Minyak Zaitun atau Minyak Rosemary, Mana Lebih Baik untuk Rambut Kamu??

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi minyak zaitun. (Foto: Pexels/Piyabay)

Ilustrasi minyak zaitun. (Foto: Pexels/Piyabay)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada beragam minyak alami untuk mendukung kesehatan rambut yang sudah digunakan sejak berabad lalu. Proses meminyaki rambut berperan penting untuk mencegah rambut rusak hingga mendorong pertumbuhan rambut. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kita perlu memilih minyak rambut yang cocok untuk kebutuhan rambut. Nah, kali ini kita mengulik mana lebih baik minyak zaitun atau minyak rosemary untuk rambut.

Manfaat Minyak Rosemary untuk Rambut

Minyak rosemary memiliki sifat anti-inflamasi, anti-oksidan, anti-tumorigenik, antimikroba, dan sifat antinokasi yang mendorong pertumbuhan rambut dan mencegah kerusakan rambut dengan melapisi rambut.

Minyak rosemary juga mengurangi iritasi kulit kepala untuk masalah ketombe. Minyak ini pun membantu meningkatkan aliran darah di kulit kepala dan meningkatkan sirkulasi untuk mempertahankan pertumbuhan rambut.

Oiya perlu kita ingat bersama, minyak rosemary harus selalu digunakan semalaman untuk melihat perubahan secara bertahap

Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut

Minyak zaitun kaya akan asam oleat dan asam lemak omega-9. Minyak ini juga kaya lipid dan antioksidan yang menyehatkan helai demi helai rambut.

Dengan beragam kandungan baik tersebut, minyak zaitun dengan mudah menembus helai rambut dan menciptakan lapisan pelindung di sekitar permukaan rambut dari sinar UV, polusi, atau radikal bebas lainnya.

Minyak zaitu juga mengurangi pembengkakan di akar dan kulit kepala seperti ketika akar rambut kadang-kadang membengkak menjadi sangat rapuh sehingga mengakibatkan kerontokan rambut. Oleh karena itu, minyak zaitun melindungi rambut dari kerusakan rambut, kerontokan rambut, dan kekeringan, tetapi bukan pilihan yang ideal untuk pertumbuhan rambut.

Minyak Rosemary vs Minyak Zaitun

Jika kamu ingin pertumbuhan rambut dengan kilau, maka pilihlah minyak rosemary. Minyak tersebut tidak hanya mempromosikan pertumbuhan rambut, tetapi juga memperkuat helai rambut, mengatasi ketombe, dan meningkatkan kilau keseluruhan.

Di sisi lain, minyak zaitun menyehatkan dan memperkuat rambut, menjaga kulit kepala tetap lembap, dan mengurangi keriting dari helai rambut. Tetapi minyak zaitun tidak memiliki peran dalam merangsang pertumbuhan rambut.

Keduanya dapat digunakan langsung di kulit kepala dan juga dapat digunakan sebagai minyak pembawa tergantung pada kebutuhan kamu.

Untuk cara pemakaian terbaik, baik minyak zaitun atau minyak rosemary, tuang minyak secukupnya di ujung jari. Lalu oleskan secara lembut dimulai dari ujung rambut, tengah, hingga ke akar rambut. Kemudian pijat ringan kulit kepala sekitar 15 menit untuk membantu penyerapan minyak. Namun, jika kamu memiliki kulit kepala berminyak, hindari menggunakan minyak zaitun karena memiliki konsistensi yang tebal.

Pilihan Editor: Serba-Serbi Minyak Rambut: Jenis, Cara Memilih, Manfaat, dan Cara Pemakaian yang Tepat

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."