Dear Ladies, Ketahui Penyebab Kerutan yang Bisa Muncul Sejak Usia 30-an

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wajah berkeriput. Shutterstock.com

Ilustrasi wajah berkeriput. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tahukah Sahabat Cantika, jika telah memasuki usia 20-an, gejala kerutan halus pada wajah mulai muncul. Produksi kolagen dalam tubuh menurun sekitar 1% seiring berjalannya waktu. Kolagen adalah protein berserat yang memberikan struktur dan kekuatan pada kulit, dan setiap 10 tahun, kadar kolagen terus berkurang yang jadi penyebab kerutan.

Dr. dr. Fitria Agustina, Dermatolog, menjelaskan bahwa saat memasuki usia 30 tahun, penurunan produksi kolagen mencapai 10%. Di usia 40 tahun, penurunan ini bisa mencapai 25-30%, dan di usia 50-an, terutama saat memasuki menopause, penurunan bisa mencapai 30-40%.

Proses penuaan kulit dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk genetik, penyakit, pola makan, serta faktor ekstrinsik seperti paparan sinar matahari dan polusi. Selain itu, pemilihan produk skincare yang tidak sesuai dengan kondisi kulit, gaya hidup, dan kebiasaan emosional juga berkontribusi.

Dr. Fitria juga menyampaiakan bahwa ada Wrinkle Types atau lipatan yang muncul pada wajah, yaitu ada 2 kategori yaitu Mimic Wrinkles( kerutan dinamis) dan Gravitational Folds (kerutan statis). 

Kerutan dinamis ini disebabkan dari gerakan yang terus mengulang. Seperti sering tersenyum, sehingga anda akan mendapatkan garis senyum dia area samping mulut. Dan kerutan statis terjadi karena faktor penuaan dini seperti garis-garis di leher yang dimana kulit akan mengendur jika bertambahnya usia. 

Beberapa kerutan yang muncul di wajah, di antaranya: garis dahi, garis kekhawatiran yang terdapat diantara dua alis, kerutan di susut mata, garis tawa, garis bibir, garis marionette yang terdapat di dagu dan pipi terkulai dan terbentuk serta garis pada leher. 

Mengulik Visible Repair dengan Pure Retinol SA 

Peluncuran seri produk Neutrogena Visible Repair dengan Pure Retinol SA (Sustained Action) di Jakarta, Kamis, 10 Oktober 2024/Foto: CANTIKA/ZHAHIRA REKA FIRDANIA

Peluncuran Visible Repair dengan Pure Retinol SA (Sustained Action) dari produk Neutrogena memberikan inovasi pada perawatan kulit. Dan menunjukkan komitmennya terhadap kualitas yang diharapkan dapat membantu konsumen mencapai kulit yang lebih sehat dan bercahaya.

Kenvue adalah perusahaan di balik brand-brand ternama yang sudah digunakan konsumen lebih dari 135 tahun dan dipercaya oleh 1,2 milyar orang di seluruh dunia untuk produk skincare, produk bayi, produk pereda nyeri dan masih banyak lagi. Kenvue memiliki berbagai brand di bawah naungannya, dan hari ini, Kenvue dengan bangga mempersembahkan inovasi terobosan dari brand dermocosmetics kami, Neutrogena, yakni seri produk Visible Repair dengan Pure Retinol SA (Sustained Action). 

Peluncuran Neutrogena Visible Repair sejalan dengan komitmen Kenvue untuk terus menghadirkan inovasi-inovasi yang dapat meningkatkan kualitas hidup dan kulit yang sehat. Neutrogena merupakan brand dermocosmetics yang menawarkan produk-produk perawatan kulit yang diciptakan dengan melibatkan dermatolog di dalam uji klinis produk, dan berkomitmen untuk menghadirkan solusi tanpa kompromi dengan perbedaan nyata. 

Selama lebih dari 70 tahun, Neutrogena telah memelopori solusi-solusi ilmiah yang didukung oleh para dermatolog, dan berkomitmen terhadap planet yang penuh kehidupan untuk melindungi dan meningkatkan vitalitas kulit dengan pengalaman yang dapat dinikmati semua orang.

Seri produk Neutrogena Visible Repair terdiri dari: 

Visible Repair Regenarating Cream : Krim yang menutrisi dan melembapkan untuk secara nyata mencegah dan mengurangi tampilan kerutan dan garis halus dalam 7 hari, dan melindungi kolagen.

Visible Repair Serum : Serum yang lembut dan tidak mengiritasi dalam estetika ringan yang premium untuk secara nyata mencegah dan mengurangi tampilan kerutan dan garis halus dalam 7 hari, serta melindungi kolagen.

Visible Repair Eye Cream : Krim mata yang lembut namun tepat sasaran untuk mengurangi tampilan garis halus dan lingkaran hitam di sekitar area mata dalam 7 hari.

Pilihan Editor: Bebas Kerutan, Kate Hudson bagi Tips Perawatan Kulit Wajahnya

ZHAHIRA REKA FIRDANIA 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."