4 Cara Mudah Detoks Pencernaan, Perbanyak Makan Serat hingga Puasa

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita makan buah dan sayur. shutterstock.com

Ilustrasi wanita makan buah dan sayur. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Detoks salah satu cara untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Lewat detoks, Anda dapat mengatur ulang sistem pencernaan dan membantu menyingkirkan racun yang mungkin telah disimpan dari waktu ke waktu. Berikut cara mudah detoks pencernaan yang bisa ditiru.

1. Minum Air Asin

Salah satu cara paling sederhana dan paling efektif untuk mendetoksifikasi sistem pencernaan adalah minum air asin. Minum campuran air hangat dan garam laut non-iodisasi, yang berfungsi sebagai pencahar alami, adalah obat tradisional. Dengan menyebabkan gerakan usus, menghilangkan limbah, dan menciptakan perasaan ringan, air asin membantu pembersihan usus.

Cobalah larutkan dua sendok teh garam laut dalam satu liter air hangat. Minumlah di pagi hari dengan perut kosong. Sangat penting untuk tetap terhidrasi dan berada di dekat kamar mandi selama beberapa jam ke depan, karena akan bereaksi dengan cepat.

Namun perlu diingat, metode ini tidak cocok untuk semua orang, terutama jika Anda menderita hipertensi.

2. Perbanyak Asupan Serat

Serat adalah pahlawan tanpa tanda jasa dari kesehatan pencernaan. Ini membantu memindahkan limbah melalui usus, mencegah sembelit dan mempromosikan buang air besar secara teratur. Diet kaya serat dapat secara alami mendetoksifikasi sistem pencernaan ibarat sapu yang membersihkan racun dan limbah.

Sumber serat yang baik termasuk buah-buahan, biji -bijian utuh, kacang -kacangan, dan sayuran hijau. Untuk membantu pencernaan yang lebih baik, cobalah menambahkan serangkaian serat yang larut dan tidak larut ke dalam makanan.

Oat dan apel memiliki serat larut, yang membantu dalam pelunakan tinja, tetapi biji -bijian dan sayuran utuh menyediakan serat yang tidak larut, yang meningkatkan berat badan dan mempercepat proses pencernaan.

3. Konsumsi Probiotik

Triliun bakteri berada di perut Anda berperan sangat penting untuk pencernaan dan detoksifikasi. Tingkat bakteri patogen yang tidak proporsional dapat menyebabkan gas, kembung, dan masalah pencernaan lainnya. Probiotik, juga dikenal sebagai bakteri "baik", dapat mendukung pemeliharaan harmoni dan keseimbangan usus.

Makanan kaya probiotik, termasuk dadih, membantu meningkatkan flora usus dan memfasilitasi pencernaan. Penggunaan probiotik yang sering mendorong penyerapan nutrisi, membantu dalam proses detoksifikasi alami tubuh, dan membantu menjaga keseimbangan bakteri di perut sehat.

4. Puasa

Puasa adalah metode tradisional untuk memungkinkan sistem pencernaan beristirahat dan mengatur ulang. Ketika Anda berpuasa untuk jangka waktu tertentu, tubuh Anda memiliki lebih banyak waktu untuk fokus pada penyembuhan dan pembersihan.

Salah satu pilihannya puasa intermiten, dengan aturan makan 16: 8. Yakni puasa selama 16 jam, kemudian waktu makan sebanyak 8. Dengan melakukan ini, Anda mengaktifkan sistem pencernaan untuk memperbaiki dirinya sendiri dan membantu menyingkirkan limbah beserta racun.

Pilihan Editor: 7 Cara Detoks Tubuh secara Alami

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."