10 Model Baju Batik Elegan dan Mewah untuk Wanita

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Kaja Shibori by Happy Kurniasari menghadirkan nuansa denim dengan bahan batik yang chic modern di atas panggung Jogja Fashion Trend 2024/Foto: Doc. Asmat Pro

Kaja Shibori by Happy Kurniasari menghadirkan nuansa denim dengan bahan batik yang chic modern di atas panggung Jogja Fashion Trend 2024/Foto: Doc. Asmat Pro

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Baju batik wanita menawarkan beragam desain yang memikat. Setiap daerah di Indonesia memiliki corak dan motif batik yang unik, menceritakan cerita dan filosofi lokalnya sendiri.

Ada batik dengan motif flora dan fauna, ada pula yang menampilkan pola geometris yang rumit, dan tak jarang ada batik dengan motif naratif yang mengisahkan legenda atau mitos.

Selain itu, pilihan warna batik juga sangat beragam. Dari warna-warna cerah yang mencolok hingga warna-warna lembut yang elegan, batik wanita mampu memenuhi selera dan kebutuhan berbusana untuk berbagai acara, baik formal maupun santai. Berikut ini 10 model baju batik elegan dan mewah untuk wanita.

1. Gaya Bolero

Ilustrasi baju batik wanita lengan panjang motif kawung bolero kancing atas. Foto: Shopee.co.id.

Rekomendasi pertama yaitu bergaya bolero. Seperti pada contoh di atas, baju lengan panjang ini bermotif kawung asal Pekalongan.

Model atasan ini memiliki bukaan pada bagian depannya serta kancing di atas atau kerah, memadukan kain polos dan batik. Baju ini cocok dipakai ke kantor, kampus, ataupun acara resmi.

2. Baju Kerah Bulat

Ilustrasi baju batik elegan dan mewah. Foto: Shopee.co.id.

Sahabat Cantika yang ingin bergaya vintage, bisa memilih gaya kerah bulat atau berbentuk peterpan collar. Gaya ini cocok bagi kamu yang memakai hijab yang melingkar di leher.

3. Blus 

Ilustrasi baju batik gaya blus lengan panjang. Foto: Shopee.co.id.

Salah satu baju batik wanita modern yaitu berupa blus yang terasa nyaman saat dipakai. Ukurannya juga lebih longgar dari kemeja batik.

Buat ibu menyusui, juga bisa terbantu dengan resleting bukaan depan.

4. Gaya Kimono

Baju batik gaya kimono. Foto: Shopee.co.id.

Model baju batik wanita modern lainnya yaitu bergaya kimono. Pakaian ini juga terlihat kasual tapi anggun.

Motif untuk kimono ada berbagai macam, ada yang kombinasi warna polos dan motif, hingga dua kombinasi motif batik yang berbeda.

5. Model Balon

Baju batik model balon. Foto: Shopee.co.id.

Model baju batik terbaru lainnya yaitu bagian tangan atau perut mengembang berbentuk balon. Gaya ini cocok buat kamu dengan tubuh kurus, agar terlihat lebih berisi.

Model balon ini juga tersedia untuk lengan pendek. Maka lengannya pun akan tampak mengembang.

6. Asimetris

Baju batik gaya asimetris. Foto: Shopee.co.id.

Contoh baju batik wanita unik yaitu bergaya asimetris. Biasanya memiliki kancing di bagian depan.

Lalu, ukuran baju sebelah kanan atau kiri lebih panjang dari sisi lainnya. Motifnya bisa kombinasi polos atau kombinasi dua warna.

7. Gaya V-neck

Baju batik v-neck. Foto: Shopee.co.id.

Baju batik wanita yang satu ini memiliki ciri model V di bagian leher alias v-neck. Pilihannya bisa v-neck yang lebar atau tegas, hingga yang kecil.

V-neck ini cocok buat perempuan berhijab atau nonhijab. Gaya ini juga memberi kesan kasual namun bisa juga lho dipakai untuk acara formal!

8. Ruffle

Baju batik gaya ruffle. Foto: Shopee.co.id.

Model ini memiliki ciri feminin dan glamor. Sebagai contoh pada gambar di atas, busana ini tampak elegan dengan batik kombinasi tule mutiara.

Detailnya terdiri dari ikat pinggang yang dapat disesuaikan, diikat di depan atau belakang. Serta kain bergelombang.

9. Tunik Batik Zipper

Tunik batik zipper. Foto: Shopee.co.id.

Bagi Sahabat Cantika yang berhijab, model baju batik ini cocok dipakai untuk acara formal ataupun santai. Pakaian ini memiliki panjang hingga betis, pilihlah motif batik simpel dan kecil agar tidak kelihatan penuh.

Lalu yang membuatnya semakin stylish adalah zipper atau resleting yang tegas seperti jaket pada bagian depan. Jika kamu tidak ingin ukuran yang panjang, bisa memilih baju zipper saja, penampilanmu pun akan tampak boyish. 

10. Batik Outer

Baju batik gaya outer. Foto: Zalora.co.id.

Banyak perempuan yang mengandalkan model yang satu ini. Utamanya mereka yang memiliki aktivitas yang padat, mobilitas tinggi, atau karena ingin bergaya.

Pasalnya, outer ini dapat dipadukan dengan kaos polos atau kemeja di dalamnya. Busana ini juga bisa dibawa-bawa atau diganti pasang.

Nah, Sahabat Cantika, itu dia 10 model baju batik elegan dan mewah untuk wanita, bisa dipakai untuk acara formal maupun kasual. Seoma menginspirasi!

Pilihan Editor: Mengenal Ragam Motif Batik dan Maknanya, Ada Sido Asih hingga Merak Ngibing

SIBAKUL JOGJA | SHOPEE | MY BEST

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."