Yang Perlu Diperhatikan Sebelum dan Sesudah Perawatan Collagen Remodelling

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wajah wanita. Unsplash.com/Andreas Fidler

Ilustrasi wajah wanita. Unsplash.com/Andreas Fidler

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Setiap klinik kecantikan punya perawatan unggulan, begitu pula dengan Aestheglow. Klinik yang didirikan pada September 2024 oleh dokter Aileen Seto ini berfokus pada
regenerasi alami kulit melalui teknik Collagen Remodelling. Menurut Aileen, kolagen merupakan unsur yang berperan penting dalam menentukan kesehatan 

"Sekarang adalah eranya functional aesthetic medicine, di mana kita mengembalikan fungsi dari sel untuk memproduksi dan memperbaiki. Itulah yang dilakukan collagen remodelling lewat beberapa jenis perawatan non-invasif sesuai kondisi kulit pasien," ujar dokter Aileen di Jakarta pada Kamis, 10 Oktober 2024.

"Seperti kita ketahui kolagen berperan penting untuk kesehatan kulit kita. Jika berkerut berarti kurang kolagen. Bila kulit kita scar, itu karena kolagen rusak. Jadi saya fokus ke sana," kata dokter lulusan Universitas Tarumanegara itu.

Selain itu, ada faktor pertambahan usia yang membuat produksi kolagen menurun. Menurut dokter lulusan Universitas Tarumanegara itu, kualitas kolagen menurun sekitar 2 persen setiap tahun setelah usia 25 tahun.

"Penting sekali kita menjaga kualitas kolagen untuk tampilan kulit sehat. Kita mencoba membantu dari luar. Kalau dukungan dari dalam pentingnya menjaga pola hidup sehat, seperti tidak merokok," katanya.

Salah satu ruang perawatan di Aestheglow. Foto: Dok. Aestheglow

Alat-alat yang dipakai Perawatan Collagen Remodelling

Untuk perawatan kulit paling luar, dokter Aileen memakai laser PicoSure Pro. Alat ini tidak hanya menghilangkan melasma, tapi juga bisa menstimulasi kolagen. Adapun untuk merawat lapisan kulit tengah, Aileen memakai Potenza RF Microneedling.

"Alat ini juga menstimulasi kolagen. Dan ini satu-satunya alat yang bisa dikerjakan bareng untuk memasukkan serum," ujarnya.

Alat ketiga dalam perawatan non-invasif ini adalah Sofwave. Alat yang memanfaatkan kekuatan ultrasound ini menstimulasi pertumbuhan kolagen, elastin, dan asam hiaulorant untuk perbaikan kulit tanpa operasi serta waktu pemulihan.

"Ini stimulator kolagen yang sangat bagus untuk kerut dan scar, juga lifting," ucapnya

Alat keempat yang dipakai dalam Collagen Remodelling adalah EMFace yang menggunakan kombinasi gelombang radiofrecuency tersinkronisasi (RF) dan High Intensity Focus Electromagnetic Stimulation (HIFES).

Menurut dokter Aileen, sejumlah orang kerap melupakan bahwa seiring pertumbuhan usia tulang menyusut, begitu pula dengan otot. Dengan otot mengendur bisa memengaruhi tampilan kulit.

"Kulitnya harus kita tebelin, ototnya juga dijaga. Nah, EMFace itu menstimulasi otot, juga memberikan energi RF untuk stimulasi kolagen. Itulah kenapa saya memilih keempat alat ini karena mendukung Collagen Remodelling," ujarnya.

Dokter Aileen Seto ditemui di klinik kecantikan miliknya, Aesfheglow, di Jakarta Pusat pada Kamis, 10 Oktober 2024. Foto: CANTIKA/Silvy Riana Putri

Yang Perlu Diperhatikan Sebelum dan Sesudah Collagen Remodelling

Sebelum menjalani perawatan Collagen Remodelling, dokter Aileen akan meminta pasien untuk menghentikan penggunaan krim malam pengelupasan.

"Obat yang bikin kulit kering, biasanya saya minta hentikan penggunaannya tiga hari sebelum perawatan. Tujuannya agar tidak mudah breakout," ujar dokter yang memperdalam ilmu estetika di Korea selama dua tahun itu. 

Seusai perawatan Collagen Remodelling, dia juga merekomendasikan hal yang sama.

"Seminggu setelah perawatan tidak memakai obat pengelupasan karena regenerasi kulit baru mulai. Saya juga akan kasih serum karena jika pakai pelembap biasa bisa jadi iritasi, harus pakai yang resep dokter. Tujuannya serum itu mengandung growth factor untuk membantu pemulihan," ucapnya.

Dokter Aileen juga mengatakan seusai perawatan Collagen Remodelling sebaiknya tidak berolahraga berat, tidak terpapar sinar matahari berlebihan, dan berenang.

"Hindari dulu berenang karena kaporit bisa infeksi atau iritasi kulit, juga tidak sauna," ucapnya.

Jika kamu tertarik perawatan di Aestheglow di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, terlebih dahulu melakukan pemesanan. Sebab saat ini masih dokter Aileen sendiri yang mengerjakan semua perawatan. Jam operasional klinik Senin hingga Sabtu.

Pilihan Editor: Untuk Kali ke-8, Jakarta Aesthetic Clinic Raih Juara se-Asia Pasifik di Golden Record Award 2023

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."