10 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Mental, Bisa Diterapkan Setiap Hari

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi perempuan dan teman-temannya. Foto: Unsplash.com/Priscilla Du Preez

Ilustrasi perempuan dan teman-temannya. Foto: Unsplash.com/Priscilla Du Preez

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kesehatan mental yang baik terkait langsung dengan kualitas hidup. Hal itu juga membantu seseorang mengatasi tantangan dan stres kehidupan. Berada dalam kondisi pikiran yang positif dapat membuat kamu merasa lebih bahagia dan puas, meningkatkan produktivitas serta membuat kamu lebih mengendalikan emosi.

Masih dalam peringatan Hari Kesehatan Mental Dunia yang dirayakan setiap 10 Oktober, berikut cara mudah menjaga kesehatan mental yang bisa diterapikan dengan sehari-hari.

1. Luangkan Waktu Me Time

Dalam aktivitas padat sehari-hari, orang kerap lupa berhenti dan bernapas, sertai meluangkan waktu untuk diri sendiri atau me time. Stres yang konstan dapat mengaktifkan jaringan simpatis otak dan menyalakan respons 'bertarung-atau-berlari', yang tidak membiarkan otak rileks setelah pekerjaan selesai. Meluangkan waktu me time dapat membantu mengatasi stres.

2. Membaca Buku

Membaca bisa menjadi aktivitas positif untuk keluar dari 'kekacauan stres' dan fokus di momen itu. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa aktivitas tersebut dapat secara signifikan mengurangi tingkat stres. Sebuah studi di Universitas Sussex telah menemukan bahwa membaca buku dalam hati selama enam menit dapat mengurangi stres hingga 68 persen. Baca koran, buku, buku komik untuk melepas stres dan meremajakan diri.

3. Menulis Jurnal

Merasa kewalahan dengan stres? Menulis jurnal bisa menjadi solusi efektif. Proses penulisan dapat menggambarkan pikiran dan membantu mengatur pikiran. Ini adalah cara ampuh untuk mengatasi stres kerja, masalah hubungan, atau bahkan mendorong sisi kreatif mengalir. Menulis juga dapat mengurangi rasa kesepian.

4. Berjalan Kaki selama 10 menit

Setiap kali stres mengambil alih, berjalan kaki untuk menjernihkan pikiran adalah cara terbaik untuk melepaskannya. Berjalan diketahui melepaskan hormon yang menyenangkan dan meringankan gejala kondisi kesehatan mental kronis seperti kecemasan dan depresi.

Proses berjalan kaki mengurangi aktivitas di daerah otak yang terlibat dalam pemrosesan stres, menurut beberapa penelitian.

5. Melakukan Hobi

Melakukan hobi dapat memiliki efek positif yang kuat pada suasana hati dan kebahagiaan kamu, lho! Ketika kita tumbuh dewasa, kerap tidak lagi memiliki waktu dan kecenderungan untuk mengejar hobi, yang dapat merugikan pada kesehatan mental. Sebuah studi yang diterbitkan di Nature Medicine menunjukkan bahwa memiliki hobi sangat bagus untuk kesehatan, suasana hati,
dan lebih banyak lagi.

6. Mindfulness

Praktik mengamati dan menerima apa yang terjadi di saat ini tanpa menghakimi atau mindfulness dapat memiliki efek mendalam pada kimia otak dan dapat membantu seseorang terhubung ke jaringan parasimpatis yang memungkinkan untuk beristirahat dan pulih. Mindfulness dapat mengurangi efek stres pada pikiran serta meningkatkan relaksasi.

Menurut American Psychological Association, minduflness mengubah otak dan biologi kita dengan cara yang positif, dan meningkatkan kesehatan mental serta fisik.

7. Berbincang dengan Teman

Segalanya tampak jauh lebih mudah untuk dihadapi ketika kamu memiliki seseorang untuk berbagi pemikiran. Berbincang dengan teman atau bahkan mendengarkan orang yang kamu cintai dapat memberikan dorongan yang signifikan dalam kesehatan mental. Memiliki teman yang baik dalam hidup dapat mengurangi kecemasan dan kesepian secara umum.

8. Memelihara Hewan

Merawat hewan peliharaan menciptakan rasa aman dan mendorong kesejahteraan mental. Orang-orang yang merawat hewan peliharaan melaporkan bahwa itu adalah gangguan yang menyenangkan dari penyakit mental. Survei American Heart Association menunjukkan bahwa hewan peliharaan membantu orang menghilangkan stres dengan meringkuk (68 persen), membuat pemiliknya tertawa (67 persen) dan membantu mereka merasa kurang kesepian (61 persen).

9. Berbincang dengan Orang Tua atau Anak

Berbicara dengan orang yang dicintai seperti orang tua atau anak dapat berdampak positif pada kesehatan mental. Luangkan waktu setiap hari untuk berbicara dengan anggota keluarga kamu untuk merasa lebih baik secara mental.

10. Tidur Malam Nyenyak

Tidur malam yang nyenyak sangat penting untuk kesehatan mental. Sebab orang yang tidur selama setidaknya delapan jam melaporkan tingkat stres lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang kekurangan tidur. Tidak cukup tidur dapat meningkatkan level stres dan menyulitkan untuk mengelolanya.

Itulah sederet cara menjaga kesehatan mental yang mudah diterapkan dalam sehari-hari.

Pilihan Editor: Hari Kesehatan Mental Sedunia, Ini Penyebab Anak Muda Mudah Resah

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."