Mengenal Doja Cat, Debut di Musik 10 Tahun Lalu

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Doja Cat. Foto: Instagram/@dojacat

Doja Cat. Foto: Instagram/@dojacat

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Rapper, Doja Cat bernama asli, Amala Ratna Zandile Dlamini. Dia lahir di lingkungan Tarzana, Los Angeles, Amerika Serikat pada 21 Oktober 1995. Kemudian dia pindah ke Rye, New York. Lalu, dia tinggal di New York selama lima tahun sebelum pindah kembali ke California.

Dari usia 8 tahun hingga 12 tahun, Doja Cat tinggal di Sai Anantam Ashram, sebuah komunitas Hindu di Santa Monica, California, yang dipimpin oleh istri musikus jazz John Coltrane, Alice. Selama di sana, Doja Cat belajar tari dari tradisi Bharatanatyam. 

Doja Cat menulis lagu pertamanya untuk ibunya saat ia baru berusia 8 tahun. Setelah berlatih balet, rap, jazz, dan break dance, Doja Cat melanjutkan pendidikannya di sekolah menengah seni pertunjukan. Ia mulai merekam rap melalui ketukan SoundCloud dan YouTube yang ada.

Doja Cat mulai membuat musik saat remaja yang dia rilis di SoundCloud. Suaranya memikat produser Dr. Luke, yang menawarkan kontrak kerja saat Doja Cat berusia 17 tahun ke label rekamannya pada 2013.

Da merilis album mini atau EP pertamanya, Purrr!, pada 2014. Empat tahun kemudian dia merilis album pertamanya, Amala pada Maret 2018. Album debut ini mencapai nomor 138 dalam Billboard 200. Singel kedua dari set tersebut, Candy,menembus Hot 100, memuncak di urutan ke-86. 

Video musik dan lagu Doja Cat Mooo! menjadi viral pada Agustus 2018 dan telah memacu popularitasnya. Dia telah merilis tiga album tambahan sejak itu, yakni Hot Pink (2019), Planet Her (2021), dan Scarlet (2023). 

Album kedua Hot Pink memuncak di nomor 9 Billboard dan menghasilkan lagu nomor 1 pertamanya, Say So yang berkolaborasi dengan Nicki Minaj. Album studio ketiga Planet Her mencapai puncak di nomor 2 Billboard, dan menghasilkan lagu hit Kiss Me More dengan SZA di urutan ketiga. Lagu ini juga memenangkan Grammy untuk penampilan duo atau grup pop terbaik.

Dia juga berkolaborasi dengan Ariana Grande, Megan Thee Stallion, Saweetie, Post Malone, dan lainnya. Doja Cat mendapat penghargaan Billboard's Powerhouse Award di acara Women in Music 2022 dan meraih sejumlah piala Grammy untuk Solo Pop Terbaik (2024), Video Musik Terbaik (2023), hingga Lagu Rap Terbaik (2022).

Pilihan Editor: Doja Cat Melapisi Tubuhnya dengan 30.000 Kristal Swarovski, Butuh Waktu 5 Jam

LINDA LESTARI

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."