Profil dan Perjalanan Karier Veronica Tan, Jadi Calon Menteri di Kabinet Prabowo

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Veronica Tan. Foto: Instagram/@veronicatan_official.

Veronica Tan. Foto: Instagram/@veronicatan_official.

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Veronica Tan termasuk tokoh publik yang mendatangi kediaman Presiden terpilih Prabowo di Jalan Kertanegara IV, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin, 14 Oktober 2024. Kedatangannya menjadi sinyal jika dia akan menjadi menteri di Kabinet Prabowo.

Mantan istri Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok itu tiba di kediaman Prabowo sekitar pukul 19.30 WIB. Veronica disebut-sebut akan menjadi Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Menteri PPPA).

Saat dikonfirmasi, Veronica tak bersedia membeberkan posisinya dalam kabinet Prabowo mendatang.

“Bersama-sama kita membantu, ya, untuk masyarakat, ibu-ibu, anak-anak. Jadi saya bilang ‘Iya, siap Pak!’” kata Veronica saat awak media menanyakan posisinya di Kabinet Prabowo dan materi yang dibahas saat bertemu Prabowo, Senin, 14 Oktober 2024.

Veronica adalah satu dari 48 nama calon menteri yang mendatangi kediaman Prabowo pada Senin kemarin. Berikut profil Veronica Tan.

Mantan istri Basuki Tjahaja Purnama, Veronica Tan tiba di kediaman Presiden Terpilih Prabowo Subianto, Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin, 14 Oktober 2024. Presiden Terpilih Prabowo Subianto memanggil sejumlah tokoh yang diyakini bakal menjadi calon menteri/kepala lembaga negara untuk pemerintahan baru ke depan. ANTARA/Aprillio Akbar

Profil Veronica Tan dan Perjalanan Kariernya

Dikutip dari Tempo, Veronica adalah putri sulung dari tiga bersaudara yang lahir di Medan, Sumatera Utara, pada 6 September 1977.

Saat lulus Sekolah Menengah Atas (SMA), dia pindah ke Jakarta untuk melanjutkan studi di Jurusan Arsitektur Universitas Pelita Harapan (UPH). Namun, dia tidak menyelesaikan pendidikan kuliah.

Di usia 19 tahun, Veronica menikah dengan Ahok pada 6 September 1997. Keduanya pertama kali bertemu saat sama-sama aktif di Gereja Kristus Yesus, Pluit, Jakarta pada 1994.

Dari pernikahannya, mereka dikaruniai tiga orang anak, yakni Nicholas Sean Purnama, Nathania Berniece Zhong, dan Daud Albeenner Purnama. 

Veronica sempat mendampingi Ahok sebagai pengusaha di Belitung Timur hingga terjun ke dunia politik. Sebelum memilih Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Ahok bergabung dengan Partai Perhimpunan Indonesia Baru (PPIB) yang saat itu dipimpin oleh Dr Sjahrir pada 2003.

Pada 2004, Ahok sendiri terpilih menjadi anggota DPRD Kabupaten Belitung Timur hingga 2005. Pada 2009, Veronica kembali ke Jakarta setelah Ahok terpilih menjadi anggota Komisi II DPR periode 2009-2014 mewakili Partai Golkar.

Belum selesai jabatan sebagai anggota DPR, Ahok menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta bersama Joko Widodo sebagai Gubernur DKI Jakarta periode 2012-2014 dan dia menjadi gubernur pada 19 November 2014-9 Mei 2017 setelah Jokowi maju pada pemilihan presiden 2014.

Saat Ahok terjerat kasus penistaan agama pada 9 Mei 2017, Veronica tetap mendampingi. Bahkan, dia mendapatkan surat dan buket bunga saat ulang tahun pernikahan ke-20 mereka dari Mako Brimob, Depok, Jawa Barat.

Namun, di usia pernikahan yang telah menyentuh dua dekade, pada 5 Januari 2018, Ahok menggugat cerai Veronica. Itu saat Ahok masih di dalam penjara.

Veronica pernah menjabat sebagai Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) DKI Jakarta. Dia juga sempat menjalankan usaha produksi alat PCR untuk mendeteksi COVID-19 yang bekerja sama dengan Kalgen Innolab. 

Veronica saat ini aktif dengan komunitasnya, LoveCare. LoveCare adalah aplikasi layanan kesehatan.

Melalui LoveCare, masyarakat dapat memanfaatkan jasa perawat untuk orang sakit, lanjut usia, sampai anak berkebutuhan khusus pasca-perawatan di rumah sakit. Vero saat ini menjabat sebagai President Commisioner LoveCare.

Itu dia profil dan perjalanan karier Veronica Tan yang digadang-gadang bakal menjadi Menteri PPPA di Kabinet Prabowo.

Pilihan Editor: Veronica Tan Bicara Soal Anak yang Bertanggung Jawab dan Mandiri: Anugerah Besar

EKA YUDHA SAPUTRA | MELYNDA DWI PUSPITA | TEMPO

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."