4 Tips Menjaga Kesehatan Mental di Tempat Kerja, Rekomendasi Kemenkes

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita stress. TEMPO/Zulkarnain

Ilustrasi wanita stress. TEMPO/Zulkarnain

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada sejumlah tips yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan mental di tempat kerja menurut Kementerian Kesehatan. Tips pertama yang dibagikan Direktur Kesehatan Jiwa Kementerian Kesehatan, Imran Pambudi, adalah penerapan jam kerja yang wajar. Tujuannya agar bekerja menjadi lebih efisien dan ketika pulang bisa mengurus hal-hal lain.

"Sampai saat ini aturannya delapan jam. Dari delapan jam ini harusnya bisa diatur secara efektif dan efisien supaya tidak membuang kerjaan di luar jam kerja," katanya.

Yang kedua adalah memberikan akses ke pelayanan kesehatan jiwa, seperti konseling atau pelatihan-pelatihan manajemen stres. Dia mencontohkan, Kementerian Kesehatan mempromosikan skrining kesehatan jiwa dan menyediakan konseling bagi yang membutuhkan.

"Hal-hal itulah yang coba kita fasilitasi. Dan Alhamdulillah tahun ini yang mengisi skrining itu jauh lebih tinggi dibandingkan dua tahun sebelumnya," ucapnya.

Yang ketiga adalah mendorong percakapan terbuka tentang kesehatan jiwa. Imran menyebutkan sering ada anggapan orang harus tegar sehingga masalahnya dipendam sendiri. Dia menilai hal tersebut tidak baik.

"Jadi kalau orang bilang ada temannya curhat terus bilang, 'Kamu kan baik-baik saja,' itu enggak tepat. Yang tepat adalah, 'Oke, kamu bermasalah, nikmati masalahmu, selesaikan, tapi harus bangkit,'" ujarnya.

Inisiatif terakhir yakni meningkatkan kesempatan kerja bagi orang-orang yang punya masalah kesehatan jiwa serius. "Jadi kita tidak boleh menstigma mereka tetapi berikan kesempatan dan berikan dorongan agar mereka bisa bekerja," ujarnya.

Data 2022 Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menunjukkan satu dari delapan orang di dunia memiliki masalah kesehatan mental. "Dan dari Global Burden Disease tahun 2019 menunjukkan bahwa gangguan jiwa ini menjadi penyebab kedua year lived with disability di Indonesia," kata Imran.

Pilihan Editor: Sambut Hari Kesehatan Mental Sedunia, Jivaraga Luncurkan Program The Power of You

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."