4 Manfaat Lendir Siput untuk Kulit, Salah Satu Bahan Andalan K-Beauty

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kulit wajah lembap. Foto: Freepik.com/Benzoix

Ilustrasi kulit wajah lembap. Foto: Freepik.com/Benzoix

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada beragam kandungan dalam perawatan kulit atau skincare yang perlu kita ketahui, salah satunya lendir siput atau snail mucin. Ini adalah salah satu bahan andalan dalam dunia kecantikan Korea atau K-Beauty. Dari segi manfaat, melembapkan kulit berada di urutan teratas khasiat dari snail mucin. Lantas, apakah ada efek sampingnya?

Yuk, kita telusuri bersama manfaat dan efek samping snail mucin untuk kulit menurut dokter kulit.

Apa Itu Snail Mucin?

Sederhananya, snail mucin adalah ekskresi dari siput, itulah sebabnya ditulis pada label bahan sebagai filtrat sekresi siput, atau SSF. Lendir siput secara alami dibuat dan digunakan oleh siput sebagai cara melindungi diri sendiri, menurut dokter kulit Sheel Desai-Solomon.

Patut dicatat, ini bukan ekskresi yang keluar setiap kali siput bergerak, melainkan suatu zat yang diekskresikan ketika siput berada di bawah tekanan,  tambah dokter kulit Ted Lain.

Manfaat Snail Mucin untuk Kulit

1. Melembapkan kulit

Menurut dokter Lain, lendir siput mengandung agen pelembap yang bekerja untuk memperbaiki fungsi penghalang kulit, keduanya mengunci iritasi dari lingkungan sementara juga secara bersamaan mengunci kelembapan.

2. Merangsang produksi kolagen

Karena lendir siput adalah ekskresi yang diinduksi stres, itu terdiri dari bahan-bahan yang dimaksudkan untuk memperbaiki atau melindungi dari cedera. Termasuk faktor pertumbuhan, yang bekerja dengan memicu pertumbuhan sel kulit baru dan kolagen baru. 

Desai-Solomon menambahkan bahwa bahan tersebut juga mengandung asam glikolat, kolagen-booster lain yang diketahui.

3. Menenangkan iritasi

Allantoin adalah komponen kunci lain dalam sekresi. Bahan ini memiliki sifat penyembuhan yang menenangkan iritasi, menghaluskan kulit, serta merangsang regenerasi sel.

4. Kaya vitamin dan mineral

Lendir siput sarat sederet nutrisi yang dibutuhkan kulit, termasuk zinc anti-inflamasi, peptida tembaga berkat efeknya yang membangkitkan kolagen dan penguraian kerutan, juga mengandung vitamin A dan E, yang keduanya merupakan antioksidan yang hebat.

Efek Samping Menggunakan Lendir Siput pada Kulit

"Tidak ada efek samping yang terdokumentasi dengan baik dari lendir siput," kata dokter Desai-Solomon. Meskipun demikian, kedua dokter kulit menunjukkan bahwa, seperti halnya bahan apa pun, ada risiko alergi

Hindari reaksi alergi dengan menguji sejumlah kecil produk baru di bagian dalam lengan sebelum mengoleskan seluruh wajah. Dan jika kamu menggunakan segala jenis perawatan kulit berdasarkan resep, dokter Desai-Solomon merekomendasikan berbicara dengan kulit sebelum menambahkan produk baru ke rutinitas kamu.

Cara Menggunakan Lendir Siput untuk Kulit

Menurut Dr. Desai-Solomon, banyak orang menggunakan lendir siput untuk keperluan melembapkan. Terkait hal itu, dia menyarankan untuk memilih krim malam yang mengandung snail mucin. Waktu tidur adalah peluang utama bagi kulit untuk menghidrasi, restoratif, dan regeneratif. Oleskan setiap malam pada kulit bersih, sebagai langkah terakhir dalam rutinitas, dilapisi dengan produk perawatan lainnya, seperti toner atau serum.

Jika kamu ingin menggunakan lendir siput sebagai bahan anti-penuaan multi-guna, cari dalam serum, seperti serum intensif ketebalan biopelle 40 karena ini akan memiliki konsentrasi bahan yang lebih tinggi. Oleskan pagi dan malam, tepat setelah pembersihan, dan sebelum produk lainnya.

Pilihan Editor: Sebaiknya Sejak Usia Berapa Pakai Retinol, Niacinamide hingga Exosome?

BYRDIE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."