Produk Rambut Berbahan Arang, Ketahui Manfaat dan Efek Sampingnya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi perempuan dengan poni rambut. Freepik.com/garetsvisual

Ilustrasi perempuan dengan poni rambut. Freepik.com/garetsvisual

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada beragam bahan di dalam suatu produk rambut, termasuk arang. Bukan seperti arang yang digunakan untuk barbekyu atau bakar sate, melainkan arang yang diaktifkan. Produk rambut berbahan arang mengandung bubuk arang aktif. Itu merupakan produk sampingan dari bahan yang mengandung karbon, sifatnya baik, tidak berbau, dan tidak beracun.

Arang yang diaktifkan memiliki pori-pori dan bermuatan negatif, sehingga membantu menarik minyak, polusi, kotoran, dan ketombe di rambut. Faktanya, berkat kualitas pemurnian ini kadang-kadang arang yang diaktifka digunakan dalam  memompa lambung setelah seseorang menelan racun.

Oke, untuk lebih lengkapnya berikut manfaat produk rambut berbahan dari kacamata para ahli.

Manfaat Produk Rambut Berbahan Arang

1. Menyerap Minyak

Menurut Ginger King, ahli kimia kosmetik, kandungan arang bisa menyerap kelebihan sebum sehingga  membantu menyeimbangkan kulit kepala dan menjaga rambut tidak berminyak. Kandungan arang juga bantu meringankan penumpukan di dasar rambut dan kulit kepala dari produk berlebih.

2. Pengelupasan

Arang tidak mengelupas dalam arti tradisional. Sebaliknya, menurut Craig L. Ziering, ahli bedah transplantasi rambut dan pakar rontok, arang bertindak seperti magnet yang menarik elemen tertentu untuk diangkat dan dihilangkan dari kulit kepala, akar, dan ujung rambut.

3. Cegah Bau

Menurut King, selain berperan menghilangkan kotoran, kandungan arang dalam produk rambut juga bisa menangkal bau.

4. Bantu Penyembuhan Kulit Kepala

Arang juga dapat menghilangkan kondisi kulit kepala yang menyakitkan atau tidak menyenangkan. "Arang dapat memperbaiki kulit kepala gatal dan terbukti membantu populasi pasien yang memiliki jerawat atau kasus dermatitis seboro yang super berminyak," kata Ziering.

5. Bikin Rambut Lebih Bervolume

Arang juga dapat digunakan sebagai volumizer alias menambah volume rambut. “Arang dapat membantu rambut tipis, datar atau rambut berminyak dan kulit kepala. Bahan ini akan menumpuk rambut dan membantu tampak lebih tebal serta lebih bervolume," ucap Ziering.

Arang Aktif vs Arang

Dalam perawatan kulit, arang yang diaktifkan digunakan sebagai pengganti arang yang tidak aktif. Arang yang diaktifkan melalui proses pemanasan dengan gas untuk meningkatkan sifat penyerapannya dan membuatnya aman untuk penggunaan topikal.

Adapun arang, yang diproduksi oleh pembakaran kayu dalam oksigen rendah, digunakan sebagai sumber memasak, pemanasan, dan bahan bakar.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."