11 Cara Mencegah Foundation Alami Oksidasi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita menggunakan foundation makeup. Freepik.com

Ilustrasi wanita menggunakan foundation makeup. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pernahkah Anda alami riasan atau makeup yang tadinya sempurna tiba-tiba berubah warna menjadi lebih gelap, keabu-abuan, atau bahkan oranye? Jika iya, itu merupakan proses kimia yang disebut oksidasi. Ketika formula alas bedak atau foundation alami oksidasi, maka mengubah tampilan dasar menjadi warna yang tidak diinginkan. Faktor oksidasi foundation bisa dari tekstur kulit dan jenis formula alas bedak.

Agar hal itu tidak terjadi, ada baiknya kita mengetahui beberapa cara mencegah foundation alami oksidasi menurut pakar kulit dan penata rias.

1. Wajah dalam Kondisi Bersih

Hal ini mungkin tampak seperti sederhana dan sepele, tapi memiliki kulit yang bersih sangat penting untuk kesehatan kulit. Jangan pernah mengaplikasikan alas bedak di atas wajah yang belum dicuci bersih, apalagi jika ada sisa riasan dari hari sebelumnya.

Hal itu bisa menyebabkan warna riasan yang tidak serasi dan berbagai masalah lainnya. Pastikan untuk membersihkan wajah setiap pagi sebelum menggunakan produk atau riasan apa pun.

2. Jangan Lewatkan Toner

Menggunakan toner wajah sangat penting untuk menyeimbangkan pH kulit dan menyerap minyak berlebih yang mungkin tertinggal setelah membersihkan wajah. Menurut dokter kulit Joshua Zeichner, oksidasi foundation lebih sering terjadi pada orang yang memiliki kulit berminyak. Jadi, menghilangkan minyak berlebih di wajah sebelum mengaplikasikan riasan adalah langkah awal yang penting untuk mencegah oksidasi.

3. Pakai Formula Perawatan Kulit Berbahan Dasar Air

Penata rias selebriti Hollywood, Jamie Greenberg merekomendasikan untuk memilih formula perawatan kulit berbahan dasar air atau natural ketimbang bahan minyak. Sebab semakin Anda dapat menghindari produk berbasis minyak, semakin kecil risiko foundation Anda alami oksidasi.

4. Aplikasikan Primer

Menurut ahli kimia kosmetik Ginger King, foundation terbuat dari pigmen yang dapat berubah warna saat bereaksi dengan partikel di udara. Minyak pada kulit atau dalam formula foundation itu sendiri dapat teroksidasi, menyebabkan perubahan warna, bahkan bau tengik.

Dokter Zeichner menjelaskan bahwa mengaplikasikan primer sebelum foundation dapat membantu menyerap minyak berlebih dan menciptakan lapisan dasar yang netral agar foundation dapat menempel dengan baik.

"Penggunaan primer mattifying atau setting spray dapat membantu dalam mengendalikan minyak berlebih di wajah," ucapnya dikutip dari laman Byrdie.

5. Pilih Foundation yang Tepat

Greenberg menjelaskan bahwa tidak semua alas bedak mengalami oksidasi, sehingga penting untuk mencoba berbagai pilihan yang paling cocok untuk kulit Anda.

Foundation formula bubuk umumnya tidak terlalu bermasalah, tetapi bubuk juga mengandung pigmen seperti oksida besi,” kata King. Dia menambahkan bahwa oksidasi terjadi lebih cepat pada formula cair, jadi pemilihan yang tepat sangat penting.

Namun, ada bahan tertentu yang dapat membantu mengurangi risiko foundation alami oksidasi. “Menambahkan antioksidan seperti vitamin E dalam formulanya dapat memberikan perlindungan tambahan,” kata King.

6. Gunakan Aplikator, Bukan Jari

Karena minyak dan kontaminan lain dari tangan dapat memicu reaksi foundantion, jadi penting untuk menggunakan spons aplikator atau kuas alas bedak. Dengan cara ini, aplikasi akan lebih halus dan sempurna. Selain itu, menurut dokter Zeichner, menggunakan alat aplikasi akan menjaga integritas alas bedak dan mencegah oksidasi.

7. Bersihkan Minyak Berlebih

Menghapus minyak berlebih dari wajah sebelum dan setelah mengaplikasikan foundation sangat penting. Jika wajah Anda mulai terlihat berminyak sepanjang hari, gunakan kertas penyerap untuk menyerap minyak tanpa meninggalkan residu di kulit.

“Bagi yang memiliki kulit berminyak, alas bedak mungkin teroksidasi lebih cepat, terutama dalam cuaca panas dan lembap,” kata King.

8. Gunakan Setting Spray atau Bedak

Dokter Zeichner menjelaskan bahwa menggunakan setting spray atau bedak tabur dapat membantu mengurangi oksidasi. Dia menyatakan bahwa produk tersebut berfungsi untuk menyerap minyak berlebih, sehingga dapat menurunkan risiko terjadinya reaksi antara pigmen dalam riasan dan kulit.

9. Perhatikan Masa Pakai

Dokter Zeichner mencatat bahwa rata-rata masa pakai alas bedak adalah sekitar 12-18 bulan. Jadi, jika Anda tidak menggunakannya setiap hari, perhatikan berapa lama produk tersebut berada di rak Anda.

Jika Anda menggunakan alas bedak setelah tanggal kedaluwarsa, teksturnya akan terlihat kering dan menggumpal, serta kemungkinan besar akan teroksidasi karena minyak yang terpisah dan naik ke atas.

10. Cara Penyimpanan

Untuk mencegah oksidasi foundation, cara penyimpanan juga berperan penting. King menyarankan agar produk dijauhkan dari panas, cahaya, sinar UV, dan udara. Wadah yang kedap udara sangat dianjurkan untuk penyimpanan foundation.

11. Rutin Membersihkan Kuas

Merawat kuas rias dengan rutin akan memastikan mereka berfungsi secara optimal dan menjaga integritas produk. Minyak berlebih yang tertinggal pada kuas dapat menyebabkan foundation alami oksidasi, sehingga penting untuk membersihkan kuas dan spons secara rutin, setidaknya setiap minggu atau dua minggu sekali.

Pilihan Editor: 5 Tips Memilih Warna Foundation Sesuai Skin Tone

ZHAHIRA REKA FIRDANIA | BYRDIE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."