Tips Mengeringkan Rambut dengan Sempurna dari Penata Rambut

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Ilustrasi perempuan dengan rambut basah. Foto: Freepik.com/Jcomp

Ilustrasi perempuan dengan rambut basah. Foto: Freepik.com/Jcomp

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Seni mengeringkan rambut dengan alat pengering rambut benar-benar ribet. Kecuali kamu salah satu dari sedikit orang yang memiliki rambut sempurna.

Terkadang, mengeringkan rambut dengan alat pengering membuat rambutmu lembut, mengembang, dan bertekstur alami. Tapi terkadang juga rambut menjadi kusut, setengah bergelombang dan setengah lurus, dan membutuhkan waktu yang lama untuk memperbaikinya.

Untuk membantumu beristirahat dari penataan rambut menggunakan alat pemanas dan menyempurnakan teknikmu, penata rambut selebritas dan duta merek Cricket, Melissa Peverini, membagikan kiat-kiat ahlinya tentang cara mengeringkan rambut secara alami khusus untuk setiap jenis rambut.

1. Cara Terbaik Mengeringkan Rambut Keriting Secara Alami

"Untuk rambut keriting, gunakan sisir bergigi jarang saat rambut basah," kata Peverini dikutip dari Popsugar. Selanjutnya, lapisi rambut dengan krim pengeriting dan putar helaian rambutmu.

Bergantian sebagian ke depan dan sebagian ke belakang menjadi bagian-bagian seperti tali — ini akan menghasilkan bentuk ikal yang sempurna.

2. Cara Terbaik Mengeringkan Rambut Bergelombang dengan Udara

Rambut bergelombang adalah salah satu jenis rambut yang lebih mudah dikeringkan dengan udara karena teksturnya yang longgar. Kami sarankan untuk mempersiapkan rambut dengan produk air dry creme.

Untuk rambut bergelombang, Anda dapat menggunakan teknik memutar tali untuk mempertegas gelombang, tapi putar rambut dalam bagian yang lebih besar," kata Peverini. "Setelah kering, pisahkan bagian-bagian tersebut menggunakan sisir pelepas kusut dan hasilnya adalah gelombang yang lembut."

3. Cara Terbaik Mengeringkan Rambut Lurus dengan Udara

Untuk rambut lurus, sisir rambutmu saat masih di kamar mandi untuk menghilangkan kusut sebelum mengeringkannya dengan handuk dengan meremas rambut ke atas. "Posisikan belahan rambut dan aplikasikan serum atau mousse favorit Anda," kata Peverini. "Saat mulai mengering, kibaskan rambut dengan jari-jari secara perlahan, tetapi jangan menyisirnya. Ini akan membantu memberikan volume pada rambut lurus."

Kiat Pengeringan Rambut dengan Udara

1. Jangan Tidur dalam Keadaan Rambut Basah

"Sebaiknya keramas beberapa jam sebelum tidur, karena Anda tidak ingin tidur dalam keadaan rambut basah," kata Peverini. "Ini juga menghemat waktu untuk bersiap-siap di pagi hari." Jika kamu tidur dalam keadaan rambut basah, kamu berisiko tidur di atas rambut, yang dapat menyebabkannya kusut atau lepek.

2. Gunakan Handuk Mikrofiber

Handuk dapat menyebabkan rambut kusut jika kamu tidak menggunakan bahan yang tepat. "Gunakan handuk mikrofiber untuk mengeringkan rambut," kata Peverini.

3. Tidur di Atas Sarung Bantal Sutra

Tidak peduli apakah kamu menata rambut dengan alat pemanas atau mengeringkan rambut dengan udara, sarung bantal sutra dapat membantu menghilangkan rambut kusut. Saat tidur, kamu menciptakan gesekan dengan cara membolak-balikkan rambut. Kain sutra yang lembut memungkinkan rambut bergerak tanpa tarikan.

4. Ciptakan Volume dengan Jepitan

"Jika kamu menginginkan volume ekstra saat mengeringkan rambut dengan udara, gunakan jepitan rambut kecil di bagian atas kepala saat rambut mengering untuk memberikan volume," kata Peverini. "Ini juga dapat diletakkan di sekitar kepala untuk mendapatkan bentuk dan akar rambut yang lebih baik."

5. Jika Rambut Mengering dengan "Salah," Kamu Dapat Memperbaikinya

Jika rambutmu mengering dengan udara tapi hasilnya kurang memuaskan, kamu dapat mengulanginya tanpa harus mencuci ulang seluruh kepalamu. "Semprotkan sedikit air atau kondisioner tanpa bilas, lalu coba bentuk ulang," kata Peverini. Skenario terburuk, pilih ekor kuda atau sanggul yang berantakan.

Pilihan Editor: Tanda dan Penyebab Rambut Kekurangan Protein juga Kelembapan

POPSUGAR

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."