Bolehkah Retinol dan Niacinamide Dipakai Bersamaan?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wanita memakai serum. Foto: Freepik.com

Ilustrasi wanita memakai serum. Foto: Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Metode Skin Cycling biasanya menggunakan retinol dan asam pengelupasan kulit. Jika Anda menggunakan vitamin C, saran umum adalah menggunakan produk itu di pagi hari dan retinol di malam hari - tetapi bagaimana dengan niacinamide? Antioksidan ini layak mendapat tempat dalam rutinitas semua orang-terutama saat menggunakan retinoid. Lantas, bisakah retinol dan niacinamide dipakai bersamaan?

Tentang Retinol

Sebagian besar dianggap sebagai standar emas perawatan kulit, retinol adalah bentuk vitamin A yang menawarkan sejumlah besar manfaat. Bahan tersebut merangsang pergantian seluler - yang berarti bahwa ia membawa sel -sel segar dan sehat ke permukaan untuk menggantikan yang mati, kusam - dan dapat membantu dengan berbagai masalah kulit, termasuk jerawat, garis -garis halus dan kerutan, kebodohan, dan perubahan warna.

Namun, dengan semua kekuatan itu muncul potensi iritasi yang cukup tinggi. Jenis kulit sensitif tertentu mungkin ingin memilih alternatif yang lebih lembut, seperti bakuchiol nabati atau retinyl palmitate. Tidak peduli apa jenis retinoid yang Anda tambahkan, mulailah perlahan-hargai jumlah seukuran kacang ke wajah dan leher Anda seminggu sekali, dan lakukan jalan Anda untuk menggunakannya lebih sering karena kulit Anda membangun toleransi.

Karena retinol membuat kulit lebih sensitif terhadap matahari, gunakan di malam hari dan melapisi kulit Anda dengan jumlah SPF yang murah hati di siang hari. “Retinol dapat meningkatkan sensitivitas terhadap sinar ultraviolet, jadi jika Anda menggunakan rejimen yang melibatkan retinol atau retinoid apa pun, harus selalu ada spektrum luas SPF 30 yang diterapkan di pagi hari juga,” jelas juga dokter kulit bersertifikat Rachel Nazarian, MD, MD, jelas dermatologi yang bersertifikat dewan, MD, Rachel Nazarian, MD Dewan Rachel, .

Tentang Niacinamide

Niacinamide adalah bentuk vitamin B3 yang dikenal karena sifat anti-inflamasinya. "Ini bagus untuk jerawat, rosacea, hiperpigmentasi, bintik-bintik gelap, atau siapa pun yang ingin meningkatkan tekstur dan hidrasi kulit mereka," kata dokter kulit bersertifikat Jessica Dowling, MD. Dalam beberapa tahun terakhir, niacinamide telah mulai berdengung sebagai alternatif yang lebih lembut dari vitamin C, karena menawarkan manfaat pencerahan dan perlindungan yang serupa dengan risiko iritasi yang lebih rendah.

Selain membantu masalah yang ada ini, niacinamide juga menawarkan manfaat preventif. Ini adalah antioksidan yang kuat, yang berarti melindungi terhadap stresor lingkungan (seperti polusi dan kerusakan UV) yang menyebabkan tanda -tanda penuaan yang terlihat. Meskipun niacinamide tidak mungkin menyebabkan reaksi, Nazarian merekomendasikan untuk menambahkannya ke rutinitas pagi Anda dan memilih formula dengan konsentrasi 5% atau lebih rendah untuk memaksimalkan pertahanannya dan menghindari iritasi.

Bisakah Anda menggunakannya bersama?

Anda tidak hanya dapat menggunakan retinol dan niacinamide bersama -sama. “Menggunakan retinol dan niacinamide secara bersamaan dapat menjadi kombinasi yang sangat indah untuk kulit Anda,” kata Nazarian. "Saya suka menganggapnya sebagai 'multivitamin multitasking' untuk kulit Anda."

Retinol dan niacinamide keduanya merupakan jerawat target, tanda -tanda penuaan, hiperpigmentasi, dan kerusakan akibat sinar matahari, jadi ketika Anda menggabungkannya, Anda pada dasarnya mendapatkan dosis ganda. “Bahkan ada studi medis yang menunjukkan bahwa keduanya dapat digunakan bersama dengan cukup aman untuk meningkatkan manfaat ketika mengobati kondisi seperti jerawat atau hiperpigmentasi,” kata Nazarian.

Namun, yang keren adalah bahwa masing -masing bahan menargetkan kekhawatiran ini dengan cara yang sedikit berbeda. Retinol menangani hiperpigmentasi dengan merangsang pergantian sel, sedangkan niacinamide melakukannya dengan menghambat produksi melanin. Menggabungkan manfaat pori-pori Retinol dengan kemampuan memerangi peradangan niacinamide membantu menjaga semua jenis jerawat, dan di bagian depan yang mementingkan kulit, retinol meningkatkan kolagen, sementara niacinamide memperkuat penghalang kulit untuk menjaga kulit Anda tetap terhidrasi.

Pilihan Editor: 10 Tips Perawatan Wajah Glowing, Pakai Tabir Surya hingga Retinol

BYRDIE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."