7 Cara Hilangkan Bau Ketiak dan Basah Saat Berkeringat yang Efektif dan Mudah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Ilustrasi ketiak basah/Perspirex

Ilustrasi ketiak basah/Perspirex

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Salah satu penyebab umum bau ketiak adalah keringat berlebih. Namun, perlu diketahui bahwa keringat yang dikeluarkan kelenjar keringat sebenarnya tidak berbau. 

Penyebab ketiak bau muncul yakni ketika bakteri di kulit memecah protein dan lemak yang terkandung di dalam keringat dan mengubahnya menjadi zat asam. Bau ketiak juga bisa dipengaruhi oleh makanan dan minuman tertentu yang dikonsumsi oleh seseorang.

Berikut ini 7 cara hilangkan bau ketiak dan basah saat berkeringat dengan efektif dan mudah. Mulai dari menjaga kebersihan tubuh, menggunakan sabun antibakteri, hingga mengelola stres dengan tepat.

1. Jaga Kebersihan Tubuh

Dikutip dari Siloam Hospital, cara menghilangkan bau ketiak pertama yaitu menjaga kebersihan tubuh. Sebab, bau ketiak tidak sedap bisa muncul ketika kebersihan tubuh tidak terjaga.

Maka, selalu sempatkan diri untuk mandi dua kali sehari menggunakan sabun dan air bersih agar dapat menghilangkan bakteri yang menempel dan mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk. Pastikan menggosok badan hingga bersih untuk menghilangkan bau badan, terutama di area ketiak.

Setelah mandi, pastikan untuk selalu mengeringkan tubuh dengan handuk bersih, terutama pada area ketiak. Sebab, jika lembap atau tidak dikeringkan dengan benar berpotensi menjadi sarang perkembangbiakan bakteri sehingga menyebabkannya bau.

2. Gunakan Sabun Antibakteri

Salah satu cara menghilangkan bau ketiak yaitu menggunakan sabun antibakteri. Sabun antibakteri dapat membunuh bakteri yang menyebabkan keringat berbau secara lebih efektif dibandingkan sabun biasa, sehingga cocok dipakai oleh orang dengan kondisi keringat berlebih. Ini juga bisa jadi cara menjaga ketiak tetap kering.

3. Gunakan Produk Antiseptik 

Dikutip dari akun X bernama Kris atau @hooplaa_, seorang beauty enthusiast, dia menerapkan marinasi ketiak. Caranya yaitu dengan mengoleskan cairan antiseptik seperti Betadine ke kulit ketiak. Lalu didiamkan 3 menit sebelum mandi.

"Salah satu cara ampuh gue buat ngilangin bau badan, pake teknik MARINASI KETI. Uda dari jaman gue sekolah gue coba, kalo olahraga/pulang sekolah walau banjir keringetan, gabakalan bau badan," ujar Kris pada September 2024.

4. Gunakan Deodoran atau Antiperspiran

Penggunaan deodoran juga dapat membantu mengatasi bau badan. Hal ini karena deodoran memiliki aroma kuat dan kandungannya dapat membuat lingkungan kulit ketiak menjadi lebih asam sehingga dapat menghambat pertumbuhan bakteri.

Di samping deodoran, cara menghilangkan bau ketiak yang bisa diterapkan adalah memakai antiperspirant karena mengandung bahan aktif, seperti alumunium klorida. Berbeda dari deodoran, antiperspirant bekerja dengan memblokir aktivitas kelenjar apokrin sehingga dapat mengurangi produksi keringat yang dapat menyebabkan bau badan.

Jadi, deodoran berfungsi mengatasi bau badan, sedangkan antiperspirant mengatasi keringat berlebih.

5. Gunakan Pakaian yang Longgar dan Bersih

Cara hilangkan bau ketiak dalam aktivitas sehari-hari adalah memakai pakaian yang longgar dan bersih. Pastikan pakaian dicuci hingga bersih dan dijemur di bawah sinar matahari untuk menghilangkan bakteri secara efektif.

Bagi Sahabat Cantika yang mudah berkeringat, direkomendasikan untuk memakai pakaian longgar yang terbuat dari serat alami seperti katun, wol, dan sutra. Dengan begitu, kulit bisa bernapas dan keringat tidak akan mudah menempel di pakaian yang berisiko menimbulkan bau tidak sedap. 

Selain itu, jangan lupa untuk segera mengganti pakaian yang basah karena keringat agar kulit tidak lembap dan menghindari pertumbuhan bakteri.

6. Perhatikan Program Diet

Untuk mencegah timbulnya bau badan tidak sedap, penting juga memperhatikan asupan yang dikonsumsi sehari-hari, terutama jika kamu sedang menjalani program diet tertentu. Hindari makan makanan atau minuman beraroma kuat, seperti bawang, dan minuman berkafein. Kedua hal ini diketahui dapat menyebabkan produksi keringat berlebih dan bau badan tidak sedap.

7. Mengelola Stres dengan Tepat

Reaksi tubuh ketika stres bisa memicu produksi keringat berlebih. Maka dari itu, lakukanlah hal-hal yang bisa membuat tubuh rileks untuk mengatasi stres. Contohnya dengan melakukan hobi atau kegiatan yang dapat meningkatkan suasana hati, seperti mengikuti kelas yoga atau meditasi. 

Nah, Sahabat Cantika, itu dia 7 cara hilangkan bau ketiak dan basah saat berkeringat yang efektif dan mudah. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

Pilihan Editor: 8 Cara Menghilangkan Bau Ketiak, Pakai Sabun Antibakteri hingga Tawas

SILOAM HOSPITALS 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."