Daftar Penyanyi Perempuan Peraih Piala Grammy Terbanyak, dari Beyonce hingga Taylor Swift

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Beyonce. Instagram.com/@beyonce

Beyonce. Instagram.com/@beyonce

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Grammy Award atau Piala Grammy adalah salah satu dari serangkaian penghargaan yang diberikan setiap tahun di Amerika Serikat olehNational Academy of Recording Arts & Sciences untuk mengakui prestasi dalam industri musik. Pemenang dipilih dari lebih dari 25 bidang, yang mencakup genre seperti pop, rock, rap, R&b, country, reggae, klasik, gospel, dan jazz, serta karya produksi dan pascaproduksi, termasuk pengemasan dan catatan album.

Empat penghargaan umum juga diberikan untuk rekaman, album, lagu terbaik tahun ini, dan artis pendatang baru terbaik; total lebih dari 75 penghargaan diberikan. Para penerima penghargaan menerima patung gramofon emas.

Berikut daftar penyanyi perempuan peraih Piala Grammy terbanyak seperti yang telah dihimpun Cantika: 

1. Rihanna 

Penyanyi Rihanna. Foto: Instagram/@badgalriri

Penyanyi, Rihanna pertama kali memenangkan Grammy pada 2008 untuk lagu "Umbrella". Hingga kini dirinya sudah sembilan kali juara.  Kepopuleran Robyn Rihanna Fenty, atau yang lebih dikenal  Rihanna di dunia musik tidak perlu diragukan lagi. Pelantun tembang Umbrella ini dikenal sebagai penyanyi dengan suara khas yang multitalenta.

Berbagai aliran musik pun telah dilakoni di sepanjang karir musiknya oleh perempuan berusia 34 tahun ini. Penampilannya yang nyentrik dan modis didukung dengan paras cantiknya, membuat Rihanna mendapat tempat tesendiri di hati para penikmat musik.

Rihanna, lahir 20 Februari 1988 adalah seorang penyanyi pop dan R&B yang multitalenta asal Barbados. Selain dikenal sebagai penyanyi, Rihanna adalah seorang penulis lagu, aktris, dan pengusaha.

Rihanna lahir dan besar di Barbados bersama dengan kedua orangtuanya, Ronald Fenty dan Monica. Sejak kecil, Rihana telah terbiasa mendengarkan musik-musik Karibia, seperti reggae serta hiphop dan R&B Amerika Serikat. Bakatnya di dunia tarik suara sudah tampak sejak kecil. Hal ini ditandai Rihanna menjuarai pertunjukkan bakat di sekolah menengah dengan membawakan lagu milik Mariah Carey.

Setelah itu, pada 2004, Rihanna bergabung dalam sebuah girl grup dan menarik perhatian Evan Rogers, seorang produser rekaman Amerika. Rihanna merekam demo yang kelak menjadi single yang masuk ke dalam album debutnya, Music of The Sun (2005). Hal itulah yang menjadi pintu awal Rihanna untuk mantap terjun ke dunia musik dengan bergabung ke label rekaman Def Jam.

Pada saat itu juga, nama Rihanna, yang mengadopsi dari nama tengahnya sebagai nama panggungnya. Dijelaskan dalam hellomagazine.com, pada awal perilisannya, album debut Rihanna meledak dipasaran. Bahkan, album ini debut di Billboard 200 dan mendapat sertifikasi emas dari Recording Industry Association of America (RIAA).

Setelah itu, Rihanna semakin menekuni dunia tarik suara. Pada 2006, Rihanna merilis album keduanya yang bertajuk A Girl like Me (2006). Album ini terbilang sukses ditandai dengan menempati posisi sepuluh besar di tiga belas negara.

Puncaknya, ketika single Umbrella dirilis pada 2007, yang berhasil memuncaki tangga lagu di tiga belas negara dan bertahan pada posisi pertama selama sepuluh minggu berturut-turut di Inggris. Pada 2012, Rihanna meluncurkan yayasan nonprofit bernama Clara Lionel Foundation, nama yang diambil dari nenek Rihanna. Yayasan ini mendukung dan mendanai program pendidikan dan respons dini di seluruh dunia.

Saat ini, Rihanna merupakan sosok yang berpengaruh di dunia. Pada 2012-2018, Rihanna tercatat masuk 100 orang paling berpengaruh di dunia. Di negara asalnya, Rihanna medapat gelar kehormatan Ambassador for Culture and Youth di Barbados.

2. Norah Jones 

Norah Jones. Deezer

Norah Jones yang membawa pulang sembilan piala Grammy sepanjang kariernya. Lahir 30 Maret 1979, New York, Norah adalah seorang penyanyi-penulis lagu dan musisi Amerika yang menjadi bintang internasional dengan album debutnya Come Away with Me (2002), perpaduan musik jazz, pop, dan country .

Jones, putri dari produser konser Amerika Sue Jones dan pemain sitar virtuoso IndiaRavi Shankar , tinggal bersama ibunya dan tumbuh di pinggiran kota Dallas , di mana koleksi musik ibunya yang banyak menjadi inspirasi awal untuk selera eklektiknya sendiri . Dia pertama kali mencapai pengakuan nasional dengan memenangkan tiga Penghargaan Musik Mahasiswa (untuk vokal dan komposisi) dari majalah jazz Down Beat saat menghadiri sekolah menengah atas untuk seni di Dallas. Setelah belajar piano jazz di North Texas State University selama dua tahun, Jones keluar dan pindah ke Manhattan pada tahun 1999. 

Di sana dia bernyanyi dan bermain di kancah musik bawah tanah, bertemu dan berkolaborasi dengan para musisi yang akan menjadi band pendukung aslinya. Pada tahun 2001 dia menandatangani kontrak rekaman dengan Blue Note Records.

Jones memulai debutnya pada tahun 2002 denganCome Away with Me , album pop akustik yang lembut yang menampilkan beberapa musisi jazz terkenal. Sukses secara kritis dan komersial, album ini akhirnya terjual lebih dari 20 juta kopi di seluruh dunia, dan meraih enam Grammy Awards , termasuk album tahun ini dan rekaman tahun ini serta lagu tahun ini ("Don't Know Why"). Selain itu, Jones dinobatkan sebagai artis tahun ini. Kemudian pada tahun 2003, di tengah tur ekstensif dan penampilan televisi, Jones mengeluarkan DVD konser, Live in New Orleans .

Di sela-sela mengerjakan album pertama dan kedua, Jones membentuk proyek sampinganLittle Willies, sebuah band yang terdiri dari lima sahabat yang memiliki selera musik klasik Amerika seperti Willie Nelson dan Hank Williams . Little Willies—yang terdiri dari Jones, Lee Alexander, Richard Julian, Dan Rieser, dan Jim Campilongo—sebagian besar membawakan lagu-lagu cover. Album eponimnya muncul pada tahun 2006, dan For the Good Times menyusul pada tahun 2012.

Pada tahun 2004 Jones merilis album keduanya,Feels like Home . Album ini memulai debutnya di nomor satu di tangga album Billboard dan terjual lebih dari satu juta kopi dalam minggu pertama peluncurannya. Seperti pendahulunya, Feels like Home menampilkan suara Jones yang tenang dan penuh asap dengan akustik yang intim dan terinspirasi jazz. Setelah sedikit tur promosi dan beberapa penampilan publik, Jones merilis album ketiganya,Not Too Late , pada tahun 2007. 

Album tersebut, yang direkam di studio rumahnya, merupakan album pertama yang melibatkan Jones dalam proses penulisan setiap lagunya. Selain itu, album tersebut merupakan album pertama yang melibatkannya sebagai pemain gitar dan piano. Pada tahun 2007 Jones juga memulai debut aktingnya , membintangi film Wong Kar-Wai My Blueberry Nights ; film tersebut ditayangkan perdana di festival film Cannes .

The Fall (2009), yang sebagian besar berkutat pada hubungan romantis yang gagal , menemukan Jones memperluas palet musiknya dengan instrumentasi elektrik yang murung yang mengisyaratkan rock dan soul . Dia bereksperimen lebih jauh pada album putus cinta lainnya, Little Broken Hearts (2012) yang bertekstur gelap, yang dia tulis dan rekam dengan produser pop Danger Mouse (nama panggilan Brian Burton). Dia kembali ke suara bernuansa jazz dari album debutnya untuk Day Breaks (2016). Rekaman selanjutnya termasuk EP Begin Again (2019) dan album studio ketujuhnya,Angkat Aku dari Lantai (2020)

Sepanjang kariernya, Jones sering mengisi vokal untuk rekaman musisi lain. Ia memenangkan dua Grammy Awards untuk “Here We Go Again,” duet dengan Ray Charles yang muncul di album studio terakhirnya,Genius Loves Company (2004). Rilisan ...Featuring Norah Jones (2010) adalah kumpulan kolaborasi tersebut dan kolaborasi lainnya. Dia danBillie Joe Armstrong dari Green Day merekam album duet, Foreverly (2013), yang meng-cover lagu-lagu dari rilisan Everly Brothers tahun 1958 .

3. Mary J. Blige

Mary J. Blige tampil di Super Bowl Halftime, Ahad, 13 Februari 2022 (tangkapan layar YouTube)

Sudah masuk nominasi Grammy sejak 1996. Mary J. Blige sudah memenangkan sembilan piala, penyanyi R&B ini masih populer. Lahir 11 Januari 1971 di Bronx , New York, AS adalah seorang penyanyi-penulis lagu dan aktris Amerika yang dijuluki Ratu Hip-Hop Soul. Seorang artis besar pada akhir abad ke-20 dan awal abad ke-21 yang mendefinisikan ulang genre musik , Blige dikenal terutama karena balada penuh perasaan dan lagu-lagu dansa yang menyentuh hati.

Masa kecil Blige terbagi antara Savannah , Georgia , dan sebuah kompleks perumahan umum di Yonkers , New York , tempat ia tinggal bersama ibu dan kakak perempuannya. Pengaruh musik awal Blige termasuk bernyanyi di gereja Pantekosta dan mendengarkan koleksi rekaman soul milik ibunya. Ketika rekaman Blige yang berusia 17 tahun menyanyikan “Caught Up in the Rapture” milik Anita Baker (dibuat di bilik karaoke di pusat perbelanjaan lokal) menarik perhatian Uptown Records pada tahun 1988, label rhythm-and-blues (R&B) itu mengontrak Blige, yang putus sekolah menengah atas.

Blige menyanyikan lagu latar untuk berbagai artis hingga perilisan album solo pertamanya pada tahun 1992  diproduksi terutama oleh rapper Sean (“Puffy”) Combs (Diddy ). Album tersebut mengungkap kepedihan masa kecil Blige sambil menghadirkan suara unik yang memadukan soul klasik dengan hip-hop dan R&B urban kontemporer , mendefinisikan ulang musik soul dan memengaruhi generasi artis. Album tersebut juga menghasilkan hit 10 teratas " Real Love ". Kesuksesannya berlanjut dengan My Life (1994) yang bersifat introspektif; sebuah film dokumenter yang berfokus pada album tersebut muncul pada tahun 2021.

Citra Blige yang glamor namun tangguh di jalanan mulai melunak seiring berjalannya waktu. Namun, musiknya tetap personal, emosional, dan spiritual. Di antara sejumlah singel hit Blige adalah "Be Without You" (1994), "Not Gon' Cry" (1996), dan "Take Me as I Am" (2005). 

Album-album hitnya termasuk Share My World (1997) dan Growing Pains (2007), yang keduanya mencapai nomor satu di tangga lagu Billboard .No More Drama (2001), album studio kelima Blige, menampilkan seorang artis yang bahagia dengan dirinya. Album tersebut menghasilkan singel nomor satu yang sangat menarik, "Family Affair," yang bertahan selama enam minggu di puncak tangga lagu. Albumnya yang dirilis pada tahun 2006, Reflections (2006), memberikan kilas balik atas karyanya.

Blige juga bergabung dengan band rock U2 dalam beberapa kesempatan untuk membawakan singel mereka "One," yang paling terkenal adalah pada konser amal untuk korban Badai Katrina tahun 2005. Ia merekam versi lagu tersebut di albumnya The Breakthrough (2005), dan versi lainnya dirilis sebagai singel di daratan Eropa dan Inggris Raya tahun 2006. 

Mary J. Blige membawakan lagu itu ke tempat-tempat yang tidak mungkin pernah saya kunjungi atau pahami. Saya tidak tahu persis ke mana dia pergi, atau nama-nama yang dia tulis di tempat-tempat itu, atau masalah-masalah yang coba dia pecahkan dengan interpretasinya, tetapi saya merasakannya dengan sangat kuat.

Tur Blige tahun 2008 denganJay-Z menjadikannya salah satu artis hip-hop terlaris, dan tahun berikutnya ia memenangkan Grammy Award untuk album R&B kontemporer terbaik—Grammy kesembilan yang pernah diraihnya. Pada 2019, Blige menerima penghargaan prestasi seumur hidup dari Black Entertainment Television (BET). Pada tahun 2024, Blige dijadwalkan untuk dilantik ke dalam Rock and Roll Hall of Fame.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."