut dapat menyebabkan mereka tidak patuh, berbohong, menipu, atau mencuri.

5. Coba-coba Melampaui Batasan

Ini adalah perilaku umum saat anak-anak menguji batasan yang ditetapkan oleh orang tua. Anak-anak sering kali menggunakan cara mereka sendiri untuk mengetahui seberapa jauh mereka dapat melampaui batas.

Untuk melakukan ini, mereka mungkin menentang instruksi untuk melihat reaksi orang tua, yang terkadang dapat menyebabkan situasi yang lucu atau membuat frustrasi. Dalam situasi seperti itu, orang tua disarankan untuk tidak menanggapi dengan marah atau berteriak. Sebaliknya, pahami alasan yang mendasari anak tidak patuh dan atasi dengan tenang.

Pilihan Editor: 10 Kebiasaan yang Menumbuhkan Sikap Positif Anak

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."