5 Alasan Pentingnya Membacakan Buku pada Balita Setiap Hari

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi orang tua mendongeng. sheknows.com

Ilustrasi orang tua mendongeng. sheknows.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Membacakan buku kepada balita salah satu rutinitas penting yang sayang untuk dilewatkan. Mengapa? Aktivitas ini bukan hanya tentang menikmati cerita bersama, tapi juga terkait meletakkan fondasi masa depan mereka. Berikut ini sederet alasan mengapa membacakan buku menjadi kebiasaan baik untuk tumbuh kembang anak.

1. Membuat Fondasi Berbahasa yang Kuat

Dengan membacakan buku sejak dini berarti orang tua mengekspos anak-anak mereka pada bahasa. Mereka mempelajari dasar-dasar komunikasi dengan bantuan ritme suara dan penekanan yang diberikan orang tua pada kata-kata yang berbeda.

Pemahaman mereka tentang fonetik, pengucapan, dan struktur bahasa, semuanya membaik ketika mereka mendengar cerita. Untuk balita dan anak anak prasekolah, paparan ini sangat penting karena meletakkan dasar bagi kemampuan membaca mereka di masa depan.

2. Memperluas Cakrawala Kosa Kata

Berbagai macam kata adalah salah satu hadiah terbesar yang dapat diberikan orang tua kepada anak mereka. Ini bisa dimungkinkan melalui membaca.

Ketika mereka membaca berbagai novel, mereka menemukan kata-kata baru yang mungkin tidak mereka dengar dalam diskusi rutin. Keterampilan bahasa mereka hanya akan tumbuh dengan paparan sehari-hari ini.

Dengan kosakata yang diperluas, anak dapat mengekspresikan diri lebih baik, yang mengarah pada keterampilan komunikasi lebih baik dalam jangka panjang.

3. Mengembangkan Kebiasaan Belajar

Membacakan buku secara teratur juga menciptakan cinta belajar seumur hidup. Anak-anak belajar untuk menghormati pembelajaran dan penelitian ketika mereka melihat membaca sebagai kegiatan sehari-hari.

Dunia ide dan konsep yang memicu rasa ingin tahu dapat ditemukan dengan kebiasaan membaca, apakah itu fiksi, non-fiksi, atau bahkan buku komik. Perilaku belajar ini dapat terbawa ke sekolah dan seterusnya, mengembangkan kebiasaan anak mencari informasi yang konstan.

4. Melatih Cara Mengajukan Pertanyaan

Orang tua dapat membantu anak mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan memicu imajinasi dengan membacakan buku kepada mereka, misalnya lewat mengajukan pertanyaan. "Mengapa karakter A bertindak dengan cara itu?" atau "Menurut kamu apa yang akan terjadi selanjutnya?"

Latihan ini meningkatkan kemampuan pemahaman anak sambil secara bersamaan mendorong kreativitas.

5. Meningkatkan Memori

Tahukah Ibu dan ayah, membacakan buku pada anak secara teratur dapat membantu meningkatkan ingatan mereka. Ketika anak belajar tentang ceritanya, mereka harus menyamakan ingatan mereka dengan plot, karakter, dan peristiwa. Ini dapat sangat membantu untuk mengembangkan pikiran karena memungkinkan mereka berkonsentrasi lebih baik dan menyimpan informasi dengan lebih baik. Peningkatan fokus dan ingatan ini merupakan manfaat besar bagi karier akademik mereka di masa depan.

Pilihan Editor: Cara Asmirandah Biasakan Anaknya Membaca Buku Sejak Kecil

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."