Dear Ladies, Ini Manfaat dan Efek Samping Vitamin E untuk Perawatan Kulit

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wanita memeriksa kulit. Freepik.com

Ilustrasi wanita memeriksa kulit. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Vitamin E adalah vitamin dan minyak antioksidan. Vitamin E sering ditemukan dalam campuran antioksidan topikal atau pelembap. Dalam perawatan kulit, vitamin E biasanya ditemukan dalam bentuk minyak atau krim.

Alfa-tokoferol (bentuk vitamin E yang dapat dimetabolisme manusia) biasanya diproduksi secara sintetis tetapi juga dapat ditemukan dalam produk alami. Minyak alpukat, labu, dan biji gandum merupakan sumber vitamin yang baik, baik untuk penggunaan topikal maupun internal.

Manfaat Vitamin E untuk Kulit Kering

1. Melindungi lapisan lipid

"Vitamin E menjaga lapisan lipid tetap segar di kulit Anda," jelas Rouleau. "Vitamin ini membantu menjaga lapisan pelindung kulit Anda tetap utuh. [Menjaga lapisan tersebut tetap utuh] dapat membantu menutup retakan kecil yang terbentuk di lapisan kulit yang dapat menyebabkan kelembapan keluar dan membuat kulit terasa kencang dan kering."

2. Menjaga kelembapan kulit

Berdasarkan penjelasan di atas, vitamin E memungkinkan retensi kelembapan yang tahan lama di antara sel-sel kulit Anda, jauh lebih lama daripada produk tanpa vitamin E.2 Menurut Rouleau, vitamin E memberikan hingga 16 jam hidrasi.

3. Menyembuhkan kulit

Schep menjelaskan mengapa vitamin E sangat disukai: "Manfaat utama vitamin E adalah kemampuannya untuk mempercepat penyembuhan kerusakan kulit seperti luka bakar dan luka hingga 50 persen dari kecepatannya. Vitamin E merupakan antioksidan dan akan menyembuhkan kulit dari sengatan matahari dan segala bentuk iritasi dan cedera. Vitamin E juga [dapat] meningkatkan kadar kelembapan kulit. Dengan demikian, vitamin E memiliki kemampuan anti-penuaan pada kulit." 

4. Antioksidan

Vitamin E juga menawarkan manfaat antioksidan (larut dalam lemak)—membantu menetralkan radikal bebas yang berbahaya dan, berkat manfaat antioksidannya, dapat mencegah oksidasi sebum (minyak), yang mencegah komedo.2 "Kata 'anti' dan 'oksidan' merujuk pada antioksidan," catat Rouleau. "Karena ujung minyak yang mengeras dan tersumbat di pori-pori berubah menjadi gelap akibat oksidasi, vitamin E dapat membantu memperlambat proses tersebut."

5. Menenangkan kulit

Formula yang mengandung vitamin E memberikan kondisioner pada kulit yang terpapar lingkungan.2 Bahan tersebut menghaluskan kulit Anda dan membuatnya terasa nyaman setelah iritasi akibat jerawat, polusi, dan kerusakan akibat sinar matahari.

Efek Samping Vitamin E

"Jika digunakan dalam bentuk murni, dalam kapsul, dan dioleskan langsung ke kulit, vitamin E dapat menyebabkan reaksi seperti dermatitis, terutama pada kulit yang lebih tipis dan sensitif di sekitar mata Anda," Rouleau memperingatkan. Jika Anda pernah mengalami dermatitis—istilah teknis untuk peradangan kulit—yang disebabkan oleh perawatan kulit, Anda pasti paham bahwa menggunakannya di area ini tanpa uji tempel adalah ide yang buruk.

Vitamin E juga dianggap komedogenik, artinya dapat menyumbat pori-pori dan akhirnya menyebabkan timbulnya jerawat. Karena itu, mereka yang rentan terhadap jerawat dan berjerawat mungkin merasa vitamin E memperburuk gejala mereka. Jika Anda mengalami perubahan pada kulit setelah menggunakan vitamin E, konsultasikan dengan dokter kulit tepercaya.

Suplemen Oral vs. Vitamin E Topikal

Vitamin E secara alami ditemukan dalam berbagai macam makanan, dan meskipun kita mungkin membutuhkannya lebih banyak seiring bertambahnya usia, kebanyakan orang tidak memerlukan suplemen makanan. Vitamin E topikal, yang ditemukan dalam banyak produk perawatan kulit, tidak hanya merupakan alternatif yang lebih aman, tetapi juga cocok untuk mengobati area kulit tertentu. 

Beberapa orang lebih suka mengekstrak vitamin E dari kapsul suplemen dan mengoleskannya langsung ke kulit untuk mendapatkan konsentrasi yang tinggi, tetapi hal ini dapat menimbulkan sensitivitas dan iritasi yang tidak diinginkan. Jika Anda mempertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen secara oral, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda, karena vitamin E dapat mengganggu pengobatan.

Cara Menggunakan Vitamin E

"Jika Anda memiliki bekas luka atau area tertentu yang ingin diobati, tusuk kapsul vitamin E dan oleskan minyak ke area tersebut selama beberapa minggu," saran Hamdan. "Vitamin E merupakan antioksidan yang luar biasa dan telah diteliti secara ekstensif kemampuannya untuk membantu mengatasi penuaan dini. Itulah sebabnya saya lebih suka mengonsumsi vitamin E dalam bentuk minyak, bukan vitamin E murni, yang biasanya berupa versi alfa-tokoferol dari vitamin E. Jika Anda memiliki kulit sensitif, Anda tetap dapat menggunakannya—cukup gunakan sedikit dan tepuk-tepuk dengan lembut. Jika kulit Anda berjerawat atau memerah, itu mungkin pertanda bahwa kulit Anda tidak tahan terhadapnya."

Mengenai kekhawatiran tentang sifat komedogeniknya, "penting untuk dicatat bahwa ketika digunakan dalam formulasi perawatan kulit, vitamin E hanya tersedia dalam konsentrasi kecil," kata Rouleau. Menggunakannya dengan cara itu sama sekali tidak seperti menusuk kapsul dan mengoleskan bahan dalam bentuk murni." Jadi, jika Anda ingin mencoba serum vitamin E terbaru yang paling populer, cobalah; serum itu kemungkinan sudah cukup encer sehingga tidak akan menjadi masalah.

Meskipun demikian, ketika melihat daftar bahan suatu produk, sulit untuk mengetahui persentase kemurnian yang digunakan atau bagaimana kulit Anda akan meresponsnya. Namun, ini berlaku untuk bahan apa pun yang digunakan dalam produk apa pun. 

Pilihan Editor: Manfaat Vitamin E untuk Kecantikan, Melindungi dan Menghidrasi Kulit Wajah

BYRDIE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."