Normalisasi Makan Sendiri di Restoran, Ini Manfaat Makan Tanpa Teman

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wanita makan. Freepik.com

Ilustrasi wanita makan. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Saat melihat orang makan sendiri di restoran, sebagian orang mungkin berpikir ia tak punya teman, pasangan, atau keluarga. Padahal penyebabnya mungkin beragam, termasuk sedang tugas di kota lain dan tak punya kenalan atau teman makan.

Kini, sebagian orang justru disebut lebih senang makan sendiri di restoran, warung, atau rumah makan. OpenTable, perusahaan reservasi restoran online, mendapatkan fakta 60 persen orang yang makan di restoran sendiri dalam 12 bulan terakhir. Bahkan pada generasi lebih muda seperti Gen Z atau milenial, angka itu lebih tinggi, 68 persen.

"Ada kepercayaan makan sendiri di restoran berhubungan dengan kesepian atau kurang hubungan sosial, yang banyak dihindari kebanyakan orang," jelas psikolog klinis dan pakar diet  Dr. Supatra Tovar kepada HuffPost.

Sejak pandemi Covid-19, semakin banyak orang yang bersantap sendiri di restoran. Lupakan soal kesepian, berikut manfaat makan tanpa teman.

1. Mindful eating

Manfaat terbesar makan di restoran sendiri adalah lebih fokus pada makanan atau mindful eating. "Saat bersantap sendiri, kita berkesempatan untuk mempraktikan mindfulness, benar-benar berfokus pada rasa, tekstur, dan menikmati makanan tanpa gangguan dari luar," kata Tovar.

Mindful eating adalah konsep makan dengan penuh kesadaran, di mana seseorang menjaga kesadarannya saat mengonsumsi makanan dan minuman. Konsep ini melibatkan emosi dan perasaan seseorang, serta membantu mengenali dan mengatasi sensasi fisik yang bisa membuat makan berlebihan.

2. Tingkatkan kemandirian

Saat makan sendiri, satu-satunya orang yang mengakomodasinya adalah diri sendiri. Tovar menyebut makan sendiri bisa leluasa memilih hidangan sesuai pilihan tanpa dipengaruhi selera orang lain. Makan dengan teman bisa mempengaruhi pilihan makanan.

3. Menambah kepercayaan diri

Makan sendiri juga berdampak pada persepsi sendiri. Anda lebih percaya diri dengan situasi yang dihadapi dan tak peduli pandangan orang lain. Tak ada yang mengejek jika Anda makan banyak atau memilih menu yang tak biasa.

Pilihan Editor: 6 Tips Mengajak Anak Makan Malam di Restoran Mewah saat Liburan ke Luar Negeri

YAYUK WIDIARTI 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."