Rutinitas Skincare Pagi dan Malam saat Kamu Berjerawat, Menurut Dokter Kulit

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita mengoles obat jerawat. shutterstock.com

Ilustrasi wanita mengoles obat jerawat. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jerawat adalah kondisi kulit umum saat kelenjar minyak tersumbat dengan sebum berlebih. Selain itu, menurut dokter kulit Brendan Camp, bakteri, perubahan hormon, dan pola makan juga bisa memicu munculnya jerawat. Karena berbagai penyebab tersebut, dia merekomendasikan rutinitas skincare pagi dan malam yang sesuai saat berjerawat.

Konsistensi dan rutin adalah kunci untuk mengatasi jerawat dan kulit yang rentan jerawat, seperti halnya jenis serta masalah kulit lainnya. Berikut rekomendasi dokter kulit untuk rutinitas perawatan kulit atau skincare pagi dan malam hari bagi yang berjerawat

Rutinitas Skincare Pagi saat Berjerawat

1. Membersihkan Wajah

Dokter kulit Arash Akhavan menyarankan mereka yang berjerawat dan memiliki kulit yang rentan jerawat untuk membersihkan wajah sebanyak dua kali sehari.

Jika kamu memiliki kulit berminyak, dia menyarankan untuk memulai rutinitas perawatan kulit pagi dengan pembersih bebas minyak yang mengandung asam salisilat. Hindari menggunakan spons atau skiat pengelupasan kulit yang abrasif meminimalkan peradangan traumatis kulit.

2. Toner (opsional)

Menggunakan toner adalah langkah tambahan yang membantu menghilangkan minyak ekstra dan kotoran dari kulit serta menyeimbangkan kembali pH kulit, yang biasanya sedikit asam. Mengingat beberapa toner bisa mengerinkan, jika kamu memiliki kulit yang lebih sedikit berminyak, lewati langkah ini. 

3. Obat Jerawat

Obat jerawat yang digunakan dalam langkah ini mungkin berbeda untuk semua orang, tetapi Camp mengatakan pagi hari adalah waktu yang ideal untuk mengobati jerawat. Pilihlah produk dengan kandungan aktif seperti asam salisilat, benzoil peroksida, dan belerang.

4. Melembapkan

Melembapkan kulit adalah langkah penting lainnya dalam rutinitas skincare pagi termasuk saat berjerawat.

"Lipid, atau lemak, di lapisan atas kulit membantu [retensi kelembaban] dan fungsi, menciptakan penghalang kedap air antara kulit kamu dan lingkungan," kata dokter Camp.

Melewati langkah ini bisa membuat kulit kering, rentan terhadap infeksi, atau penampilan yang kusam.

Saat memilih produk, dokter Camp menyarankan mencari kata 'non-komedogenik,' yang berarti produk tidak menyumbat pori-pori wajah.

5. Oleskan Tabir Surya

Perlindungan matahari yang tepat adalah langkah kunci untuk menjaga kulit yang sehat. Dokter Akhavan merekomendasikan penggunaan tabir surya dengan kandungan niacinamide anti-inflamasi di dalamnya.

Setelah itu, kamu siap menerapkan riasan berbasis mineral bebas minyak favorit.

Rutinitas Skincare Malam Saat Berjerawat

1. Membersihkan Wajah

Membersihkan wajah di malam hari menghilangkan minyak yang diproduksi di siang hari, serta kotoran, makeup, dan kotoran lain seharian, menurut dokter Camp. Bagi mereka yang memiliki jerawat parah, pertimbangkan pembersih wajah lembut atau micellar water.

2. Toner (opsional)

Jika kamu memutuskan untuk menambahkan toner ke rutinitas skincare pagi, kamu juga dapat menerapkannya di malam hari.

3. Obat Jerawat

Rekomendasi obat jerawat biasanya sesuai kondisi setiap individu, tetapi pilihlah yang lembut seperti mengandung asam azelaic berasal dari biji -bijian. "Asam azelaic membantu membunuh bakteri, mengelupas kulit mati, dan mencerahkan kulit kulit," ucap dokter Camp. Dia dan dokter Akhavan merekomendasikan suspensi asam azelaic biasa 10 persen, konsentrasi terkuat yang tersedia tanpa resep.

Sementara itu, Retin-A hanya tersedia dengan resep. "Retinoid bekerja untuk mencegah jerawat dengan mengatur atau menormalkan proses pergantian sel, yang mencegah pori-pori tersumbat," ujarnya.

4. Melembapkan

Berbeda dengan di pagi hari, pelembap malam atau krim malam tidak boleh mengandung SPF. Sebaliknya, cari pelembap yang mengandung turunan retinoid atau asam hialuronat, humektan yang menarik molekul air ke kulit.

5. Pertimbangan Lainnya

Selain mengikuti urutan aplikasi di atas yang direkomendasikan dokter kepada pasien jerawat, patikan pula menerapkan produk dari yang paling tipis ke yang paling tebal.

Sebagian besar pasien dengan kulit rentan jerawat mungkin harus membatasi jumlah produk yang digunakan, karena terlalu banyak produk yang dapat menyebabkan iritasi kulit dan berpotensi memblokir pori-pori wajah.

Dan perlu diingat, tidak ada perawatan jerawat yang menunjukkan hasil dalam semalam. Dokter Camp biasanya merekomendasikan pasien menggunakan produk jerawat resep setidaknya selama 8 hingga 12 minggu secara konsisten sebelum memutuskan apakah itu membantu atau tidak membantu, kecuali produk tersebut menyebabkan iritasi kulit atau ruam.

Pilihan Editor: 10 Skincare Terbaik untuk Jerawat Punggung Agar Mulus Seperti Bayi

BYRDIE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."