8 Istilah Baru untuk Tren Liburan 2025: Nostalgication hingga Flexiscape

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Ilustrasi foto liburan. Freepik.com

Ilustrasi foto liburan. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Hotel Hilton membagikan Laporan Tren 2025, hasil riset tentang traveler dalam berwisata. Penelitian pada wisatawan ini menunjukkan pentingnya pengaturan tidur dalam merencanakan liburan. Sebanyak 59 persen wisatawan mengaku lebih nyenyak tidur sendirian. Bahkan 11 persen memesan kamar berbeda dengan pasangan. 

Lantas, sebanyak 47 persen orang memilih tempat tidur atau kamar yang berbeda, karena ingin mendapatkan tidur malam yang nyenyak. Sedangkan 28 persen lainnya memiliki preferensi tidur yang berbeda dengan pasangannya.

Laporan ini juga menciptakan delapan istilah baru untuk perilaku perjalanan yang sedang berkembang. Tren pasangan yang memesan kamar atau tempat tidur berbeda disebut "The Great Sleep Split".

Respondennya lebih dari 13 ribu wisatawan dewasa dari Australia, Brasil, Tiongkok, Jerman, India, Jepang, Meksiko, Arab Saudi, Singapura, Türkiye, UEA, Inggris, dan Amerika Serikat.

“Laporan Tren 2025 kami menunjukkan bahwa istirahat dan memulihkan tenaga terus menjadi motivasi utama untuk bepergian, dan menjelajahi destinasi nostalgia bersama keluarga," kata Simon Vincent, wakil presiden eksekutif dan presiden Eropa, Timur Tengah dan Afrika di Hilton, seperti dilansir dari laman Express UK.

Selain tren pasangan yang memesan kamar terpisah, tren hubungan lain yang meningkat pada tahun 2025 adalah "Ex-cursion". Sebanyak 34 persen orang yang putus cinta segera memesan perjalanan bersama teman.

Bagi orang tua, sebanyak 45 persen melakukan ‘Nostalgication". Mereka mengajak anak ke destinasi yang pernah mereka kunjungi semasa kecil. Sedanngka 51 persen orang tua memilih untuk membawa anak-anak mereka bepergian berdasarkan tempat-tempat yang selalu mereka impikan untuk dijelajahi ketika mereka masih kecil.

Tren Liburan 2025

Menurut penelitian Hilton, berikut ini delapan tren perjalanan 2025. 

1. The Great Sleep Split

Seperti yang dijelaskan sebelumnya di mana wisatawan memesan kamar atau tempat tidur terpisah saat liburan, sehingga bisa mendapatkan tidur malam yang lebih nyenyak.

2. Me-Mooning 

Istilah ini menggambarkan tentang solo traveling yang semuanya tentang Anda

3. Nostalgication

Liburan yang membawa wisatawan mengingat kembali kenangan-kenangan saat masih kecil

4. Kidcation

Tren liburan untuk anak-anak berpetualang.

5. DINKury Destination

Tren liburan pasangan yang berpenghasilan ganda tanpa anak menjelajahi beragam destinasi.

6. Ex-cursions

Melakukan perjalanan setelah putus cinta untuk melepas lelah dan patah hati.

7. Spontanitrip

Ketika wisatawan merasakan sensasi yang tidak diketahui, berangkat berlibur tanpa rencana - hanya spontanitas murni.

8. Flexiscape

Saat Anda memadupadankan gaya liburan yang berbeda, menyeimbangkan relaksasi dengan petualangan untuk menciptakan liburan lengkap yang sempurna.

Nah, Sahabat Cantika, itu dia 8 istilah untuk tren liburan 2025. Mana nih yang cocok dengan agenda liburanmu?

Pilihan Editor: World Tourism Day 2024, 8 Barang Ini Wajib Dibawa saat Traveling

YUNIA PRATIWI 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."