Erina Gudono Pasang Konten Instagram Berlangganan, Apa Saja Fitur dan Benefitnya?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi Instagram. Foto: Canva

Ilustrasi Instagram. Foto: Canva

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Lama tidak mengunggah konten setelah kontroversi unggahan roti dan jet pribadi beberapa waktu lalu, kini Erina Gudono diketahui telah memasang konten instagram berlangganan. Sekarang hanya para followers berlangganan yang bisa melihat unggahan story Erina. 

Instagram telah berkembang pesat selama beberapa tahun terakhir, secara konsisten meluncurkan fitur-fitur baru yang dirancang untuk meningkatkan keterlibatan kreator dan peluang monetisasi.

Salah satu tambahan yang paling signifikan adalah Instagram Subscriptions, alat inovatif yang memungkinkan kreator untuk menawarkan konten eksklusif dan keuntungan khusus kepada pengikut mereka yang paling setia dengan imbalan biaya bulanan.

Kreator konten dapat menetapkan harga untuk konten eksklusif yang dibayar pelanggannya setiap bulan. Ada delapan opsi harga untuk dipilih kreator konten, mulai dari 0,99 dolar AS (Rp 14,8 ribu) per bulan hingga 99,99 dolar AS (Rp 1,5 juta) per bulan. 

Fitur ini mencerminkan tren yang berkembang di antara kreator yang mengadopsi model langganan untuk menghasilkan aliran pendapatan yang berkelanjutan.

Apa itu Instagram Berlangganan?

Ini adalah layanan yang memungkinkan kreator untuk menawarkan konten eksklusif dan pengalaman unik kepada pengikut mereka yang paling setia dengan imbalan biaya bulanan berulang. Fitur langganan Instagram saat ini tersedia di negara-negara terbatas, dengan rencana untuk meluncurkannya secara global. Ini adalah cara sederhana untuk menambah aliran pendapatan tambahan bagi para kreator dan influencer.

Langganan Instagram hadir dengan berbagai fitur yang memungkinkan kreator berinteraksi dengan pelanggan mereka dan menawarkan konten yang dipersonalisasi. 

Beberapa fitur utamanya meliputi:

1. Cerita pelanggan

Kreator dapat menawarkan cerita atau video langsung yang eksklusif untuk pelanggan mereka. Hal ini ditandai dengan lingkaran cerita berwarna ungu di sekitar foto profil Anda dan akan otomatis disimpan ke sorotan yang hanya dapat dilihat oleh pelanggan.

Obrolan pelanggan: Fitur ini memungkinkan pengiriman pesan langsung antara kreator dan pelanggan mereka, sehingga memungkinkan keterlibatan yang lebih dalam. Anda dapat menyelenggarakan sesi Tanya Jawab, berbagi pembaruan, dan bahkan mengobrol "tanpa alasan" dengan komunitas Anda.

2. Live  Pelanggan

Kombinasi sempurna antara Instagram Langsung dan Obrolan Pelanggan tradisional; Langsung Pelanggan memungkinkan Anda berbicara secara langsung dengan pengikut Anda yang paling setia.

Lencana Pelanggan

Lencana ini mencatat bahwa seorang pengikut adalah pelanggan Anda. Anda akan dapat melihat lencana ungu di samping nama mereka dengan cara yang sama seperti Anda melihat tanda centang biru di samping nama pengguna terverifikasi. Ini adalah cara mudah bagi pengikut Anda untuk tampil menonjol dan merasa istimewa.

3. Reels Eksklusif

Kreator dapat menawarkan konten premium, seperti cuplikan di balik layar, tutorial, dan vlog. Anda dapat mengeposkannya seperti konten biasa, tetapi sebelum menekan bagikan, ketuk opsi "bagikan hanya dengan pelanggan".

4. Siaran Instagram

 Fitur baru tempat Anda dapat membuat saluran pribadi untuk membagikan pesan atau pengumuman khusus pelanggan atau anggota. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang fitur ini, baca artikel kami sebelumnya.

Manfaat Instagram berlangganan 

Langganan Instagram menawarkan beberapa manfaat bagi kreator yang ingin memonetisasi akun mereka:

1. Mengembangkan bisnis kreator

Langganan Instagram memungkinkan kreator mengenakan biaya untuk konten mereka dan menawarkan pengalaman yang dipersonalisasi kepada pelanggan mereka. Hal ini dapat membantu mempertahankan bisnis mereka dan menarik audiens baru.

2. Aliran pendapatan yang dapat diprediksi

 Dengan aliran biaya bulanan berulang yang konsisten, kreator dapat membangun aliran pendapatan yang lebih dapat diandalkan dibandingkan dengan hanya bergantung pada sponsor atau kesepakatan merek. Prediktabilitas ini memungkinkan kreator untuk merencanakan keuangan mereka dengan lebih baik dan berinvestasi dalam konten mereka, sehingga meningkatkan stabilitas bisnis mereka secara keseluruhan. 

3. Keterlibatan yang lebih dalam

Langganan Instagram memungkinkan kreator untuk terhubung dengan penggemar mereka yang paling setia dengan cara yang baru dan lebih intim. Hal ini dapat membantu menumbuhkan rasa kebersamaan, dan kreator dapat menawarkan pengalaman yang lebih personal kepada audiens mereka. Penggemar mencari cara baru untuk terhubung dalam komunitas online mereka, dan opsi keanggotaan telah menjadi tren baru.

Pilihan Editor: Hiatus 5 Tahun, Meghan Markle Kembali ke Instagram dengan Akun Bisnis Baru

FOURTHWALL 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."