4 Cara Mengetahui Undertone, Bisa Melalui Baju Putih atau Perhiasan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kulit wajah/Foto: Freepik

Ilustrasi kulit wajah/Foto: Freepik

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Mengetahui rona kulit atau undertone membantu untuk pemilihn produk kecantikan, termasuk alas bedak atau foundation dan concealer. Dengan begitu, Anda bisa mencegah munculnya garis demarkasi di wajah. Tak cuma itu, Anda terhindar pula dari risiko kulit terlihat pucat atau abu-abu dan mencegah oksidasi formula.

Oiya perlu diketahui ada tiga jenis undertone, yaitu hangat (warm), dingin (cool), netral (neutral).

Undertone hangat termasuk keemasan, kuning, atau peachy.

Undertone dingin termasuk merah muda, merah, atau biru.

Undertone netral termasuk campuran hangat dan dingin.

Cara Mengetahui Undertone Skin

Ada beberapa cara menentukan undertone yang bisa dicoba menurut penata rias.

1. Baju Putih

Ambil baju putih polos tanpa motif atau selembar kertas putih. Dalam cahaya yang terang dan alami, dekatkan baju ke wajah Anda. Jika kulit Anda terlihat merah muda atau kemerahan, itu berarti undertone Anda cool.

Jika wajah terlihat lebih kuning, berarti undertone Anda hangat. Jika wajah terlihat lebih baik dalam warna-warna putih atau krem daripada putih yang mencolok, itu adalah tanda lain bahwa Anda mungkin akan dihangatkan. 

Bila Anda bisa cocok di kedua warna, Anda mungkin memiliki undertone netral.

2. Lihat Reaksi Kulit terhadap Matahari

Reaksi kulit dari paparan sinar matahari juga bisa memberi tahu undertone. Jika kulit Anda mudah terbakar, berarti undertone Anda cool. Bila Anda baik-baik saja saat berjemur, undetone Anda warm. Jika Anda mudah terbakar dan tanning, kemungkinan undertone Anda netral.

3. Perhiasan

Ini sangat subjektif, tetapi Anda bisa menggunakan perhiasan emas versus perak untuk mengetahui undertone. "Perhiasan emas cenderung cocok dengan undertone warm, sementara aksesori perak sebagian besar selaras dengan undertone cool," kata penata rias Robert Sesnek dikutip dari laman Byrdie.

Jika Anda cocok dengan perhiasan emas atau perak, maka Anda mungkin memiliki undertone netral.

4. Cek Warna Pembuluh Darah

Penata rias Daniel Martin mengatakan bahwa memeriksa warna pembuluh darah salah satu cara untuk menentukan undertone. Anda direkomendasikan untuk melihat pembuluh vena di sekitar wajah dan leher untuk benar-benar mengidentifikasi undertone.

"Anda memiliki undertone dingin jika Anda dapat melihat vena biru di kulit Anda. Jika vena Anda tampak hijau di kulit (zaitun), undertone Anda hangat. Netral adalah campuran dari undertone hangat dan dingin," ucapnya.

Pilihan Editor: Rekomendasi Warna Rambut untuk Pemilik Undertone Hangat

BYRDIE 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."