Cari Tahu Cara Mengencangkan Kulit Wajah Secara Alami, Yuk!

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi pijat wajah (Pixabay)

Ilustrasi pijat wajah (Pixabay)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tahukah Sahabat Cantika, jika gaya hidup dapat memengaruhi kulit wajah kita. Baik karena kekeringan musiman, stres, atau bertambahnya usia, kulit kita terus berjuang untuk mempertahankan penampilan yang sehat dan awet muda. Jadi, bagaimana kita mengatasinya? 

Nah, filler mungkin merupakan cara cepat untuk mengencangkan kulit, tetapi ada juga cara alami untuk menyegarkan kulit yang lelah dan kusam. Berikut ini,  lima cara untuk memperkuat dan mengencangkan kulit wajah secara efektif.

Cobalah cara mengencangkan kulit wajah berikut ini dan terapkan dalam rutinitas harian Anda untuk hasil jangka panjang.

1. Pijat Wajah 

Kecantikan ada di tangan Anda. Georgia Louise, ahli perawatan wajah berpengalaman yang menangani wajah-wajah terkenal seperti Gwyneth Paltrow, Jennifer Aniston, dan Anna Wintour, menggunakan teknik ini untuk mengangkat dan membentuk wajah kliennya. Dengan memijat wajah Anda sendiri dengan lembut (atau melakukan latihan wajah), Anda merangsang jaringan otot yang meningkatkan volume kulit Anda dan melawan atrofi.

Meskipun kedengarannya aneh, pijat wajah terasa luar biasa dan Anda akan semakin menikmatinya karena pijat wajah dapat memperhalus pori-pori dan mengencangkan kulit Anda. Memijat wajah secara teratur membuat semuanya tetap aktif dan kencang, seperti pengencangan wajah alami.

Selain menggunakan jari-jari Anda, Anda juga dapat menggunakan rol giok atau batu gua sha untuk memijat kulit Anda. Tekan dengan lembut lalu putar atau sisipkan alat pijat Anda di wajah Anda untuk meningkatkan drainase limfatik dan produksi kolagen, yang menghasilkan kulit yang tampak lebih berisi.

2. Hindari Paparan Sinar Matahari

Kita semua tahu bahwa sinar matahari dapat menyebabkan hiperpigmentasi, dan bahkan kerusakan parah seperti luka bakar, kerusakan akibat sinar matahari yang berlebihan juga menyebabkan hilangnya kolagen. Seperti yang dijelaskan Brendan Camp, "Sinar ultraviolet (UV) matahari menyebabkan kerusakan pada protein struktural di kulit, seperti kolagen dan elastin. Protein ini biasanya memberikan kekencangan dan kekakuan pada kulit. Kurangnya kolagen dan elastin dikaitkan dengan ciri-ciri penuaan kulit, seperti garis-garis halus, kerutan, dan kulit yang kurang elastis." 

Tentu saja, jika Anda tidak dapat menghindari sinar matahari, maka Anda harus memastikan untuk mengoleskan SPF. "Tabir surya sangat penting untuk melindungi kulit dari radiasi UV yang berbahaya. Tabir surya membantu mencegah kulit terbakar, penuaan dini, dan kanker kulit. Selama bulan-bulan musim panas, penting untuk mengoleskan kembali tabir surya sesering mungkin, setiap 2 jam atau lebih," kata Shari Sperling.

3. Konsumsi Makanan yang Meningkatkan Kolagen

Makanan tertentu dikenal dapat merangsang produksi kolagen.2 Lengkapi diet Anda dengan makanan super bergizi yang seimbang seperti sayuran berdaun hijau tua, telur yang kaya asam amino, alpukat, dan bahkan bawang putih. Cari makanan yang kaya akan vitamin C dan E serta antioksidan. Bahkan ada bubuk penambah kolagen yang dapat Anda tambahkan ke makanan atau minuman pilihan Anda.

4. Eksfoliasi Kulit 

Eksfoliasi kulit tidak hanya membuatnya halus dan lembut, tetapi juga dapat membantu merangsang produksi kolagen, yang kemudian berubah menjadi kulit yang lebih kencang dan lebih berisi. "Menghilangkan sel kulit mati dari permukaan membantu memperlihatkan kulit yang lebih cerah dan lebih bercahaya dan juga dianggap mendorong produksi kolagen, yang dapat berkontribusi pada kulit yang tampak lebih muda," kata Camp.

5. Coba Masker Pengencangan Kulit

Setelah Anda mengatasi semua yang Anda bisa dari dalam, rawat kulit Anda yang lelah dari luar. Anda dapat membuat masker pengencang kulit alami di rumah dengan mencampur satu butir telur dengan dua sendok makan air mawar dan dua sendok makan gliserin. Menambahkan gliserin ke dalam masker berfungsi sebagai humektan alami (cara alami untuk menghidrasi kulit) untuk membantu mengencangkan kulit. Biarkan selama lima belas menit, lalu bilas dengan air.

Pilihan Editor:  Alasan Nirina Zubir Melakukan Perawatan Kulit Wajah di Klinik Kecantikan

BYRDIE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."