Intip Gaya Fashion Batik Para Artis, dari Andien hingga Raline Shah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Andien mengenakan koleksi Batik Danar Hadi/Foto: Instagram/Andien

Andien mengenakan koleksi Batik Danar Hadi/Foto: Instagram/Andien

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sejumlah artis tampil mengenakan batik di akun Instagram mereka. Mereka berbagi momen indah, dengan menampilkan keindahan motif dan warna batik, serta mengajak pengikut untuk melestarikan warisan budaya ini. Kini, banyak artis yang memilih batik sebagai fashion elegan, memadukan gaya tradisional dengan sentuhan modern untuk menciptakan tampilan yang menarik.

Batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang terkenal akan keindahan motif dan warna yang khas, serta teknik kain pembuatan tradisionalnya.  Tepat pada hari ini, 2 Oktober 2024 diperingati sebagai Hari Batik Nasional di Indonesia. Banyak masyarakat Indonesia mulai dari anak sekolah hingga pejabat sekalipun memakai batik, sebagai betuk apresiasi  terhadap budaya di Indonesia. 

Inspirasi dari keindahan motif yang beragam dari yang klasik hingga modern, tidak hanya mencerminkan budaya Indonesia tetapi memberikan karakter tersendiri pada penampilan mereka. Berikut ini adalah beberapa artis yang mengenakan batik dalam rangka merayakan Hari Batik Nasional 2024.

Yuk simak artikel sampai tuntas yaa!

1. Andien

Dalam postingan akun pribadinya, ia mengunggah dirinya memakai busana batik dengan kombinasi modern dan tradisional yang di desain oleh Danar Hadi. Atasan yang ia kenakan berupa blus hitam tanpa lengan dengan manik-manik yang berkilau, memberikan kesan yang elegan dan glamor. Blus tersebut dipadukan dengan rok panjang batik bermotif dengan warna dominan biru gelap dan putih, memberikan tampilan yang sangat menarik. 

Ia juga memakai selendang batik dengan motif yang sama dan disampirkan di pundak, selendang tersebut untuk melengkapi keindahan busananya. Motif ini tampaknya terinspirasi dari varian motif parang namun ada kombinasi dengan motif lain. 

Selain itu ia juga menambahkan aksesoris seperti anting besar, ditambah gaya rambut yang di sanggul ke belakang dan make up yang flawlees namun elegan untuk memperkuat tampilan yang berkelas.

2. Dian Satro

Dian sastro, artis yang mengunggah foto lamanya mengenakan busana batik pada tahun 2006. Tampilannya tersebut memancarkan pesonanya yang klasik dengan wajah yang natural. 6 slide foto yang ia unggah mengingatkan akan perjalanan batik dalam dunia fashion, yang terus berkembang seiring waktu.

3. Maudy Koesnaedi

Dalam stories instagramnya, ia menunjukkan batik yang ia pakai dengan model kelelawar pada dirinya dengan dominan warna biru gelap dan putih dengan motif penuh kembang dan bunga diseluruh busananya. Ikat pinggang yang ia kenakan sebagai aksesoris tambahan berwarna abu metalik, memberikan kesan yang simple dan elegan.  

4. Ariel Tatum

Ariel Tatum/Foto: Instagram Stories/Ariel Tatum

‘Setiap motif menyimpan cerita, Selamat hari Batik nasional’, caption yang ariel tatum sampaikan di akun pribadinya. Artis yang pesonanya menawan ini tampil mengenakan batik dengan atasan yang cukup terbuka, memadukan warna coklat tua dan krem. 

Kain batik bawahannya berwarna krem kekuningan dengan motif diamond yang dipadu dengan warna merah oren. Ia juga melengkapi penampilannya dengan selendang merah menyala, pemberian dari Retno Damayanti, perancang kostum dan penata rias terkenal Indonesia.

Gaya artis berbatik yang mereka tampilkan tidak hanya menunjukkan kecintaan terhadap tradisi, tetapi juga menginspirasi banyak orang untuk melestarikannya. Mari kita dukung penggunaan batik sehari-hari dan bangga mewariskan budaya ini. 

5. Raline Shah

Aktris Raline Shah mengunggah foto saat membatik di Hari Batik Nasional. Menurut dia Batik adalah sebuah warisan budaya yang tak hanya menghiasi kain, tapi juga memperkaya identitas kita sebagai Bangsa Indonesia.

"Lestarikan Batik dengan membeli batik tradisional, bangga dan sering memakai batik dan mengunjungi workshop atau pabrik batik untuk mengapresiasi proses kesenian membatik," tulis Raline. 

Dalam foto yang diunggaj, Raline mengenakan one set polos warna kuning gading yang dipadukan outer vest bentuk apront warna keemasan. Foto lainnya ia tampil chic berbalut kemeja stripes biru dengan padanan Batik motif kawung. 

Selamat Hari Batik Nasional!

Pilihan Editor:

ZHAHIRA REKA FIRDANIA 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika


Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."