Tips Menutup Jerawat dan Bekasnya, Concealer Adalah Kunci

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi jerawat di dahi. Freepik.com/Cookie_studio

Ilustrasi jerawat di dahi. Freepik.com/Cookie_studio

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaJerawat, meskipun kamu membencinya, pada akhirnya jerawat tidak dapat dihindari (setidaknya sesekali), jadi ada baiknya mengetahui cara mengatasinya. Sekarang, kita semua sudah lebih dari satu atau dua kali diberi tahu untuk tidak menyentuhnya; untuk tidak pernah mengutak-atik, memecahkan, atau mengelupas kepala jerawat. Namun, terkadang bintik merah yang menyakitkan menggoda kita untuk mengabaikan semua yang telah diajarkan kepada kita demi mencari sensasi meledak yang anehnya memuaskan.

Tentu saja, begitu Anda benar-benar memecahkan jerawat, itu bisa menjadi lebih sulit untuk diatasi karena kepala yang terluka membuat menutupinya menjadi lebih sulit. 

Berikut tahapan tips menutup jerawat yang bisa kamu lakukan:

1. Bersihkan Wajah

Seperti halnya penggunaan tata rias apa pun, penting untuk memulai rutinitas kecantikan untuk menutupi jerawat dengan wajah dan tangan yang bersih. Jika Anda menggunakan tata rias pada kulit yang tidak dicuci, Anda berisiko menjebak lebih banyak bakteri penyebab jerawat pada kulit Anda, yang tidak hanya dapat memperparah jerawat Anda saat ini tetapi juga menyebabkan munculnya jerawat lain.

Jadi, cucilah wajah Anda—dan maksud kami benar-benar membersihkannya; jangan hanya menggunakan tisu basah. Jika Anda benar-benar tidak punya waktu untuk membersihkan wajah secara menyeluruh, setidaknya gunakan air misel, karena misel bertindak sebagai magnet untuk menarik minyak, kotoran, dan debu keluar dari pori-pori, sehingga memberikan pembersihan yang lebih mendalam daripada yang Anda dapatkan dengan tisu basah.

2. Koreksi Warna

Setelah Anda mencuci wajah, periksa jerawat Anda. Jika jerawat sangat merah atau ditandai dengan hiperpigmentasi, Anggota Tim Pro Kecantikan Ulta Deney Adam mengatakan untuk memulai dengan korektor warna untuk menetralkan perubahan warna. Untuk menghilangkan kemerahan, gunakan concealer hijau; untuk melawan hiperpigmentasi, gunakan concealer berwarna persik. "Gunakan sedikit concealer langsung pada jerawat dan baurkan dengan lembut menggunakan jari Anda atau dengan kuas concealer pipih kecil untuk mendapatkan hasil yang presisi, tetapi pastikan untuk membaurkan tepinya untuk menciptakan hasil akhir yang mulus," kata Adam.

3. Tutupi dengan Concealer

Setelah Anda menetralkan noda, beralihlah ke concealer biasa yang cocok dengan kulit Anda. "Jika Anda menargetkan titik kecil tertentu, saya sarankan menggunakan kuas makeup kecil untuk mengaplikasikan lapisan krim concealer secara strategis, lalu lapisi dengan lapisan tipis bedak untuk menutupnya sepanjang hari," kata dokter kulit kosmetik bersertifikat dan ahli bedah Mohs, Dr. Dendy Engelman, MD, FACMS, FAAD, yang bekerja di Shafer Clinic di New York City.

4. Melindungi

Tentu saja, beberapa jerawat sangat parah sehingga perawatan dengan concealer saja mungkin tidak banyak membantu. Dalam kasus tersebut, Engelman menyarankan untuk menggunakan penutup jerawat tipis sebelum menggunakan riasan apa pun. "Untuk noda yang lebih sulit ditutupi, saya sarankan untuk menggunakan penutup jerawat yang tembus pandang dan bahkan mengoleskan concealer di atasnya agar menyatu dengan kulit/riasan Anda," kata Engelman. Jika Anda menggunakan pendekatan ini, Anda mungkin perlu menggunakan concealer yang lebih tebal untuk menutupi tepi stiker.

Kesalahan yang Harus Dihindari

Mengetahui cara menutupi jerawat bisa sangat berguna. Mengetahui apa yang tidak boleh digunakan pada jerawat juga membantu jika tujuannya adalah menghilangkannya secepat mungkin.

Yang terpenting, Adam mengatakan untuk tidak menggunakan kuas atau spons riasan yang kotor pada jerawat, karena hal itu dapat membuat jerawat terpapar lebih banyak bakteri yang dapat meningkatkan iritasi dan meningkatkan kemungkinan infeksi. Anda juga tidak ingin mengoleskan concealer atau alas bedak secara langsung pada jerawat Anda menggunakan tongkat atau aplikator produk Anda. Melakukan hal itu dapat membawa bakteri dari jerawat ke seluruh botol concealer atau alas bedak, yang dapat memicu lebih banyak jerawat.

Untuk menghindari kedua situasi ini, lakukan hal yang benar dan gunakan kuas makeup yang baru dibersihkan atau bahkan Q-tips untuk mengaplikasikan makeup pada jerawat. Anda juga dapat menggunakan jari-jari Anda.

"Saat menutupi jerawat, jari-jari Anda bisa sangat efektif," kata Engelman. "Pendekatan ini meminimalkan risiko kontaminasi pada peralatan Anda. [Ingatlah] untuk mencuci tangan Anda secara menyeluruh sebelum menyentuh wajah Anda." Untuk hasil terbaik (dan aplikasi yang paling higienis), ia menyarankan untuk mengaplikasikan concealer dan alas bedak di punggung tangan Anda, lalu gunakan jari Anda untuk menepuk-nepuk produk dan menepuknya dengan lembut pada jerawat Anda. "Kehangatan dari jari Anda akan membantu membaurkannya dengan mulus," jelasnya.

Selain itu, Anda perlu memperhatikan bahan-bahan dalam makeup yang Anda aplikasikan pada jerawat Anda. "Bahan-bahan tertentu seperti alkohol dan bedak dapat memperburuk jerawat Anda," kata Engelman. “Bahkan produk [yang] alami, seperti minyak kelapa, berbahaya bagi jerawat karena asam lemak [yang] berada di permukaan kulit.”

Bahan lain yang tidak boleh digunakan? Silikon. “Silikon membentuk lapisan di atas kulit, menjebak bakteri dan sebum di pori-pori Anda,” Engelman memperingatkan. “Jika riasan Anda mengandung salah satu bahan ini, sebaiknya hindari saat Anda sedang berjerawat.”

Selain aplikasi dan bahan, Adam menyarankan untuk menghindari hasil akhir tertentu saat mencoba menutupi jerawat. “Hindari produk yang berkilau atau bercahaya—produk tersebut akan memperparah jerawat, terutama jika jerawatnya menonjol,” jelasnya.

Tidak Disarankan Menutup Jerawat Terus-menerus 

Sekarang setelah Anda tahu cara menutupi jerawat secara efektif, Anda mungkin bertanya-tanya apakah ada saat di mana menutupinya tidak disarankan. Secara keseluruhan, Engelman mengatakan penting untuk membiarkan kulit Anda bernapas selama proses penyembuhan, terutama jika Anda memiliki noda terbuka. “Cara terbaik untuk mengatasi noda terbuka adalah dengan menempelkannya atau membiarkannya begitu saja,” katanya.

Namun, itu tidak berarti Anda tidak boleh memakai riasan saat berjerawat. “Mengaplikasikan riasan sesekali tidak selalu berbahaya, [hanya] penting untuk meminimalkan penumpukan produk di area yang rentan berjerawat dan menghindari produk yang dapat memperburuk iritasi atau menunda proses penyembuhan,” jelas Engelman. 

Sebagai aturan umum, ia mengatakan untuk selalu membersihkan kulit secara menyeluruh setelah menggunakan riasan untuk mencegah penggunaan riasan yang memengaruhi kesehatan dan penyembuhan kulit Anda.

Pilihan Editor: Langkah Apa yang Perlu Dilakukan Setelah Memencet Jerawat?

INSTYLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."