Deepika Padukone bagi 5 Tips Menjaga Kesehatan Mental, Mulailah dari Hal Kecil

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Deepika Padukone/Foto; Instagram/Deepika Padukone

Deepika Padukone/Foto; Instagram/Deepika Padukone

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Agar lebih produktif, kita perlu waktu istirahat untuk memulihkan diri, begitulah yang ditegaskan oleh bintang Bollywood dan advokat kesehatan mental - Deepika Padukone - dalam wawancara baru-baru ini dengan Arianna Huffington, Pendiri Huffington Post dan Thrive Global. 

Deepika mendirikan The Live Laugh Love Foundation untuk meningkatkan kesadaran tentang masalah kesehatan mental, setelah mencari bantuan profesional untuk mengatasi depresi dan hari apa yang lebih baik daripada Hari Kesehatan Mental Sedunia bagi sang diva untuk meyakinkan kita bahwa "terkadang hal-hal yang salah, membuka pintu bagi hal-hal yang berjalan sangat baik".

Berikut 5 tips menjaga kesehatan mental dari Deepika Padukone dan Arianna Huffington

1. Pentingnya Downtime

Mengingat beberapa dari kita cenderung berpikir bahwa downtime tidak produktif, Arianna berbagi bahwa downtime sistem operasi manusia adalah fitur dan bukan bug, oleh karena itu, sangat penting untuk mendukung kesehatan mental dan fisik Anda. Mengacu pada pengalamannya sebagai pemain bulu tangkis tingkat nasional (hingga ia berhenti pada usia 16 tahun untuk menekuni dunia akting), Deepika berpendapat, 

“Banyak hal telah mulai berubah, tetapi masih ada anggapan bahwa jika seseorang butuh waktu istirahat atau waktu untuk diri sendiri, mereka tidak termotivasi atau tidak bersemangat. Sebaliknya, kami mencari seseorang yang bersedia bekerja keras hingga larut malam, dan orang tersebut dipuji karena bekerja keras, berkomitmen, dan berdedikasi. Sebagai seorang atlet, saya tahu Anda butuh istirahat dan pemulihan –– Anda membutuhkannya untuk tampil lebih baik dan bekerja lebih efektif.”

2. Coping dengan Burnout

Sebagai ibu baru, Deepika mengungkapkan bahwa kurang tidur sering kali menyebabkan stres, yang berujung pada kelelahan, yang pada akhirnya memengaruhi keterampilannya dalam mengambil keputusan. Ia berbagi, “Saat Anda kurang tidur atau kelelahan, keputusan yang Anda buat dan saya rasa terkadang saya benar-benar dapat merasakannya. Saya tahu pada hari-hari tertentu saat saya merasa stres atau kelelahan karena saya kurang tidur atau tidak mempraktikkan ritual perawatan diri saya... Saya dapat merasakan bahwa pengambilan keputusan saya terpengaruh sampai batas tertentu.”

3. Lepaskan Dendam

Berbicara tentang menerima umpan balik dari para kritikus, Arianna menyoroti bahwa menyimpan dendam adalah salah satu hal yang paling melelahkan yang dapat Anda lakukan sementara Deepika mengingat ulasan buruk setelah film debutnya Om Shanti Om dirilis, yang mendorongnya untuk memperbaiki diri. Ia berkata, "Gambaran yang lebih besar adalah, apa yang Anda lakukan dengan hal-hal yang negatif? Bagaimana Anda menggunakannya secara positif?"

4. Mulailah dari hal-hal kecil

Berbicara tentang nilai memulai dari hal-hal kecil, Arianna menyarankan untuk mengambil langkah-langkah kecil dalam menciptakan kebiasaan yang lebih sehat untuk mendukung kesehatan mental Anda dan merekomendasikan tiga langkah kecil favoritnya yang terlalu kecil untuk gagal -

Pilih waktu di malam hari saat Anda mematikan perangkat Anda — dan dengan lembut bawa perangkat tersebut keluar dari kamar tidur Anda! Ponsel kita adalah tempat penyimpanan semua hal yang perlu kita simpan agar kita dapat tidur — daftar tugas kita, kotak masuk kita, berbagai proyek, dan masalah. Jadi, mengisi daya ponsel kita di ruangan lain memungkinkan kita untuk bangun dengan energi yang sama seperti ponsel kita.

Salah satu cara untuk menciptakan kebiasaan sehat baru adalah melalui "menumpuk kebiasaan", atau menggabungkan kebiasaan baru dengan kebiasaan yang sudah ada. Jadi, setiap kali menggosok gigi, saya memikirkan tiga hal yang saya syukuri. Rasa syukur adalah salah satu emosi kita yang paling kuat, dan dapat menurunkan stres dan kecemasan.

Deepika juga menyarankan, "Menurut saya, baik itu nutrisi atau olahraga, kita sering kali melakukan sesuatu yang tidak berkelanjutan dan kemudian kembali ke kebiasaan lama. Jadi, penting untuk membuat perubahan kecil yang akhirnya menjadi bagian dari hidup Anda."

5. Cinta Tanpa Syarat

Mengakui rasa cinta tanpa syarat ibunya sebagai fondasi hidupnya, Arianna membagikan salah satu perkataan ibunya yang masih membimbingnya hingga saat ini - "kegagalan bukanlah lawan dari kesuksesan, tetapi batu loncatan menuju kesuksesan." Ia menyarankan, “miliki seseorang dalam hidup Anda yang memberi tahu Anda bahwa Anda bisa meraih cita-cita –– dan bahwa jika Anda tidak berhasil (dan tidak ada dari kita yang selalu berhasil), Anda tidak akan kurang dicintai” karena sering kali, budaya pencapaian kita dapat memicu masalah kesehatan mental.

Pilihan Editor:  Rahasia Kulit Sehat Deepika Padukone, Menghidrasi dan Pakai Tabir Surya

HINDUSTAN TIMES 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."