15 Film Komedi Indonesia Dengan Rating Tinggi dan Cerita Menyentuh

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Cuplikan film Ngeri-ngeri Sedap. Dok.Imajinari.

Cuplikan film Ngeri-ngeri Sedap. Dok.Imajinari.

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Film komedi dibuat untuk menghibur penonton dengan humor. Genre ini biasanya berisi adegan, situasi, atau dialog yang lucu, kocak, atau menggelikan.

Namun, selain mengocok perut, banyak juga lho, film komedi yang menyentuh dan sarat makna. Yuk simak 15 film komedi Indonesia dengan rating tinggi berikut ini, yang tidak hanya lucu mengocok perut namun ada cerita menyentuh di baliknya!

1. Kapan Kawin? (2015) 

Rekomendasi film komedi Indonesia yang pertama, dibintangi oleh Adinia Wirasti dan Reza Rahadian. Film ini mengisahkan tentang Dinda, seorang wanita karier sukses yang mendapat tekanan untuk menikah karena usianya sudah melewati 30 tahun.

Dia menyewa pacar sewaan bernama Satrio yang ternyata memiliki tingkah laku yang sangat aneh dan menyebalkan. Namun hal ini justru membuat banyak adegan lucu. Film yang tersedia di Netflix ini mendapat rating IMDb: 7.2/10.

2. Imperfect: Karier, Cinta & Timbangan (2019)

Jessica Milla di teaser film Imperfect. Instagram.com

Rekomendasi film Indonesia komedi berikutnya masih diperankan Reza Rahadian, kali ini bersama Jessica Mila. Kisahnya tentang Rara (Jessica Mila), seorang gadis gemuk dan berkulit sawo matang.

Dia bekerja sebagai manajer riset di perusahaan kosmetik. Meskipun sering mendapatkan bully-an di tempat kerja, Rara tetap mencintai pekerjaannya. Suatu ketika, atasannya menawari Rara peluang untuk naik jabatan, tapi dia harus mengubah penampilannya menjadi lebih menarik. Film drama, komedi, romantis ini mendapat rating IMDb: 7.7/10.

3. Milly & Mamet: Ini Bukan Cinta & Rangga (2020) 

Film lucu Indonesia berikutnya adalah spin-off dari film Ada Apa Dengan Cinta? Mengisahkan Milly dan Mamet yang sudah menikah. Cocok buat kamu yang ingin bernostalgia dan kangen dengan tingkah absurd Milly & Mamet di AADC.

Film yang diperankan Sissy Pricilla, Dennis Adhiswara, Aci Resti, dan Bintang Emon ini mendapat rating IMDb: 7.3/10.

4. My Stupid Boss (2016)

My Stupid Boss termasuk film komedi Indonesia yang disutradarai oleh Upi Avianto. Mengisahkan tentang hubungan antara seorang karyawan bernama Diana dan bosnya yang berkelakuan super ajaib, Bossman.

Diana tinggal di Kuala Lumpur mengikuti suaminya, Dika yang bekerja di sana. Ketika Diana melamar bekerja di sebuah perusahaan, ternyata bosnya adalah teman kuliah Dika sewaktu di Amerika. Perilaku unik Bossman membuat hubungan mereka penuh dengan kekonyolan dan komedi.

Film yang dibintangi Bunga Citra Lestari dan Reza Rahadian mendapat rating IMDb: 7.1/10.

5. Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss Part 1 (2016)

Salah satu film komedi terbaik Indonesia adalah versi remake Warkop DKI. Mengisahkan tentang tiga sahabat, Dono , Kasino, dan Indro, yang bekerja sebagai petugas keamanan di organisasi CHIIPS. Film ini diperankan Abimana Aryasatya, Vino Bastian, Tora Sudiro, dan Hannah Al Rashid.

Meskipun tugas mereka adalah menertibkan dan menjaga keamanan masyarakat, kelakuan konyol dan bermasalah mereka selalu membuat jengkel atasannya. Kehadiran Sophie, anggota CHIIPS dari Paris, membawa mereka ke petualangan kocak untuk mencari harta karun guna membayar denda Rp 8 miliar serta menghindari penjara. Film ini diberikan rating IMDb: 6.5/10.

6. Cek Toko Sebelah (2016)

Film komedi Indonesia yang satu ini terinspirasi dari realitas etnis Tionghoa yang anak-anaknya seringkali bekerja di toko orang tua mereka setelah menyelesaikan pendidikan tinggi. Film ini mengisahkan perjalanan seorang anak yang kembali ke toko orang tuanya dan mengeksplorasi berbagai situasi kocak dan konflik lucu yang terjadi di dalamnya.

Dengan sentuhan humor yang khas, film ini menghadirkan cerita yang menghibur tentang dinamika keluarga dan kehidupan di toko keluarga tersebut. Film yang diperankan Ernest Prakasa, Dion Wiyoko, Chew Kinwah, Adinia Wirasti, dan Gisella Anastasia ini mendapat rating IMDb: 7.6/10.

7. Susah Sinyal (2017)

Ceritanya tentang Ellen, ibu tunggal yang sibuk sebagai seorang pengacara sukses dan jarang meluangkan waktu untuk putrinya, Kiara. Sebagai seorang remaja, Kiara memiliki hobi membuat konten di Internet dan sering melanggar peraturan sekolah tentang penggunaan gawai.

Ketika tragedi menghampiri, Ellen dianjurkan untuk berlibur dengan Kiara untuk mengobati rasa kehilangannya. Mereka pergi ke Sumba dan hubungan antara Ellen dan Kiara berangsur membaik, tapi Ellen harus menghadapi masalah besar dalam pekerjaannya yang mengancam janjinya untuk mendukung Kiara dalam acara bakat menyanyi.

Film ini dibintangi oleh Adinia Wirasti, Ernest Prakasa, Aurora Ribero, serta Refal Hady. Susah Sinyal memperoleh rating IMDb: 7/10.

8. Orang Kaya Baru (2019)

Film komedi Indonesia yang disutradarai oleh Ody C Harahap ini sangat mengocok perut. Film ini mengisahkan tentang keluarga Duta, Tika, dan Dodi yang sebelumnya hidup dalam kelas sederhana namun tiba-tiba menjadi kaya. 

Perubahan drastis ini membuat mereka harus beradaptasi dengan kehidupan baru yang penuh dengan kemewahan dan tantangan. Pemain utama antara lain Raline Shah, Cut Mini, Fatih Unru, Refal Hady. Rating IMDb: 6.6/10.

9. Ngeri-ngeri Sedap (2022)

Film komedi Indonesia yang juga menyentuh ini mengisahkan tentang pasangan suami istri dari suku Batak yang berpura-pura akan bercerai agar anak-anak mereka yang merantau bisa pulang ke kampung halaman. 

Meskipun mengangkat konflik drama keluarga, film ini banyak menghadirkan unsur komedi yang didukung oleh komedian ternama seperti Boris Bokir, Tika Panggabean, Indra Jegel, Gita Bhebhita, dan Lolox. Film ini mendapat rating IMDb: 7.3/10 dan tersedia di Netflix.

10. Miracle in Cell No. 7 (2022)

Poster resmi film Miracle in Cell No. 7. Foto: Falcon Pictures.

Film ini diadaptasi dari film Korea Selatan tahun 2013 berjudul sama karya Lee Hwan Kyung. Mengisahkan tentang Dodo Rozak (Vino G Bastian), seorang penjual balon berusia 20 tahun yang menyandang disabilitas intelektual. Dia harus menghadapi tuduhan pembunuhan dan pemerkosaan yang salah, sehingga masuk ke dalam sel nomor tujuh sebuah penjara.

Di dalam sel tersebut, Dodo bersahabat dengan para narapidana lain dan berjuang mencari cara untuk menyelamatkan putrinya, Ika Kartika. Film ini menyoroti persahabatan, kejujuran, dan keajaiban yang tak terduga dalam situasi yang sulit. Rating IMDb: 7.7/10.

11. Guru-Guru Gokil (2020)

Film komedi Indonesia ini mengisahkan sekelompok guru yang berusaha menyelamatkan sekolah mereka dari penutupan. Lucu dan inspiratif, dengan akting yang kocak dari Gading Marten, Dian Sastrowardoyo, dan Faradina Mufti.

Film ini juga menyentuh dari sisi hubungan ayah dan anak dengan latar budaya Batak. Rating IMDb: 6.2/10.

12. Kejar Mimpi Gaspol! (2023)

Film ini mengisahkan perjuangan seorang ibu tunggal bernama Fifi. Dia mengorbankan cita-citanya sebagai penulis terkenal untuk menjadi tulang punggung keluarga dengan menjadi sopir jeep di wilayah Gunung Bromo.

Namun, kehidupan Fifi dan keluarganya berubah secara tak terduga ketika seorang pria masuk dalam kehidupan mereka. Rating IMDb: 8.7/10.

13. Onde Mande! (2023)

Onde Mande! adalah film komedi Indonesia yang mengisahkan tentang seorang pensiunan guru dan tetua Desa Sigiran bernama Angku Wan yang memenangkan undian Rp 2 miliar dari perusahaan sabun. Namun dia meninggal sebelum mengambil hadiahnya.

Warga desa berusaha mendapatkan uang tersebut untuk membangun desa, tapi rencana mereka terancam ketika Anwar datang untuk mengecek identitas Angku Wan. Rating IMDb: 7.6/10.

14. Hello Ghost (2023)

Film komedi Indonesia ini berkisah tentang Kresna, seorang pria yang secara tak terduga diikuti oleh empat hantu yang memiliki karakter unik. Hantu-hantu itu adalah Kuatno, Bima, Lita, dan Chika. 

Mereka membuat hidup Kresna berantakan dengan berbagai permintaan yang harus dipenuhi. Frustrasi dengan kehadiran mereka, Kresna akhirnya memutuskan untuk memenuhi permintaan hantu-hantu tersebut agar mereka berhenti mengganggunya. 

Hello Ghost menggabungkan unsur komedi dan kejutan tak terduga yang dijamin akan menghibur dan menginspirasi penonton. Rating IMDb: 8.1/10.

15. Agak Laen (2024) 

Poster film Agak Laen. Dok. Imajinari

Film komedi Indonesia 2024 ini mendapat respons baik dari penonton. Dibintangi para komika ternama di bawah bendera Imajinari, antara lain Boris Bokir, Indra Jegel, Bene Dion, dan Oki Rengga, serta disutradarai oleh komika, Muhadkly Acho.

Film Agak Laen menceritakan tentang empat sekawan yang akan mengelola rumah hantu di sebuah pasar malam. Rumah hantu itu dalam keadaan sepi pengunjung dan tidak terurus. Empat orang ini kemudian memutuskan untuk mencari uang guna merenovasi wahana pasar malam menjadi lebih baik. Petaka itu datang, saat hari pertama dibuka pengunjung perdana masuk meninggal.

Untuk, proses lokasi syuting berlangsung di Jabodetabek. Pasar malam dibangun dari nol, serta pembuatan rumah hantu di dalamnya juga dibangun dari awal. Rating IMDb: 7.6/10.

Nah, Sahabat Cantika, itu dia 15 film komedi Indonesia dengan rating tinggi. Tidak hanya lucu mengocok perut namun ada cerita menyentuh di baliknya. Semoga dapat bermanfaat ya!

Pilihan Editor: 10 Film Netflix yang Cocok Ditonton dengan Pasangan, Romantis dan Intim

IMDB

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."