Catat 4 Agenda Seru di Yogyakarta Oktober 2024, Ada yang Dimulai Besok

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Jalan Malioboro Yogyakarta. TEMPO/Mila Novita

Jalan Malioboro Yogyakarta. TEMPO/Mila Novita

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jika kamu berencana berlibur ke Yogyakarta di bulan ini, jangan lewatkan ada agenda seru di kota Pelajar itu. Selain festival budaya dan seni, juga ada acara olahraga dan festival belanja lokal. Yuk, intip apa saja acaranya dan lokasinya untuk memudahkan kamu membuat alias rencana perjalanan atau itinerary.

1. Festival Kebudayaan Yogyakarta (FKY) 2024

Festival Kebudayaan Yogyakarta (FKY) 2024 bakal dipusatkan di Lapangan Bawuran, Pleret, Kabupaten Bantul, Kamis, 10 Oktober hingga Jumat, 18 Oktober 2024.

Kepala Dinas Kebudayaan DIY, Dian Lakshmi Pratiwi mengatakan FKY 2024 hadir kembali sebagai ruang edukasi dan dialog, wahana aktivasi dan perayaan dinamika kebudayaan di masyarakat.

FKY yang tahun ini mengusung tema Umpak Buka mengajak para pengunjung menjelajahi dan mengalami kebudayaan serta situs bersejarah di berbagai daerah di Bantul.

Dari berbentuk pawai, pertunjukan seni, pameran, pasar, bincang kebudayaan, lokakarya, dan lain sebagainya.

"Tema Umpak Buka ini memaparkan lanskap pemikiran dan praktik hidup manusia Jawa tentang makna fondasi melalui refleksi atas ke-benda-an," kata Dian, 3 Oktober 2024.

2. Festival Malioboro 2024

Festival Malioboro merupakan gelaran pertunjukkan seni semalaman yang dipusatkan di Jalan Malioboro Yogyakarta, persisnya di pintu barat Kompleks Kepatihan Kantor Gubernur DIY.

Tahun ini, Festival Malioboro digelar pada Sabtu, 12 Oktober 2024, mulai pukul 15.00 – 22.00 WIB dengan menghadirkan sederet atraksi panggung terbuka menghibur wisatawan kawasan itu 

Festival ini akan menyuguhkan aneka kesenian seperti tari dan musik, mulai dari yang tradisional hingga yang modern dan akan menampilkan berbagai macam komunitas dengan berbagai budayanya.

Tahun ini Festival Malioboro akan menghadirkan bintang tamu kelompok musik The Rain. Lalu ada kelompok DGYK, Ikatan Keluarga Pelajar Mahasiswa Daerah atau IKPMD (Sumatra Barat, Sulawesi Utara, NTT, Kalimantan Timur) X Mahasura Estri.

Ada pula penampilan Jogja Fashion Dunia X Dimas Diajeng Yogyakarta, Gitaris Istimewa Yogyakarta, Pemain Bass Jogja, Minoritas Band, Azza kotto, Pragina Gong, Classic Rock Yogyakarta. Acara lain seperti Street Art serta Gembira Loka Mini Zoo.

3. Biosferun 2024

Tahun ini, Badan Pelaksana Otorita Borobudur (BPOB) kembali menggelar Biosferun, ajang pariwisata berbasis olahraga (sports tourism) pada Minggu, 13 Oktober 2024.

Acara ini merupakan lomba lari lintas alam yang diselenggarakan di kawasan Cagar Biosfer Merapi-Merbabu dan Menoreh yang berada di tiga Kabupaten yakni Magelang, Purworejo, dan Kulonprogo.

Biosferun juga bagian upaya promosi kawasan wisata berkelanjutan di sekitar Candi Borobudur, yang diakui oleh The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) sebagai cagar biosfer.

Event ini akan dipusatkan di Lapangan Desa Pagerharjo, Yogyakarta dan menawarkan rute lari dalam tiga kategori yakni 5K, 10K, dan 21K.

4. Beringharjo Great Sale

Acara yang dipusatkan di Pasar Beringharjo Malioboro Kota Yogyakarta ini digelar sebagai peringatan HUT ke-268 Kota Yogyakarta.

Event yang digelar Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta ini akan berlangsung tiga bulan, mulai Oktober 2024 hingga Januari 2025. Pengunjung dapat melakukan transaksi di Pasar Beringharjo dan mendapatkan diskon dengan melakukan pembayaran melalui QRIS.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta, Veronica Ambar Ismuwardani menjelaskan Beringharjo Great Sale yang dilaksanakan untuk kedua kalinya diharapkan dapat mendukung pasar rakyat untuk cepat dan cekatan dalam mengadaptasi digitalisasi, terutama dalam sistem pembayaran non-tunai.

"Jika tahun lalu acara hanya dilaksanakan di lantai 2 dan 3, kali ini seluruh bagian Pasar Beringharjo, mulai dari lantai 1, 2, dan 3, serta di area barat, tengah, dan timur akan ikut terlibat," kata Veronica, 7 Oktober 2024.

Pilihan Editor: Yogyakarta Berada di Urutan Kedua Kota Termurah di Asia

PRIBADI WICAKSONO

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."