Mencicipi Sepiring Kelezatan Nasi Tempong Indra

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Nasi Tempong Lele di Nasi Tempong Indra, Bali. Foto: CANTIKA/Silvy Riana Putri

Nasi Tempong Lele di Nasi Tempong Indra, Bali. Foto: CANTIKA/Silvy Riana Putri

IKLAN

CANTIKA.COM, Bali - Di akhir pekan ini, Cantika berbagi cerita kulineran di Nasi Tempong Indra, Legian, Bali pada akhir September silam. Ini baru kali pertama Cantika mencicipinya, lho! Kuliner lokal legendaris ini direkomendasikan oleh teman perjalanan Cantika yang pecinta pedas. Berangkatlah kami ke sana usai menunaikan liputan mode tahunan di daerah Seminyak, Bali.

Kami tiba di restoran sekitar pukul setengah sembilan malam, pengunjung terbilang ramai. Kami duduk di meja makan panjang dekat wastafel menuju musala. Dengan sigap, pramusaji perempuan yang memakai kebaya dan kain Bali berwarna cerah meletakkan menu makanan beserta minuman.

Kami tak butuh waktu lama untuk memilih karena belum makan malam saat itu. Jadi, kami memilih lauk favorit masing-masing, yaitu Nasi Tempong Lele, Nasi Tempong Bebek 1/4, dan tambahan ati ampela. Untuk minum, kami sama-sama memilih air mineral. Oiya, pramusaji mencatat pesanan kami dengan tablet. Sat set pelayanannya.

Suasana pengunjung di Restoran Nasi Tempong Indra di Legian, Bali pada Jumat malam, 27 September 2024. Foto: CANTIKA/Silvy Riana Putri

Sekitar kurang dari tiga menit, minuman tiba. Tak lama kemudian, makanan pun disajikan. Untuk menu Nasi Tempong Lele pilihan Cantika disajikan dengan dua ikan lele berukuran kecil, tahu, tempe, dan aneka sayuran seperti mentimun, terung, labu, dan kangkung. Tentunya tak ketinggalan sambal merah beserta jeruk nipis di piring kecil terpisah.

Ikan lele terasa hangat saat disantap. Teksturnya agak renyah di luar, lembut di dalam. Saat makan nasi bersama ikan lele, sayur, tahu, dan sedikit sambal, kelezatan semakin bertambah. Dalam satu suapan merasakan berbagai tekstur dan cita rasa yang harmonis. 

Sama seperti lele, Nasi Tempong Bebek juga terdiri dari aneka sayuran beserta tahu dan tempe. Daging lele terasa lembut, tidak alot. Sama seperti ikan lele, terasa aneka rempah untuk membumbui daging bebek.

Nasi Tempong Bebek dengan tambahan ati ampela di Nasi Tempong Indra Bali. Foto: CANTIKA/Silvy Riana Putri

Terkait tingkat kepedasan sambal, Cantika hanya mampu menghabiskan setengah piring kecil sambal. Ternyata cukup pedas. Untuk teman Cantika yang memesan Nasi Tempong Bebek, sambalnya ludes tak tersisa. Terbukti spicy lovers!

Oiya di meja makan panjang itu, kita bisa duduk bersama pengunjung lainnya jika bukan rombongan besar. Saat Cantika bertanya kepada pengunjung yang satu meja saat itu mengapa masih banyak sambal tersisa, dia mengaku tidak kuat dengan pedasnya.

"Rasa sambalnya enak, tapi cuma kuat sampai cocolan kedua saja. Itu juga dikit cocolnya," kata Wiwi yang memesan Nasi Tempong Ayam kepada Cantika, Jumat, 28 September 2024. 

Harga Menu Nasi Tempong Indra

Dari segi harga bisa dibilang terjangkau, Cantika membayar kurang dari Rp50 ribu. Nasi Tempong Lele seharga Rp38 ribu, air mineral Rp10 ribu. Sementara Nasi Tempong Bebek 1/4 dibanderol Rp67 ribu dan Ati Ampela Rp23 ribu.

Oiya ada sederet pilihan menu minuman seperti es campur, es buah, es alpukat, es teh manis, es jeruk nipis, es teh tawar, es sirup kelapa muda, teh tawar hangat, teh manis hangat hingga jeruk manis hangat. Untuk harga minuman, mulai dari Rp10 ribu hingga Rp28 ribu.

Jika kamu tertarik menambah lauk, pilihannya sama seperti menu paket nasi tempong yaitu ada bebek, ayam, cumi, empal, gurame, udang, lele, ikan laut (sesuai musim). Kisaran harganya Rp28 ribu hingga Rp73 ribu. Semangkuk sayur asem dibanderol Rp15 ribu. Tambahan sambal senilai Rp5 ribu. Tambahan sayur, tempe, atau tahu senilai Rp8 ribu.

Semoga membantu review kulineran Nasi Tempong Indra ala Cantika ini.

Pilihan Editor: Pengalaman Icip Sego Tempong Mbak Har, Khasnya Ada Sambal Ranti

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."