5 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Kulit Ketiak Gelap

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Ilustrasi ketiak perempuan. (Pixabay/Nicolagiordano)

Ilustrasi ketiak perempuan. (Pixabay/Nicolagiordano)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kulit ketiak gelap bisa disebabkan oleh genetika hingga hormon yang berfluktuasi. Menurut dokter kulit Roby Gmyrek, hal ini juga bisa dipicu hiperpigmentasi pasca-inflamasi karena waxing, rambut yang tumbuh ke dalam, dan reaksi alergi terhadap deterjen atau produk tubuh.

Terkadang, itu adalah tindakan sederhana berkeringat yang harus disalahkan. “Kelebihan keringat membuat area ketiak menjadi sensitif terhadap keringatnya sendiri. Kami menyebutnya dermatitis kontak iritan,” kata dokter kulit Kseniya Kobets.

Sama seperti hiperpigmentasi di bagian tubuh lainnya, umumnya kulit ketiak yang gelap tidak berbahaya. Bahkan mungkin "jika ini adalah masalah baru dan tidak terlalu intens, hiperpigmentasi mungkin akan hilang dengan sendirinya," kata Kobets.

Mungkin lebih baik menunggu karena kulit ketiak lebih halus dan lebih tipis dibandingkan bagian tubuh lainnya membuatnya lebih mudah ditembus oleh produk topikal.

Namun, jika kamu mau mempercepat proses mencerahkan ketiak, Gmyrek mengatakan penting untuk bekerja sama dengan dokter kulit untuk mengatasi penyebab yang mendasari untuk mengesampingkan kondisi medis apa pun seperti kehamilan, eksim, psoriasis, atau diabetes. Sementara itu, pertimbangkan bagaimana rutinitas harianmu secara diam-diam dapat mempengaruhi hiperpigmentasi ketiak.

1. Cara mencukur ketiak

Jika kamu memilih tampilan yang tidak berbulu untuk ketiakmu, "gosokan dan gesekan fisik membuat kulit bereaksi dengan menyebabkan iritasi dan kemerahan yang dapat berubah menjadi perubahan warna menjadi cokelat seiring waktu," kata Dr. Kobets.

Jangan mengambil risiko mencukur kering atau menggunakan air saja, karena dapat menimbulkan gesekan: “Ingatlah untuk menggunakan krim cukur agar pisau cukur meluncur mulus tanpa merusak kulit,” katanya. Mendapatkan perawatan laser atau waxing dapat membantu memperpanjang waktu antara sesi penghilangan bulu.

2. Perkenalkan eksfoliasi

Dalam hal pengelupasan ketiakmu, ada kabar baik dan kabar buruk: "Exfoliant bisa bermanfaat, tapi akan menjadi yang terbaik untuk hiperpigmentasi superfisial - dan tidak akan sepenuhnya menghilangkan hiperpigmentasi yang mengakar," kata Gmyrek.

Jika hiperpigmentasimu memang dangkal, exfoliator kimia adalah pilihan terbaik kamu. “Alasan utama terjadinya penggelapan kulit adalah karena gesekan dan peradangan fisik, yang mengakibatkan iritasi dan kemudian menjadi gelap,” kata Kobets.

Bisakah kamu mengambil exfoliator yang kamu gunakan di wajah untuk digunakan di ketiakmu? “Mungkin kalau eksfoliatornya sangat lembut. Cari yang dirancang untuk kulit sensitif dan kurangi frekuensi penggunaannya menjadi seminggu sekali untuk melihat bagaimana reaksi ketiakmu,” kata Gmyrek. Jika kamu mengalami reaksi alergi — kemungkinan besar kamu akan mengalami lebih banyak hiperpigmentasi pasca inflamasi.

Agar aman, cobalah produk yang dirancang dan diuji khusus untuk area ketiakmu. Untuk hasil yang lebih cepat, “kamu dapat meminta dokter kulit melakukan pengelupasan kimiawi ringan. Tetap saja, tergantung pada tingkat keparahan penggelapan, perlu beberapa bulan untuk melihat perbaikan, dan perlu dikombinasikan dengan obat resep topikal,” kata Dr. Kobets.

3. Perawatan topikal 

Karena kulit ketiakmu terlipat dengan sendirinya, "hal itu menyebabkan peningkatan kelembapan dan kehangatan di area tersebut, yang juga dapat meningkatkan penyerapan obat topikal," kata Gmyrek. Jadi, penting untuk memperhatikan produk dan bahan yang kamu gunakan di area tersebut.

Mulailah perlahan dan gunakan jumlah yang sangat kecil. “Saat mengoleskan produk ke area tersebut, kamu ingin memastikan semua produk deodoran sebelumnya telah dihilangkan, sabun kamu benar-benar bersih, dan area tersebut benar-benar kering,” tambah Kobets.

Kamu juga dapat fokus pada bahan-bahan yang terkenal dengan khasiatnya yang mencerahkan: “Meskipun retinol dan vitamin C adalah agen pencerah yang hebat, mereka juga menyebabkan iritasi yang cukup parah dan perlu diperkenalkan secara perlahan, terutama karena lipatan kulit cenderung lebih sensitif,” kata Kobets.

“Niacinamide menurunkan transfer pigmen ke sel kulit, membantu memperkuat penghalang kulit, dan anti inflamasi,” lanjut Gmyrek.

4. Bereksperimen dengan Deodoran

Dunia deodoran dan antiperspiran bisa sangat rumit saat kamu berurusan dengan kegelapan ketiak. Bagi banyak orang, wewangian dalam deodoran dapat mengiritasi, menyebabkan hiperpigmentasi.

"Hati-hati dengan yang berlabel 'alami' - wewangian dari minyak esensial dan wewangian yang berasal dari laboratorium dapat menyebabkan reaksi negatif pada kulitmu," kata Gmyrek.

Terkadang, aluminium bisa menjadi penyebab hiperpigmentasi ketiakmu. “Deodoran reguler tanpa pewangi asli mengandung natrium bikarbonat, juga dikenal sebagai soda kue, dan tidak terlalu mengiritasi aluminium,” kata Kobets.

Peringatannya adalah bahwa kadar aluminium yang rendah sangat bagus untuk menghilangkan bau tapi tidak membantu dalam memerangi keringat - juga penyebab iritasi yang besar.

Beberapa trial and error dengan deodoran mungkin diperlukan. Ingatlah untuk menggunakan deodoran setidaknya selama dua hingga empat minggu sebelum beralih ke produk yang baru karena ketiakmu menyesuaikan diri dengan bahan yang berbeda.

5. Pemakaian tabir surya

Karena kulit ketiakmu sangat halus dan lebih sensitif terhadap kerusakan akibat sinar matahari saat terkena sinar UV, penting untuk melindungi kulit ketiak dengan tabir surya jika kamu berencana untuk berada di luar ruangan.

Pilihan Editor: 8 Fakta Soal Laser Hair Removal di Ketiak yang Perlu Diketahui

YUNIA PRATIWI | INSTYLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."