5 Destinasi Wisata di Kaki Gunung Slamet yang Menyuguhkan Keindahan Alam

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Pemandian Air Panas Guci di Tegal. Shutterstock

Pemandian Air Panas Guci di Tegal. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pendaki yang tersesat saat mendaki Gunung Slamet, Naomi Daviola Steyanie, ditemukan dalam keadaan selamat pada 8 Oktober 2024. Siswi SMKN 3 Semarang itu tersesat selama tiga hari setelah ikut dalam sebuah perjalanan pendakian terbuka bersama rombongan berjumlah 40 orang.

Rombongan tersebut memulai pendakian dari base camp Bambangan pada Sabtu, 5 Oktober 2024, pukul 23.00 WIB, dan kembali ke base camp pada Minggu, 6 Oktober 2024, pukul 21.24 WIB.

Gunung Slamet, salah satu gunung tertinggi di Jawa. Gunung ini sering menjadi tujuan para pendaki. Namun, medannya yang menantang, terutama di sekitar kawah, bisa berbahaya bagi pengunjung, terutama mereka yang kurang berpengalaman.

Meski begitu, area di sekitar Gunung Slamet juga menawarkan berbagai destinasi wisata menarik yang layak dikunjungi. Berikut beberapa di antaranya:

1. Kebun Raya Baturraden

Kebun Raya Baturraden menjadi salah satu destinasi wisata alam di kaki Gunung Slamet yang menyuguhkan keindahan alam serta keanekaragaman tanaman. Kebun raya ini berdiri atas inisiatif Presiden Megawati Soekarnoputri setelah Jambore Nasional 2001.

Kebun ini resmi dibuka untuk umum pada 19 Desember 2015. Terletak di Desa Kemutug Lor, Kecamatan Baturraden, Banyumas, kebun ini memiliki luas 143,5 hektare dan menampung lebih dari 3.000 spesimen tanaman.

2. Curug Jenggala

Curug Jenggala, berlokasi di Dusun Kalipagu, Desa Ketengger, Baturraden, Banyumas. Curug Jenggala menawarkan pemandangan air terjun yang indah dengan udara pegunungan yang sejuk. Air terjun ini mendapatkan airnya dari berbagai aliran sungai yang menyatu. 

3. Pemandian Air Panas Guci

Di kaki Gunung Slamet juga terdapat Pemandian Air Panas Guci, sebuah destinasi wisata yang memadukan keindahan alam dengan air panas alami. Beberapa pemandian terkenal di kawasan ini antara lain Rindu Alam BS Hot Waterpark dan Onsen Omahe Banyu Anget Guci.

Air panas di kawasan ini memberikan sensasi relaksasi bagi pengunjung yang ingin melepaskan lelah setelah menjelajah alam.

4. Telaga Ranjeng

Telaga Ranjeng, sebuah telaga yang dikelilingi hutan damar dan pinus, merupakan salah satu cagar alam yang telah ada sejak 1924. Terletak di area Agrowisata Kaligua, telaga ini memiliki suasana yang tenang dan pemandangan alam yang asri.

Selain keindahannya, Telaga Ranjeng juga dikenal dengan kisah mistisnya. Konon, ikan-ikan yang ada di telaga ini dianggap keramat karena muncul tanpa adanya proses penebaran benih, sehingga menarik perhatian wisatawan.

5. Kebun Teh Kaligua

Bagi pecinta wisata alam, Kebun Teh Kaligua bisa menjadi pilihan. Terletak sekitar 20 kilometer dari Kecamatan Bumiayu, Brebes, kebun teh ini berada di ketinggian antara 1.500 hingga 2.050 meter di atas permukaan laut. Dengan udara sejuk berkisar antara 4 hingga 20 derajat Celcius, Kebun Teh Kaligua menawarkan pemandangan hamparan hijau kebun teh yang menyejukkan mata.

Pilihan Editor: Apa Saja Agenda Festival Kebudayaan Yogyakarta?

KARUNIA PUTRI | RACHEL FARAHDIBA REGAR

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."